Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri Ciri Katun Yang Berkualitas

 Ini Dia, Ciri Ciri Kain Katun Yang Berkualitas, Jangan Salah Pilih

Mooteara.com Katun merupakan jenis kain yang paling banyak digunakan untuk membuat kaos. Karena, kain ini sangat cocok sekali untuk membuat baju yang bisa digunakan sehari-hari, terutama untuk kegiatan outdoor. Dibalik kepopuleran katun, pasti ada orang-orang yang memproduksinya tanpa memperhatikan kualitas. Karena itulah, ada baiknya jika kamu tahu ciri-ciri kain katun yang berkualitas, agar tidak salah pilih.

Ciri Ciri Katun Yang Berkualitas
img shopee.co.id


Memang cukup sulit untuk membedakan mana katun yang berkualitas, dan mana kualitasnya biasa saja. Tapi ada beberapa hal yang bisa menjadi patokan, yang akan disebutkan di bawah. Terlebih lagi, pemilihan kain tidak banyak dipedulikan oleh banyak orang. Karena, banyak orang yang hanya peduli pada harga yang murah saja, tanpa melihat kualitasnya.

Berikut adalah ciri-ciri kain katun yang berkualitas menurut kami.

 

1.Terasa halus dan lembut

Sudah menjadi alasan yang umum, bahwa kain katun digemari karena memiliki tekstur yang lembut dan juga halus. Hal tersebut sepertinya telah menjadi syarat yang wajib bagi bahan baju yang akan digunakan untuk aktivitas harian, apalagi kegiatan outdoor.

Selain itu, kain katun juga terbukti mampu menyerap keringat dengan sangat baik. Hal itulah yang membuat kain ini lebih terasa adem dan nyaman saat digunakan, meskipun saat berada di bawah terik matahari. Apalagi kain katun yang terbuat dari 100% bahan katun alami, kain tersebut memiliki kualitas yang bisa dibilang sangat baik.

2. Kain bersih dari sisa bahan pembuatan

Jangan sampai kamu memilih kain katun yang masih meninggalkan sisa bahan pembuatan, yaitu kapas. Emangnya yang seperti apa? Beberapa kain katun dengan kualitas buruk, memiliki bintik putih dari sisa kapas yang tertinggal dalam rajutan. Hal tersebut tentunya akan menurunkan nilai jual dan kualitas dari kain katun tersebut.

Untuk itulah, kamu sebaiknya lebih teliti saat memilih kain untuk bajumu. Jangan sampai kamu memilih yang murah, tapi memiliki kualitas yang sangat buruk.

3. Permukaannya rapi dan tidak berbulu

Ciri-ciri kain katun yang berkualitas urutan ketiga adalah tidak berbulu, lebih tepatnya tidak berbulu secara berlebihan. Pada dasarnya, sebuah kain yang terbuat dari kapas itu memiliki bulu-bulu halus seperti tekstur kapas. Tapi, kain dengan kualitas terbaik, hanya memiliki bulu-bulu halus yang tidak terasa.

Lain halnya jika kain tersebut berada di bawah standar kualitas. Bulu-bulu yang dihasilkan akan banyak dan berukuran cukup besar. Hal tersebut tentunya sangat berpengaruh pada kenyamanan pakaian tersebut saat digunakan. Selain itu, bulu-bulu yang terlalu besar juga akan mempengaruhi pada temperatur baju/akan terasa lebih panas.

Lalu, jenis kain katun apa saja yang sebaiknya di pilih? Dan mana yang memenuhi ciri-ciri kain katun yang berkualitas? Jawabannya adalah cotton combed dan cotton carded.

Cotton combed ini memang menjadi idola bagi kaos. Saat ini, banyak brand-brand pakaian kekinian yang menggunakan cotton combed sebagai bahan utama pembuatan produk kaos mereka. Memiliki tekstur yang halus, lembut, mampu menyerap keringat dengan cukup baik, dan tidak terasa panas, merupakan beberapa kelebihan dari jenis katun ini.

Selain itu, kamu juga bisa memilih kain katun jenis lain jika cotton combed dirasa terlalu mahal. Kain katun seperti cotton carded bisa menjadi pilihanmu. Karena katun combed dan katun carded ini bisa dikatakan hampir mirip dari segi kelebihan. Meskipun masih kalah dalam hal kualitas, tapi cotton carded memiliki harga yang lebih murah daripada cotton combed.

Sebagian alternatif, cotton bamboo, cotton pique cotton viscose, dan cotton teteron, juga direkomendasikan untuk digunakan.

Posting Komentar untuk "Ciri Ciri Katun Yang Berkualitas"