kain songket berasal dari palembang sumatera selatan

Siapa si yang gak kenal dengan palembang, nama kota berikut berletak di propinsi bagian selatan indonesia, tepatnya di sumsel.

Kota palembang familiar kulinernya, seperti mpek mpek, tekwan serta kapal selam ia pula mempunyai kebudayaan dari segi tekstilnya.

Kain songket palembang sangat terkenal di palembang, selain di nusantara ketenaran songket sampai  ke luar negara, misal singapura ataupun malaysia yang bersebelahan dengan negara kita.

menurut dari Raja artikel wikipedia pada kain songket terkelompok masuk golongan dalam jenis kain tradisional  yang ditenun di indonesia berawal dari kota mpek mpek sumsel, palembang.

Kain ini termasuk pada keluarga sejenis bahan brokat. Pada proses penenunan pakai serat kandungan logam mulia berupa benang.

Sebab itulah bahan songket  tersebut akan terlihat mengkilap metalik hasil dari perpaduan logam tersebut. Dalam produksi songket memanfaatkan katun, sutra, ataupun katun sutera.

Pengertian kain songket

Kain songket adalah salah satu jenis kain tradisional Indonesia yang biasanya digunakan pada acara-acara formal atau upacara adat. 

Kain songket biasanya ditenun dengan menggunakan benang emas atau perak yang dijadikan sebagai hiasan pada kain tersebut.

Proses pembuatan kain songket dimulai dari membuat pola atau desain yang diinginkan, kemudian benang emas atau perak diikatkan pada benang utama kain dan ditenun secara manual menggunakan alat tenun tradisional.

Kain songket biasanya memiliki pola-pola yang khas dan berbeda-beda tergantung dari daerah atau suku yang membuatnya. 

Selain itu, kain songket juga sering dihargai tinggi karena proses pembuatannya yang rumit dan memerlukan keahlian khusus.


Sejarah Singkat kain Songket


Songket berasal dari palembang pada awalnya, pada sebuah kerajaan, dalam sejarah songket terbentuk pertama dari era sriwijaya. Disekitar abad ke7 masehi sampai kurang lebih abad 13.

Karena proses niaga pedagang cina menjual  dagangannya bahan kain berupa sutra, serta pedagang dari seperti arab menjajakan daganyannya berupa perak serta emas.

Disinilah pemanfaatan kedua barang antara emas/perak ataupun sutera di buat sebagai bahan untuk sebuah songket di palembang pada penduduk setempat.

Hapir disetiap sudut palembang terdapat pengrajin tradisional seperti songket ini

Tak hanya di palembang songket ini terkenal, selain sumsel lain tempat ada punya jenis songket juga.

Selain tradisional kain songket palembang, Sambas tahun 2013, pada 2014 juga terdapat songket pandai sikek, songket beratan tahun 2018 bali, dan tahun 2019 songket silungkang.

macam songket lain daerah contoh songket bali, sarung atlas songket sarung songket,songket lombok,songket melayu,songket padang ,songket pandai singkek,songket singkang, songket tarutung,songket aceh,songket batak.


Macam macam songket sumatera selatan (palembang)


1. Kain songket Lepus palembang

Kain songket berasal dari palembang sumatera selatan
Songket lepus palembang source shopee


Dalam sejarah pertama ada jenis songket adalah lepus yang merupakan songket pertama di palembang, pada corak songket yang tiap semua dilapisi benang emas yang yang prosesnya cara ditenun.

Dijaman dulu songket cuma di pakai oleh kalangan elit bangsawan. Songket lepus terbagi tiga jenis songket Lepus penuh, lepus berekam, dan lepus berantau. Perbedaan ketiganya di lihat dari benang serta coraknya


2. Songket Tretes Palembang

Kain songket berasal dari palembang sumatera selatan
songket tretes palembang source shopee


Corak songket tretes pada umumnya cuma diujung songket, pada sisi lain tanpa corak atau diberi corak yang lain.


3. Songket Rumpak Palembang

Kain songket berasal dari palembang sumatera selatan
Songket rumpak palembang source shopee


Saat perayaan pernikahan type songket rumpak dikenakan pada mempelai pria. type corak kain rumpak songket persis seperti tretes songket, namun bahan dasar sudah bermotif kotak.


4. Limar Songket Palembang

Kain songket berasal dari palembang sumatera selatan
Songket limar palembang source shopee


Dalam produksi songket limar yaitu terdapat campuran benang warna dengan bermacam macam, sebabnya pada songket limar di ambil dari nama corak warna warni itu sendiri.

Selain dari memakai macam warna benang, songket memang dibikin dari benang logam mulia ataupun perak.


5. Tabur Songket ( songket tabur ) Palembang

Kain songket berasal dari palembang sumatera selatan
Songket tabur palembang source shopee


Dalam corak songket tabur biasanya dengan corak gambar bintang serta corak bunga namun corak kecil.


Contoh gambar kain songket dari palembang motif songket palembang, bisa di lihat dari jenisnya.


Pemanfaatan kain songket.


1. Model baju songket kekinian

Kain songket dapat di kreasikan ke berbagai macam model, sesuai dengan desainernya. Seperti berikut contoh model baju dari kain songket.

Kain songket berasal dari palembang sumatera selatan
Model baju songket kekinian source shopee

2. Rok songket

Kain songket juga dapat di kreasikan menjadi sebuah pakaian modern seperti rok.

Kain songket berasal dari palembang sumatera selatan
Rok songket source shopee

3. Batik songket

Dari bahan dasar songket saja sudah ada nilai seninya apalagi ditambah dengan goresan tinta batik, bisa menambah nilai seni lebih.

Kain songket berasal dari palembang sumatera selatan
Batik songket source shopee

4. Kebaya songket modern hijab

Gaya seperti ini sangat cocok untuk yang wanita berhijab, lebih anggun saat di kenakan.

Kain songket berasal dari palembang sumatera selatan
Kebaya songket set hijab source shopee

Harga kain songket ini berkisar antara puluhan ribu hingga jutaan rupiah,tergantung dari bahan yang digunakan. Cek harga


itulah artikel mengenai kain songket berasal dari palembang sumatera selatan , sumber artikel dari berbagai media termasuk wikipedia . Terima kasih

Posting Komentar untuk "kain songket berasal dari palembang sumatera selatan"