Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

mengenal jenis bahan kain dan karakteristiknya

mengenal jenis bahan kain dan karakteristiknya serta kelebihan dan kekurangan

Mooteara.com || Mengenal jenis bahan kain dan karakteristiknya - Di jaman sekarang fashion adalah hal yang paling utama untuk menunjang penampilan, kata orang jawa bilang "ajining lathi soko diri ajining rogo soko busono" . Seseorang jika menjaga ucapannya akan di hormati dan seseorang di hargai fisiknya karena penampilan.

Kita kembali ke pokok pembahasan yaitu sesuai dengan judul di atas yaitu macam macam bahan kain dan karakteristik serta kelebihan dan kekurangannya.


1. Bahan rayon seperti apa?

mengenal jenis bahan kain dan karakteristiknya
Gambar lembaran kain rayon source pixabay.com

Bahan rayon seperti apa? Bahan rayon adalah jenis bahan kain yang sering kita jumpai pada pakaian wanita, seperti blus dan tunik. Bahan rayon ialah bahan yang berasal dari serat hasil regenerasi selulosa atau dinding sel tumbuhan. 

Selain itu, ada juga bahan rayon yang berasal dari pulp kayu yang telah dihaluskan. Oleh karenanya, bahan rayon masuk kategori sebagai bahan semi sintetis. Hal itu karena bahan dasar kain rayon ini tidak murni berasal dari bahan alami. Bahan rayon memiliki daya serap sekitar 11-13 persen, dalam industri tekstil, bahan rayon dikenal dengan nama lain rayon viskosa atau sutra buatan. 

Serat rayon memiliki kekuatan sekitar 2,6 gram per denier dalam keadaan kering dan 1,4 gram per denier dalam kondisi tidak kering. Daya elastisnya kurang lebih aekitar 15 persen hingga 25 persen Bahan rayon banyak digunakan dalam pembuatan selimut, sprei, tirai, daster, jaket, jas, pakaian dalam, syal, topi, kaus kaki, dan lain-lain.


2. Bahan katun (cotton) apakah panas ?

mengenal jenis bahan kain dan karakteristiknya
Gambar lembaran bahan katun source pixabay.com

Bahan katun apakah panas ? Bahan katun (cotton) merupakan salah satu jenis bahan kain yang berasal dari serat alami yaitu tanaman kapas dengan nama latin gossypium. Bahan katun (cotton) ini mendapati diposisi paling atas sebagai bahan dasar pada produksi tekstil yang paling banyak digunakan jika dibandingkan dengan serat sintetis atau serat buatan.

Bahan katun (cotton) banyak dikenal dengan bahan yang memiliki daya serap yang tinggi dan juga bahan katun (cotton) ini memiliki sifat berbulu, dikarenakan bahan katun (cotton) ini terbuat dari bahan alami. Jenis jenis bahan katun ini bermacam macam yaitu : kain katun biasa, kain katun supernova, kain katun ima, kain katun madinah, kain katun linen euro, kain katun toyobo dan kain katun jepang.


3. Bahan polyester (PE) seperti apa ?

mengenal jenis bahan kain dan karakteristiknya
Gambar bahan polyester source pixabay.com

Polyester adalah istilah yang sering kita dengar untuk jenis kain atau tekstil yang terbuat dari benang atau serat polyester. Serat dari kain polyester dibuat dari senyawa kimia, ethylene glycol, dan asam tereftalat, yang dikombinasikan dengan polyethylene terephathalate (PET) yang berasal dari minyak bumi (petroleum). Untuk jenis bahan polyester ini di bagi banyak macam , yaitu: bahan wofen, bahan PE, bahan Lacoste CVC Pique, bahan Lacoste CVC Pique. 

Kelebihan bahan ini yaitu tahan lama dari pada bahan lain, lebih cepat kering jika terkena air (hidrofobik), tidak mudah kusut serta dapat menahan panas tubuh. Kekurangan bahan polyester ini antara lain mudah terbakar , kurang lembut, dapat menimbulkan iritasi di kondisi tertentu dan pada kulit tertentu karena bahan polyester ini tidak lembut. Bahan polyester banyak di gunakan sebagai bahan tas karena sifatnya yang kuat dan mudah kering.


4. Bahan spandek adalah 

mengenal jenis bahan kain dan karakteristiknya
Gambar bahan spandek source pixabay.com

Bahan spandek ialah jenis bahan kain yang  dibuat dari bahan dasar polimer sintetis seperti nilon maupun polyester. Selain itu, bahan spandek ini juga sering dikenal dengan sebutan lain yaitu elastane. Pada umumnya, Elastane ini . 

Jenis jenis bahan spandek ini ada banyak yaitu : Jenis Kain Spandek, spandek katun, spandek rayon,spandek rayon, spandek rayon super, spandek jersey, spandek PE, spandek korea, spandek Sutra, spandek denim, kain hyget spandex dan kain spandek balon. Kelebihan bahan ini adalah mempunyai banyak varian, sehingga banyak pilihan warna untuk dijadikan suatu pakaian. 

Bahan spandek ini ringan, tidak mudah berkerut, kain spandek memiliki bahan yang elastis dan tahan lama. Dari banyak kelebihan diatas , bahan ini memiliki kekurangan diantaranya, tidak memiliki daya serap yang baik, bahan ini licin, sensitif terhadap panas dan kurang cocok untuk jenis pakaian olahraga. Pada jenis tertentu bahan spandek ini bisa di gunakan untuk jilbab, dalaman, celana bersepeda, baju berolahraga, hingga baju renang.


5. Penjelasan bahan kain rayon

mengenal jenis bahan kain dan karakteristiknya
Gambar lembaran kain rayon motif etnik source lazada.com

Penjelasan  bahan kain rayon - Kain rayon adalah kain yang dibuat dari selulosa murni. Selulosa adalah hasil pengolahan ampas kayu. Jenis-jenis Kain rayon adalah rayon spandex, rayon polyester, rayon jersey, rayon crinkle. 

Kelebihan kain rayon ialah banyak varian warna, daya Serap yang tinggi, bahan ringan, harga terjangkau, pori-pori lebar, tekstur lembut dan licin, dan mudah dikombinasikan. Kekurangan kain spandek adalah mudah menyusut, menimbulkan bau, mudah luntur, kain sangat tipis, mudah rusak, bahan yang sulit diproduksi. Kain spandek ini banyak di gunakan sebagai pembuatan baju muslim atau gamis.


6. Apa itu bahan kain hyget

mengenal jenis bahan kain dan karakteristiknya
Gambar lembaran kain hyget source shopee indonesia

Apa itu bahan kain hyget ? Bahan kain hyget adalah sejenis bahan kain yang biasa dibuat dari kombinasi polyester dan katun (cotton). Kombinasi keduanya menghasilkan bahan kain yang memiliki karakteristik mengkilap, ringan, tidak mudah kusut, tekstur bahannya jatuh, tidak mudah luntur dan cocok dipakai untuk iklim tropis seperti negara kita. Kelebihan bahan hyget diantaranya mudah jatuh, ringan, banyak pilihan warna, tidak mudah kusut, cocok dan nyaman dipakai. 

Kekurangan bahan hyget ini tidaklah banyak ,kembali lagi sesuai dengan kebutuhan, Kekurangan bahan hyget ialah sangat panas saat digunakan, tidak dapat menyerap keringat dengan maksimal, bahan yang sangat tipis. Disini ada dua contoh bahan hyget yang biasa digunakan untuk pembuatan mukena yaitu bahan hyget super dan bahan hyget balon.


7. Bahan jersey

mengenal jenis bahan kain dan karakteristiknya
Gambar kain jersey source shopee indonesia

Pada dasarnya bahan ini terbuat dari benang wol, tetapi seiring dengan perkembangan zaman, bahan jersey bisa dikatakan sebagai salah jenis kain rajut yang sering digunakan pada garmen Saat ini, bahan yang berasal dari pulau Jersey lebih sering dibuat menggunakan kombinasi antara sintetis dan serat katun

Bahan jersey di bagi menjadi beberapa macam jenis Jenis-Jenis bahan jersey yaitu jersey drifit, spandek jersey, high twist, jersey stella, jersey serena, jersey etiway, jersey crepe, jersey paragon, jersey rayon, jersey scarlet and serly. Kelebihan bahan jersey, warnanya yang sangat beragam, tidak mudah kusut, mudah menyerap keringat, tekstur kainnya elastis atau fleksibel, mudah kering. 

Kekurangan bahan jersey ialah gampang membentuk lekukan tubuh, seratnya tipis, mudah rusak ketika sering disetrika, beberapa jenis bahan jersey cukup berat, kelebihan bahan jersey. Bahan jersey banyak di gunakan untuk busana muslim, hijab bagi wanita dan bahan kaos olahraga.


8. Bahan crepe

mengenal jenis bahan kain dan karakteristiknya
Gambar lembaran crepe source shopee indonesia

Bahan crepe merupakan jenis kain crepe yang dibuat dari serat polyester dan atau sebagian bahan dikombinasikan dengan serat spandex untuk memperoleh hasil kain yang lentur. 

Bahan crepe di bagi dalam 5 jenis yaitu wool crepe, crepe de chine, crepe marocain, crepe georgette, dan terakhir bubble crepe. Walau bahan crepe ini cukup mahal di pasaran, tapi  sebanding dengan kualitas yang bagus dan lembutnya bahan crepe ini, maka jangan heran jika para wanita memburu jenis kain ini untuk di jadikan sebagai baju gamis, tunik, blus, dan dress.


9. Bahan linen

mengenal jenis bahan kain dan karakteristiknya
Gambar kain linen source shopee indonesia

Bahan linen berasal dan dibuat dari serat selulosa dan tumbuhan dalam batang tanaman flax , juga termasuk biji serta batang tanaman flax atau lijnum usitatissimum yang biasanya tanaman ini hanya ditemukan di daerah yang beriklim tropis seperti indonesia. Kelebihan bahan linen adalah bahannya yang halus dan adem, bahan linen merupakan jenis bahan kain paling tepat untuk pakaian, bahan yang awet, mempunyai serat kain yang tebal, ramah lingkungan, bersifat biodegradable, rapi dan halus. Kekurangan bahan linen yaitu : bahan yang mudah lecek, bahan tidak elastis, dan mudah terkikis. Bahan linen bisa di gunakan untuk sprei, gorden, celemek dapur dan handuk mandi.


10. Katun rayon

mengenal jenis bahan kain dan karakteristiknya
Gambar lembaran kain rayon source aliexpress

Bahan katun rayon merupakan campuran dari serat katun dan rayon. Kelebihan kain karun rayon yaitu bahan yang mengkilau, lembut, halus, bahan yang awet di banding dengan katun biasa, mudah menyerap warna sehingga warna yang di hasilkan pada katun rayon ini sangat cerah, dan perawatan yang mudah. 

Kekurangan kain ini mudah kusut, makanya harus di setrika setelah di cuci, sebaiknya hindari mesin cuci untuk bahan ini agar tidak mudah kusut, mudah lapuk bila sering direndam terlalu lama. Bahan katun rayon dapat di manfaatkan sebagai bahan hijab, bahan gamis, bahan kemeja, rok wanita, blus wanita, dress, dan baju santai.


11. Bahan stretch

mengenal jenis bahan kain dan karakteristiknya
Gambar bahan stretch source shopee indonesia

Bahan stretch ialah kain katun yang terbuat dari 2 jenis serat disebut katun stretch. Yang pertama yaitu serat utama merupakan serat kapas atau cotton, dan yang kedua merupakan serat spandex atau Iycra yang biasa dikenal memiliki daya elastisitas yang baik, serta disebut sebagai bahan yang kuat dan tahan lama dibanding dengan karet alam. 

Kelebihannya yaitu nyaman ketika digunakan, adem dan sejuk jika sudah menempel pada bagian kulit, membentuk lekuk tubuh serta mempunyai daya serap yang bagus. Kekurangan bahan ini yaitu mudah melar saat di.cuci menggunakan mesin cuci karena bahan ini menggunakan serat spandek yang mudah melar seperti di jelaskan diatas. Pemanfaatan bahan ini sering digunakan untuk bahan celana, kaos kaki, celana dalam, dan legging.


12. Bahan ceruty

mengenal jenis bahan kain dan karakteristiknya
Gambar lembaran kain ceruty source lazada

Bahan Ceruty adalah salah satu kain untuk bahan dasar pakaian yang terbuat dari serat sintetis. Bahan Ceruty merupakan bahan kain yang dibuat dari campuran polyester, sifon, dan crepe. Karena kombinasi yang unik dan dari berbagai campuran tersebut, membuat bahan ini dapat dikreasikan ke dalam berbagai warna. Jenis-jenis bahan ceruty meliputi ceruty ultimate, ceruty premium, ceruty amunzen, ceruty diamond, ceruty georgette, ceruty babydoll. 

Kelebihan kain ceruty mempunyai tampilan kain yang eye-catching dan anggun, memiliki kualitas yang bagus, perawatan yang mudah, bahan kain yang Kuat, dan mudah menyerap keringat. Bahan ceruty bayak di gunakan sebagai hijab pashmina biasa maupun pashmina instan, dibuat sebagai bawahan wanita seperti rok, untuk pakaian muslim seperti gamis cocok sekali dengan bahan ini dan yang terakhir pemanfaatan bahan ceruty yaitu untuk baju jalan atau untuk keseharian karena bahannya yang bagus sehingga cocok diaplikasikan ke berbagai fashion.


13. Bahan wollycrepe

mengenal jenis bahan kain dan karakteristiknya
Gambar lembaran kain wollycreepe source tokopedia.com

Bahan wollycrepe berasal dari kata wool dan creepe dalam bahasa asing yang artinya berasal dari bahan wool dan bahan crepe. Bahan woll ini mempunyai tekstur kain berkerut tapi stabil, dan creepe memiliki tekstur berpasir atau seperti kulit jeruk. 

Kelebihan bahan wollycreepe: tidak berat, bertekstur kulit jeruk/berpasir, lembut dan halus saat tersentuh kulit, tidak transparan, paling banyak warna lembut (pastel), tidak mudah kusut, bahan adem, bahannaya jatuh, licin dan lembut. 

Pada jenis wollycrepe lain ada kekurangannya yaitu : tidak mudah menyerap keringat dan kurang elastis. Beberapa jenis bahan wollycrepe yang sering di jumpai di antaranya adalah bubble crepe, arabian crepe, crezia crepe, dan diamond italiano. Bahan wollycrepe dapat di manfaatkan dalam bentuk fashion pakaian wanita seperti dress, gamis dan hijab.


14. Bahan toyobo

mengenal jenis bahan kain dan karakteristiknya
Gambar lembaran kain toyobo source blog.mitramulia.com

Toyobo berasal dari jenis bahan kain katun yang berasal dari Jepang, katun Toyobo merupakan kain katun asli yang diimpor dari Jepang. Bahan kain toyobo mempunyai serat yang rapat dan bersifat tidak menerawang, dan bahan ini digunakan untuk membuat berbagai jenis pakaian pria dan wanita. 

Bahan kain toyobo sangat populer untuk membuat gamis, kemeja, blouse, pashmina, outer, jilbab, dan juga rok. Kelebihan bahan toyobo ialah, halus, terbuat dari serat alam yang membuatnya nyaman saat digunakan, tidak menerawang karena bahan toyobo ini tebal, banyak pilihan warna, tidak mudah luntur, dan tidak mudah kusut. 

Kekurangan bahan toyobo yaitu sulit untuk menemukan bahan toyobo motif, dan harganya yang termasuk mahal, karena toyobo dari bahan alami mungkin tidak sekuat bahan sintetis seperti polyester. Bahan toyobo ada beberapa jenis yaitu toyobo royal, toyobo fodu original, toyobo premium dan toyobo motif.


15. Bahan scuba

mengenal jenis bahan kain dan karakteristiknya
Gambar kain scuba source shopee indonesia

Bahan scuba memiliki tingkat elastis yang cukup baik yaitu sekitar 40% dengan 90% serat polyester dan 10% serat spandek. Untuk ketebalan bahan scuba jangan diragukan lagi yaitu sekitar 1 hingga 3 mm, cukup tebal bukan? maka dari itu untuk bahan scuba cocok di gunakan sebagai baju renang sehingga tidak terawang, terlebih bahan ini elastis sehingga masuk dalam kriteria sebagai bahan untuk membuat baju renang. Kelebihan bahan scuba, tidak mudah kusut, menyerap keringat dengan baik, tidak tipis, halus dan empuk, elastis . 

Kekurangan bahan scuba harga mahal, tidak tahan terhadap suhu panas (sebaiknya jangan di setrika, kalaupun mau di setrika gunakan dengan setelan panas terendah) , mudah melar. Bahan scuba dapat di gunakan untuk dibuat sebagai baju renang, baju dan celana olahraga, gaun, gamis, blazer wanita, blus wanita, dan masker.


16. Bahan rayon viscose

mengenal jenis bahan kain dan karakteristiknya
Gambar rayon viscose motif source lazada

Bahan viscose merupakan dalam jenis kain rayon semi sintetis yang berasal dari pulp kayu. Jenis kain ini kerap dimanfaatkan untuk pengganti bahan sutra, karena mempunyai drape dan kesan halus yang hampir sama dengan bahan mewah, Istilah "viscose" merujuk secara spesifik pada larutan pulp kayu yang diubah menjadi bahan kain. 

Kelebihan bahan viscose yaitu, mudah menyerap keringat, harga terjangkau, awet, tidak mudah pudar, cocok digunakan di kondisi panas. Kekurangan dari bahan kain viscose yaitu tidak ramah lingkungan,kenapa? karena proses dari produksi bahan viscose menggunakan bahan kimia dan melepaskan asap racun, tidak di manfaatkan untuk perabot rumah tangga, mudah terkena noda. Katun viscose bisa digunakan untuk hijab


17. Bahan kanvas

mengenal jenis bahan kain dan karakteristiknya
Gambar kanvas source shopee indonesia

Bahan kanvas kemunculannya dibuat dari bahan jerami yang dapat membuat kualitas yang kuat. Saat ini, bahan kanvas sudah beralih, sebagian dari serat kapas, linen, dan bahan sintetis seperti polyester. Bahan kanvas yang sering kita jumpai pada suatu produk yaitu kanvas blacu, kanvas ripstop, kanvas marsoto, kanvas sueding, baby kanvas, dan kanvas infinity. 

Pemanfaatan bahan kanvas ini banyak di gunakan pada produk tas, karena biasanya sebagian dari bahan kanvas mempunyai ketebalan dan kualitas yang bagus, seperti tas selempang, tote bag, tas pinggang, tas punggung atau backpack serta tas gunung yang selalu membawa barang banyak dan berat, dan pada segaian type kanvas sebagai media untuk melukis, sebagai tenda, untuk perkapalan di pakai sebagai layar kapal. 

Kelebihan dari bahan kanvas biasanya tebal dan kuat tergantung dari type bahan kanvas, bahan kanvas ini tahan lama. Kekurangan bahan kanvas ini ialah tidak bisa di manfaatkan untuk jenis pakaian tertentu, karena bahan kanvas tebal serta serat benang yang jelas, terlebih jika dijadikan pakaian bahan ini akan terasa lebih panas.


18. Bahan monalisa

mengenal jenis bahan kain dan karakteristiknya
Gambar gamis bahan monalisa source shopee indonesa

Kelebihan bahan monalisa  memiliki karakteristik yang lembut dan halus, banyak motif yang dapat di pilih, pilihan warna banyak tersedia, tidak mudah luntur, tidak terawang. 

Kekurangan bahan monalisa , jangan menyetrika bahan ini langsung tanpa melapisinya karena bahan monalisa memiliki ketahanan panas yang kurang baik. Bahan monalisa selalu dimanfaatkan oleh kaum hawa untuk menjadikanya pakaiaan seperti dress, gamis, dan hijab.


19. Bahan sifon

mengenal jenis bahan kain dan karakteristiknya
Gambar kain sifon source amazon.com

Jenis jenis bahan sifon (chiffon) ini ada banyak macam yang perlu di ketahui agar tidak salah membeli, yaitu :silk chiffon, cotton chiffon, rayon chiffon, nilon chiffon, poly chiffon, blend, hiffon, hycon chiffon, crepe chiffon atau diamond chiffon, cerutti chiffon. Kelebihan Dari Bahan Sifon ialah lebih tahan lama, nyaman dipakai, mudah dicuci, tidak mudah kusut. 

Kekurangan dari kain sifon tidaklah banyak yaitu terawang, sulit dibentuk, bahan tipis. Seperti rok, gaun malam, gaun pengantin, Bahan sifon ini sudah sangat terkenal bahkan jika kalian searching "bahan sifon" akan muncul artikel dan mareketplace yang menjual bahan sifon ini, harganya cukup ekonomis serta mudah di aplikasikan kedalam fashion terutama buat wanita yang selalu update setiap saat, bahan ini dapat di manfaatkan seperti Gamis kain sifon, tunik kain sifon, dress bahan sifon, blus, jilbab, dan syal.


20. Bahan linen

mengenal jenis bahan kain dan karakteristiknya
Gambar celana bahan linen source lazada

Bahan kain linen terbuat dari tanaman rami dan dua sampai tiga kali lebih kuat dari pada sutra ataupun bahan katun. Serat panjang tanaman rami memiliki lapisan lilin nabati yang alami hingga mendapati kilau yang halus saat pembuatan. 

Bahan linen mempunyai tetal 216 benang lusi per cm lalu dipadankan dengan kain tenun terbaik eropa modern hanya memiliki 140 benang lusi per cm. Bahan linen didapati dari serat selulosa dan tumbuh dalam batang tanaman flax juga termasuk biji serta batang tanaman flax atau linum usitatissimum yang biasanya tanaman ini hanya ditemukan diarea beriklim tropis. 

Banyak di jumpai pakaian wanita berbahan linen ini, karena bahan linen ini termasuk bahan yang adem dan jatuh sehingga sangat cocok di jadikan gamis.


21. Bahan baby terry

mengenal jenis bahan kain dan karakteristiknya
Gambar kain baby terry source shopee

Bahan baby terry bahak di gunakan untuk pakaian seperti jaket dan hoodie atau jamper, bahan baby terry di nilai cukup baik dalam daya serap keringat, pasalnya bahan ini kan terbuat dari serat katun. Terbuat dari 10 persen katun kombed premium, sehingga bahan ini sangat sangat pas untuk di jadikan pakaian.


22. Bahan satin

mengenal jenis bahan kain dan karakteristiknya
Gambar bahan satin source shopee

Bahan satin di kutip dari wikipedia si embahnya artikel yaitu "Satin adalah jenis kain satin sutera yang lembut yang ditenun dengan dengan menggunakan teknik serat filamen sehingga memiliki ciri khas permukaan yang mengkilap dan klinyir-klinyir. Bagian dalam atau belakang permukaan satin sebaliknya tidak licin dan tidak mengkilap". 

Sifat bahan yang sangat lembut, sifat kain yang lebih jatuh, tekstur permukaan yang terlihat mengkilap atau glossy, memiliki motif kain satin, adem saat dikenakan, menawarkan tampilan mewah dan elegan. Jenis jenis bahan kain satin yaitu :  kain satin bridal, bahan kain satin velvet, bahan kain satin silk, bahan kain satin roberto cavalli . 

Bahan satin kerap di temui sebagai hijab, namun bila untuk hijab sebaiknya menggunakan ciput atau daleman hijab agar tidak menerawang.


23. kain wol

mengenal jenis bahan kain dan karakteristiknya
Gambar kain wol source shopee

Bahan wol ialah berbahan dasar berasal dari bulu binatang, biasanya dari domba, namun jenis wol jenis yang lain juga bisa didapat dari alpaca, unta, dan jenis kambing tertentu. Bulu hewan yang telah dicukur dikumpulkan dan dibersihkan,disisir lalu dipilin dan kemudian dibuat sebagai benang yang dapat digunakan dan menghasilkan kain atau produk tekstil lainnya. 

Bahan wol ini sangat lembut dan kuat namun kekurangannya mudah berjamur. Wol juga dibagi dua, wol asli dan wol sintetis. Wol di gunakan untuk membuat pakaian seperti jaket dan di gunakan penghangat tubuh seperti selimut.


24. Bahan ripstop

mengenal jenis bahan kain dan karakteristiknya
Gambar kain ripstop source bukalapak

Bahan ripstop merupakan bahan  yang mempunyai permukaan dengan tekstur kotak-kotak. Kain ripstop adalah kain tenun , sering kali terbuat dari nilon , menggunakan teknik penguat yang membuatnya lebih tahan terhadap robek dan robek. 

Kain ini termasuk sebagai kain tenun yang umumnya terbuat dari benang nilon (nylon) yang diolah dengan hatchback stich (silang balik), dengan hasil akhir tekstur kotak-kotak. dengan ukuran kotak 5 hingga 8 milimeter. Bahan ini tebal ,seperti memiliki lapisan plastik berserat padat. 

Kelebihan dari kain ini, kuat serta ringan, tahan terhadap air, tahan terhadap benda tajam atau tidak mudah sobek, tidak mudah menyerap panas. Pemanfaatan bahan riftop, bahan ripstop kerap dijadikan sebagai seragam militer, baju safety buat pendaki gunung, ransel, tas koper, kain layar kapal, parasut, balon udara, dan kemeja militer.


25. Bahan maxmara

mengenal jenis bahan kain dan karakteristiknya
Gambar kain maxmara source tokopedia

Bahan kain maxmara adalah jenis serat kain yang mirip dengan kain satin. Beberapa orang menganggap maxmara masuk ke dalam jenis satin. Akan tetapi, bahan kain ini memiliki tekstur yang lebih lembut, adem (tidak gerah) dan nyaman saat menyentuh kulit dibandingkan dengan jenis bahan satin Kain maxmara memiliki serat kain yang rapat,memiliki ketebalan yang ideal, lembut, adem dan jatuh. 

Karena kualitasnya yang bagus jangan heran kalau lihat harganya, itu sebanding dengan kain yang bagus untuk dijadikan gamis,dress ataupun blus. Coba cek aja di marketplace seperti shopee, tokopedia atau lazada biar tau perbandingan harga. 

Bahan kain maxmara termasuk dari serat kain yang mirip dengan kain satin. Sebagian orang mengira maxmara adalah sams dengan jenis kain satin. Namun, bahan kain ini memiliki tekstur yang lebih lembut, adem (tidak gerah) dan nyaman saat diraba dari pada jenis bahan satin.


26.Moscrepe premium

mengenal jenis bahan kain dan karakteristiknya
Gambar kain moscrepe premium source tokopedia

Bahan moscrepe premium ini merupakan  jenis bahan moscrepe yang memiliki sifat stretchy atau elastis, tidak transparan atau tembus pandang, agak kaku, dan tidak mudah kusut. Khimar, baju gamis ,hijab pashmina, dan tunik kerap di jumpai dengan bahan moscrepe ini. 

Jenis-Jenis Bahan Moscrepe, bahan diamond crepe, bahan moscrepe premium, dan bahan moscrepe import. Bahan moscrepe ini ringan dan lentur, bahan moscrepe mirip dengan kulit jeruk atau berpasir, bahannya lemes dan jatuh tidak kasar, dan tebal sehingga tidak terawang.


27. Pngertian Bahan ceruty babydol

mengenal jenis bahan kain dan karakteristiknya
Gambar pashmina ceruty babydoll source tokopedia

Sebelum bahas  ceruty babydoll kita kenali dulu bahan utamanya yaitu bahan ceruty , pasalnya ceruty ini dibagi menjadi sekitar enam jenis yaitu : ceruty ultimate, ceruty premium, ceruty amunzen, ceruty diamond, ceruty georgette, dan ceruty babydoll yang akan kita sedikit mengulasnya. 

Bahan ceruty ialah kain hasil  campuran dari serat polyester, sifon, dan crepe. Karena perpaduan yang unik dan apik dari berbagai campuran tersebut, membuat bahan ini dapat diaplikasikan ke dalam berbagai warna. Bahan ceruty babydoll sering kita jumpai pada hijab pashmina, karena bahan kain ini murah harganya, makanya mudah sekali menemukan bahan ini di pasaran. 

Harga di tiap daerah mungkin bisa berbeda beda tergantung dari harga pasaran, harga kain tersebut sekitar 9 ribu hingga 16 ribuan, kamu bisa mengeceknya melalui toko langsung atau di marketplace seperti shopee dan tokopedia, namun harga juga mungkin akan berbeda daru yang kita beli di toko setempat dengan online shop.

Kalau di online shop harga 9 ribu-15 ribu biasanya belum termasuk ongkos kirim, "tips gunakan ongkir gratis dari kode voucher olshop tersebut" biasanya setiap tanggal dan bulan yang sama setiap marketplace akan adakan promo gratis ongkir ,sale dan sebagainya. Contoh pada tanggal 1 bulan satu,tanggal 2 bulan 2 dan seterusnya di tanggal itu biasanya banyak promo menarik.


28. Mengenal Karaktristik Kain supernova

mengenal jenis bahan kain dan karakteristiknya
Gambar kain supernova source shopee

Bahan katun supernova dapat dikategorikan ke dalam jenis kain yang berasal dari keluarga kain katun. Kain ini sangat mudah dikenali karena memiliki sifat yang tidak dimiliki jenis kain lain yaitu adanya serabut kecil dari serat kain di atas lembaran permukaan kain ini, warnanya sedikit kusam dan bertekstur misty (seperti motif gerimis). 

Bahan supernova ini bisa di jadikan gamis , baju pengantin ataupun pakaian jenis lain pasalnya bahan supernova ini memiliki kriteria yang setiap wanita idamkan. Seperti halnya yang telah diketahui jika kriteria gamis yang bagus biasanya mempunyai kelembutan, halus , jatuh dan lembut saat di pakai. 

Bahan supernova menjawabnya dan dapat mewakili bahan lain untuk di jadikan pakaian gamis ini. Bagi kamu yang ingin memiliki bahan supernova bisa di dapatkan dengan harga eceran di shopee dengan harga eceran sekitar 31.500/ meter jika sudah dijadikan hijab segi empat dengan ukuran 115x115 cm bisa didapatkan dengan harga 20 ribu hingga 25 ribuan, makin lebar ukuran makin mahal juga harganya.


29. Penjelasan Bahan Kain drill

mengenal jenis bahan kain dan karakteristiknya
Gambar bahan dril source pinhome.id

Bahan kain drill itu kain dengan tekstur pintalan diagonal atau miring dengan kait mengkait benang yang kuat. Bahan yang dipakai untuk membuat kain drill ini bermacam macam ada yang berasal dari 100 persen serat katun dan ada juga sebagian hasil dari perpaduan antara serat katun dan serat polyester. 

Berdasarkan dari ukuran serat pintalan kain drill, jenis dari kain drill sendiri terbagi dalam tiga macam, yaitu: twist atau twill drill, ini ialah dari jenis kain drill dengan serat yang paling kecil, kemudian yang kedua american drill,  kain ini memiliki serat pintalan kain drill dengan dimensi sedang/menengah, berikutnya japan drill, adalah bahan drill dengan serat tebal dari pada jenis kain drill jenis lain. 

Kain Drill dapat dikenali dengan karakter berikut ini: terlihat berupa garis-garis miring atau diagonal, permukaan kain bertekstur cukup lembut, kain memiliki jalinan atau tenunan yang terasa kuat dan kokoh, tidak mudah kusut, depan belakang berbeda tekstur saat di raba. Bahan drill ini biasanya digunakan pada pakaian pdl ataupun PDH dipakai dalam pembuatan seragam TNI , POLRI, dan pakaian kerja lapangan seperti wearpack.


30. Karakteristik Bahan american dril

mengenal jenis bahan kain dan karakteristiknya
Gambar kain american drill source shopee

Bahan american Drill dibuat dari hasil paduan bahan polyster dan bahan viscose yang membuatnya kokoh  pada kain ini serta sedikit glow pada permukaannya. 

Bahan amerikan dril adalah dasar pembuatan kemeja lapangan(PDL), seragam perusahaan, seragam sekolah, jas almamater dan celana formal. Bahan american drill ini dihasilkan dari campuran polyester 65% dan bahan viscose  35% yang memiliki gramasi sekitar 209 gsm. Yang di unggulkan dari bahan ini yaitu mudah menyerap keringan, tidak mudah kusut, tidak menyusut, bahan kain ini kuat, warnanya awet tidak mudah pudar. 


31. Bahan knit Kaos

mengenal jenis bahan kain dan karakteristiknya
Gambar kain kaos bahan knit source shopee

Bahan knit merupakan jenis kain yang diproses dengan cara dirajut. Hal ini yang menjadikan kain ini kerap dijadikan pakaian saat musim dingin serta musim hujan, dan juga musim semi. Kain rajut atau knit sejatinya dibuat berlapis dan juga di buat dari benang yang lebih tebal pada umumnya, bahan rajut knit dibuat lentur dan elastis. 

Hal inilah yang membuat orang senang dengan menggunakan baju dari knit ini, knit bahanya lembut, itu keunggulan dari bahan knit, lantas apakah bahan ini sempurna untuk di jadikan pakaian? tidak juga, semua bahan kain memiliki kekurangan dan kelebihan masing masing tergantung siapa yang pakai dimana dan dengan siapa, ehh kayak lagunya kangen band yah. 

Lanjut dengan kekurangan bahan knit lni yaitu bahan ini mudah rusak ketika di cuci dengan menggunakan mesin cuci, sebaiknya hindari dengan menggunakan mesin cuci, nantinya jika menggunakan mesin cuci bahan knit akan mbrudul.


32. Bahan Cotton twill Karakteristik Kelebihan Dan Kekurangan

mengenal jenis bahan kain dan karakteristiknya
Gambar lembaran kain twill source shopee

Bahan twill atau katun China ini memiliki keunggulan dengan sama persia dengan dengan bahan katun Jepang. Mempunyai ciri khas warna yang lembut dan juga nyaman di pakai, karenanya bahan cocok dijadikan kemeja, ada bahan lain, jenis katun twill berbahan dari campuran spandex 2 persen, sehingga membuat bahan sedikit lentur. 

Bahan katun twill lembut halus, tidak mudah sobek dan tahan lama, perpaduan serat spandex tidak cuma memberi kesan lentur, namun pula mengikat zat warna pada bahan ini. Sebenarnya bahn twil ini tipis ,di bawah katun jepang , namun karena dengan proses tenun yang rapat tidak membuatnya terawang. 

Warna pada bahan twill tidak cerah seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahan ini tidak tebal jadi tidak cocok di jadikan pakaian seperti gamis, namun jika ingin tetap menggunakan  bahan twill saya sarankan untuk mendaubel kain atau menggunakan furing agar lebih cantik di pandang.


33. Bahan twiscone , Pengertian Karakteristik Kelebihan Dan Kekurangan

mengenal jenis bahan kain dan karakteristiknya
Gambar kemeja lilac bahan twiscone source shopee

Bahan Twiscone terdapat kesamaan dengan bahan sifon (chiffon) kalau pandang dari serat bahan dan juga teksturnya. Namun kenyataanya, bahan twiscone dan  bahan sifon (chiffon) itu berbeda. Bahan Twiscone memiliki ukuran timbangan yang lebih berbobot dan teksturnya tidak tipis dari pada bahan sifon. 

Busana yang memanfaatkan bahan Twiscone adalah blazer, jaket, shawl, gamis, hijab, celana, dll. Busana dari bahan Twiscone umumnya datang pada option warna-warna gelap yang membuat pakaian tidak mudah menerawang.


34. Jenis Bahan Bahan Kain furing Terbaik

mengenal jenis bahan kain dan karakteristiknya
Gambar rol kain furing asahi source lazada

Bahan furing disebut juga lining ialah selembar kain pelapis yang biasa digunakan sebagai tambahan di bagian dalam busana. Yang pada umumnya bahan furing atau kain furing ini yang biasa dijahit menjadi satu dengan busana dan  ini akan langsung bersentuhan dengan kulit, yang secara pasti menjadi bagian dari pakaian tersebut namun khusus di bagian dalam. 

Dengan misal bahan furing untuk pakaian yang sering dijumpai pada pakaian kebaya, bisa di lihat dibagian dalam busana kebaya lapisan furing pada bagian dalam. Busana kebaya Kain furing kebaya banyak jenisnya. Bahan dan harganya juga bervariasi. Berikut ini adalah karakteristik umum yang dimiliki kain furing ialah ringan,

Kain furing ini lebih ringan dari pada bahan pakaian, bahan furing aluskain furing intraksi secara langsung dengan kulit maka bahan furing harus halus, mudah Menyerap Keringat, bahan furing lapisan kain yang bersentuhan langsung dengan kulit. 

Jika tidak bisa menyerap keringat dengan baik pastinya pakaian akan menjadi tidak nyaman. Bahan kain yang dimaksud antara lain berupa bahan satin silk, kain sifon, kain katun arrow atau hero, kain asahi, bahan peles serta bahan hyget.


35. Bahan balotelli Spesifikasi Lengkap Dan Penggunaannya

mengenal jenis bahan kain dan karakteristiknya
Gambar kain baloteli source lazada

Bahan Balotelli ini ialah jenis kain yang lumayan tebal dan mempunyai ciri yang khas, yang motif atau jenis kainnya berpola kotak kecil bergaris. Keunikan yang dipunyai dari bahan kain ini membuatnya orang mudah tau dan paham.bahwa itu kain balotelly

Memiliki tekstur berserat, tebal tidak melekat kebadan, beragam warna dan morif, bahan balotelly tidak terawamg dan halus, jenis kain ini tebal namun ringan. Kain balotelly premium grade A memilili kualitas yang lebih bagus dari bahan.balotelly biasa. 

Harga kain balotelly untuk yang grade A sekitar 56 ribu dan untuk yang biasa dengan gramasi 120 gsm harga di shopee sekitar 9.500 saat artikel ini dibuat.


36. Mengenal Bahan PE Rayon (Rayon Polyester)

mengenal jenis bahan kain dan karakteristiknya
Gambar kain rayon PE source tokopedia.com

Bahan PE rayon ini merupakan hasil perpaduan serat polyester dan serat rayon. Dengan tinggi Zat polyesternya, biasanya akan semakin murah pula harga jual rayon PE. 

Kandungan polyester yang tinggi akan menghasilkan karakteristik kain yang agak kasar, kaku, dan mudah sobek saat digunakan. rayon PE ini adalah bahan awalnya adalah bahan rayon, yang sudah kita ketahui rayon ini bersumber dari serat hasil regenerasi selulosa atau dinding sel tumbuhan. 

Ada juga jenis rayon lain dari pulp kayu yang telah dihaluskan. ini yang melandasi rayon masuk kategori sebagai bahan semi sintetis. Karenanya bahan dasar kain ini tidak murni berasal dari bahan natural. Harga dari bahan rayon PE ini lebih murah, terlebih jika jika dalam pencampuran serat polyester lebih banyak dari serat rayon.


37. Kenali Ciri Khas Bahan oxford Kelebihan Dan Kekurangan

mengenal jenis bahan kain dan karakteristiknya
Gambar kain oxfold source shopee

Bahan kain oxford ialah hasil produksi dari serat katun dipadukan sama teteron. Jenis kain oxford tergolong jenis kain drill. Tetapi, yang membedakan kain oxford memakai benang yang lebih tipis  dalam pembuatanya dari jenis kain drill lain. 

Lalu bahan oxford condong lebih tipis daripada jenis kain drill lainnya. Seperti sebutanya, bahan katun oxford dibuat berbahan dasar dari katun. Populernya bahan katun oxford mendapati persentase 60 persen katun dan 40 persen bahan serat polyester. Dilirik dari proses produksinya, bahan oxford ini ialah termasuk ke dalam jenis drill. 

Ada sebagian dari sifat bahan katun oxford lainnya : Katun oxford dimana akan lebih ringan saat dikenakan, bidang rata dan terlihat rapi serta lembut, mendapati ketebalan yang sesuai, ketebalan ataupun ketipisannya sedang. sepenggal pemakaian bahan katun oxford yang populernya dijual di pasaran sesuai dengan, kemeja, seragam, baju gamis, baju koko, dan blus wanita.


38. Bahan wolfis Karakteristik Kelebihan Dan Kekurangan

mengenal jenis bahan kain dan karakteristiknya
Gambar bahan wolfis source tokopedia.com

Bahan wolfis yakni satu dari sekian bahan pakaian yang menjadi nomine terutama untuk membuat pakaian muslimah. Bahan wolfis kerap dikenal menjadi bahan kain yang terbentuk dari mixing dari serat sutra, katun, dan serta serat sintetis. 

Keunikan Bahan wolfis ia mendapati ifat yang ringan, tak gampang lecek, tak tembus pandang, mendapati lapisan kain yang kasar, rentan adanya panas, fashionable dan Mempunyai aneka Warna, gampang dalam penyetrikaannya, terdapat serat kain yang rapat dan halus. 

Keutamaan mutu bahan wolfis ialah bahan yang dijumpai sifat yang halus dan lembut, bahan ini tebal dan juga ridak tembus pandang, didapati dengan harga tidak mahal, disuguhi macam macam warna, gampang untuk menjumpai bahan wolfis ini, mendapati lapisan kain yang flowy.  Macam macam bahan wolfis, bahan wolfis grade A, bahan wolfis grade B, bahan wolfis grade C, bahan wolfis premium, bahan wolfis standar. Bahan wolfis kerap dijumpai pada baju gamis.


39. Bahan Microtex Adalah

Gambar kain mixrotek source shopee

Microtex istilah bahan kain untuk sprei yang dibikin dari serat polyester jenis baru. Bahan ini merupakan hasil teknologi belum lama dari bahan microfiber dengan memakai serat kain halus ekstra lembut. Hasil inovasi teknologi ini, bahan microtex mendapati fase kerapatan yang unggul dan serat yang halus. 

Menjadikan sprei berbahan microtex lebih lembut, kuat, tahan lama, serta tidak pudar warna. Lebih lebih kalau dicuci berulang, warna kain tetap utuh. Teknologi microfiber yang dipakai ini juga terlalau dan bagus untuk kulit. Kalau di bandingkan antara katun dan microtex ialah, bahan microtex populernya jauh lebih mudah didapati dari pada katun. 

Terlebih, sprei dari Microtex juga tahan kusut seperti katun, lalu kamu tidak perlu ribet merapikan sprei selalu. Walau begitu, jika dipadankan dengan bahan katun, bisa dikatakan bahan katun mempunyai fase kesejukkan yang lebih.Tetapi hal ini tidak jadi problem asal kamu bisa menyesuaikan kedua bahan ini dengan biaya dan kebutuhan.


40. Karakteristik Bahan lady zara Dan Penggunaannya

mengenal jenis bahan kain dan karakteristiknya
Gambar kain lady zara source shopee

Lady zara ialah tergolong dari 100 persen serat polyester, berasal dari kelompok crepe yang punya banyak jenis seperti bubble crepe, arabian crepe, diamond crepe, moscrepe, diamon italiano, diamon georgette, ceruty.baby doll, wolycrepe dan barbie crepe. 

Permukaan lady zara mirip kulit jeruk seperti halnya bahan crepe lainya yang mempunyai khas seperti itu. Bahan lady zara itu tebal, melar,tidak tembus pandang, jatuh serta tidak kaku, selain dari pada itu lebih banyaknya lagi warna warna pilihan sesuai yang di inginkan. 

Gamis juga tak jarang di jumpai dengan bahan ini, pasalnya hampir sama dengan crepe lainya, yang terpenting perawatan saja contohnya : sebaiknya mencuci baju bahan ini dengan cara manual atau di kucek dan hindari penggunaan mencuci dengan mesin cuci, jangan merendam bahan terlalu lama ini dapat merusak bahan. 

Meskipun sudah di jelaskan diatas tadi bahan yaang di gunakan bukan katun murni yang bisa berjamur melainkan berbahan 100 persen polyester  tapi akan mudah lapuk jika perendaman terlalu lama, jangan mencoba menggosok atau setrika untuk bahan lady zara tanpa mengalasi dengan kain lain. Kalaupun mau menyetrika tanpa alas kain lain sebaiknya gunakan setrika pada suhu terendah.


41. Kenalan Sama Bahan Shakila Premium Yang Lagi Naik Daun

mengenal jenis bahan kain dan karakteristiknya
Gambar bahan shakila source tokopedia.com

Bahan shakila diproses dengan percampuran serat katun dan silk. Kemudian sifat dari bahan shakila juga adalah paduan dari karakteristik kedua bahan dalam susunan. Bahan katun seperti yang populer orang tau memiliki karakteristik paling utama dalam hal menyerap keringat yang berujung, bahan shakila juga mampu dalam daya serap dengan cepat. Yang pasti adem dan nyaman ketika dikenakan. 

Walau di luar ruangan dalam kondisi panas matahari terik. Dan kain silk memiliki sifat halus, lembut, tidak berat, awet dari kekusutan dan jatuh saat dipakai. Sebabnya, bahan ini pas dibikin aneka type pakaian termasuk busana syar'i. Ada satu lagi  karakteristik lainnya, yakni mengkilap dan strech sehingga bahan ini lebih elastis.


42. Bahan flanel Seperti Apa

mengenal jenis bahan kain dan karakteristiknya
Gambar lembaran flanel source lazada

Bahan flanel dalam artikel, yaitu wikipedia rajanya artikel menjelasnya pada kutipan berikut , "Flanel adalah sebuah kain tenun lembut yang memiliki berbagai tingkat kelembutan. Flanel awalnya terbuat dari wol carded atau benang worsted, tetapi kini kerap terbuat dari wol, katun, atau serat sintetis".

Bahan flanel bisa di brush supaya tambah lembut ataupun tanpa brush. Cara brush merupakan masuk dalam proses mekanis di mana sebuah logam murni digunakan untuk menggosok kain guna membuat menimbulkan serat lembut dari benang pintal longgar untuk meembuat  nap pada lainya atau kedua sisi kain itu sendiri. 

Kalau flanel tidak dinap, bahan tersebut mendapat kelembutan dari benang pintal yang tidak sempit pada pola tenun. Bahan flanel populernya di pakai pada pembuatan pakaian tartan, sprei, selimut, dan pakaian tidur. Kondisi "kaos flanel" sering  dipakai untuk menamaisemua kaos yang diberi motif kotak-kotak atau tartan tapi itu salah. 

Walaupun itu, bahan flanel sejatinya hanyalah sebuah kain, selalunya dapat dibuat kaos flanel tanpa diberi motif kotak-kotak.


43. Bahan katun combed

mengenal jenis bahan kain dan karakteristiknya
Gambar katun kombed source tokopedia

Dalam artikel yang kutip Olympics 30, cotton combed dalam kategori kain bahan yang terbuat dari serat kapas murni. 

Kain ini tergolong jenis katun, tetapi lebih lembut dan tidak berbulu. lantaran, pada fase ujung proses serat menjadi kain dilakukan combing atau penyisiran. Cotton Combed tergolong kain bahan yang mempunyai serat lembut, tak begitu tebal, terasa adem, dan mempunyai energi serap yang mumpuni. 

Bahan combed pas untuk bahan busana di negara dengan cuaca tropis. ukuran 20s, 24s, dan 30s menuju pada tebalnya kain cotton combed itu sendiri. Berjajar angka dan huruf tersebut menandakan rupa benang yang dipaksi dan ukuran bobotnya. Rupa cotton combed yang populer di pasaran ialah dengan type 20s, 24s, 30s. 

Indikasi besarnya angka, menjadi tipis dan lemas kain yang didapat. So, cotton combed 20s merupakan yang paling tebal, kemudian ukuran 30s paling tipis dan lunak.


44. Bahan jeans wash Adalah

mengenal jenis bahan kain dan karakteristiknya
Gambar bahan jeans source shopee indonesia

Populernya orang banyak menyebut denim itu sama dengan jeans, lalu kamu termasuk orang yang berprasangka jeans itu ialah kesatuan denim. Untuk itu jika kamu masih belum tau mengenai jeans dan denim berikut ulasannya singkatnya. 

Perlu diketahui jeans dan denim itu berbeda, denim ialah sebuah nama dari bahan untuk dibuat menjadi suatu celana jeans, dan lalu apa itu jeans? jeans itu bahan denim yang sudah dibuat menjadi sebuah celana jeans. 

Kemudian kalau kamu sudah paham tau apa jeans dan denim, agar wawasan bertambah untuk kamu tentang jeans dan denim ayok kita telusuri lebih dalam demi membantu dalam pemilihan jenis type jeans dengan keperluan. Jenis bahan denim yaitu yang pertama dry denim / raw denim lalu wash denim, pre-washed denim, strech denim, poly denim, remie denimdan selvedge denim.


45. Kain Voxy Seperti Apa

mengenal jenis bahan kain dan karakteristiknya
Gambar kain voxy source bukalapak.com

Kain voxy bahan material cukup tebal, sehingga tidak tembus pandang saat dikenakan. Kain voxy bahan yang cukup elastis dan mudah melar yang lalu menjadikan sesuai bentuk tubuh secara gampang. Jalinan kain voxy boleh di ungkapkan sama dengan bahan kaus karena keduanya didapati sifat elastis. 

Jenis kain voxy, Gamis menggunakan voxy ciri kain voxy sendiri terdiri dari dua option, yaitu voxy standar dan voxy premium yang pastinya dibedakan pada dasar mutu material. keunggulan bahan voxy yaitu memiliki ketebalan yang sesuai untuk busana,untuk motifnya sendiri beraneka ragam, bisa digunakan ketika dingin dan panas, karena voxy juga dianggap lumayan tebal yang tidak akan membuat kamu merasa dingin, walau saat cuaca udara sedang rendah, seperti saat hujan atau malam hari. Voxy juga nyaman ketika digunakan saat cuaca panas karena daya serap keringat lebih tinggi.


46. Bahan polymicro Itu Seperti Apa

mengenal jenis bahan kain dan karakteristiknya
Gamar kain polymicro source lazada

Bahan micro merupakan bahan kain microfiber terunggul yang didapati paduan campuran dua jenis polymer, yaitu nylon (polyamide) dan polyester dengan ratio perbandingan 80 persen polyester dan 20 persen polyamide. 

Kain ini populernya akan menyerap air lebih bagus dan pengeringan lebih cepat. Untuk type kain micro di dagi menjadi empat Micro Bintik (WR) yang pertama ia di gunakan pada parasut ciri cirinya dengan motif bintik. Micro TR (WP) merupakan jenis kain micro dengan kondisi lembut dan tanpa bintik disebut dengan TR. Sebutan TR merupakan julukan dari tetoron, yang merupakan paduan bahan rayon dan polyester. 

Micro Ripstop (WR) bahan ini juga termasuk kain dengan tekstur halus dan tidak berat, sebelumnya micro dengan tekstur bintik, maka jenis ripstop ini dikenal dengan tekstur kotak-kotak. 

Tekstur tersebut terlihat selang-seling antara benang halus dengan benang yang  besar. Microfiber , bahan ini agak sedikit beda karena ia kain polyester yang dihaluskan, yang artinya bahan polyester yang umumnya terasa panas akan lebih lembut dan nyaman digunakan. Tekstur lembut terasa setelah cara pengerjaan yang diterapkan pada kain polyester ini.


47. Karakteristik Serat sutra Dan Kegunaannya

mengenal jenis bahan kain dan karakteristiknya
Gambar kain sutra source tokopedia

Dalam artikel wikipedia disebutkan bahwa Sutra atau sutera merupakan serat protein alami yang dapat ditenun menjadi tekstil. Jenis sutra yang paling umum adalah sutra dari kepompong yang dihasilkan larva ulat sutra murbei (Bombyx mori) yang diternak (peternakan ulat itu disebut serikultur). 

Sutra memiliki tekstur mulus, lembut, tetapi tidak licin. Rupa berkilauan yang menjadi daya tarik sutra berasal dari struktur seperti prisma segitiga dalam serat tersebut yang membuat kain sutra dapat membiaskan cahaya dari berbagai sudut. 

Karakteristik dan sifat serat sutra karakteristik prima dari serat sutra yang paling menarik ialah kekuatannya, ini karena berasal dari panjang serat yang berkesinambungan, tidak cuma itu, ada juga banyak karakteristik serat sutra lainnya.


48. Bahan rayon premium

mengenal jenis bahan kain dan karakteristiknya
Gambar rayon premium source shopee

Bahan rayon super / premium merupakan dalam jenis katun rayon premium yang mempunyai kualitas yang baik dari bahan jenis rayon yang lainnya. 

Kalau di sentuh, yang super lebih tebal, kamu dapat mencoba melihat kain ini di bawah cahaya seperti lampu apakah terawang? . bahan rayon premium memiliki serat yang rapat bagus,adem dan jatuh pas dijadikan gamis, mukena dan selimut.


49. Bahan Kain Corduroy Yang Perlu Diketahui Oleh Kamu

mengenal jenis bahan kain dan karakteristiknya
Gambar kain korduroy source shopee

Pada dewasa ini kain corduroy kerap di jadikan dari berbagai jenis serat seperti katun, acrylic, rayon, poliester, dan gabungan dari beberapa jenis seratpolyester. Yang lain ada juga yang dipadukan dengan bahan spandek, lantar bahannya dapat diregang (stretch) secara vertikal ataupun horizontal. 

Berasal dari serat yang dipelintir sebelumnya bahan corduroy diproduksi dari serat katun. Tingkatan serat pada kain  ditwist (dipelintir) sebelum kemudian ditenun menjadi sebuah kain.  Hasil dari penenunan tersebut yang akan mendapatkan pola garis-garis paralel  pada lapisan kain. 

Selain serat katun, bahan corduroy juga dibuat dari serat acrylic,  rayon, polyester, dan mixing dari beberapa jenis serat. Bahkan ada juga  yang digabung dengan bahan spandek sehingga bahannya menjadi lebih lentur.


50. Kain Songket Berasal Dari Palembang

mengenal jenis bahan kain dan karakteristiknya
Motif songket limar source shoee

Mulanya kain songket berasal dari kejayaan kerajaan sriwijaya, pada saat pedagan dari chine membawa bahanbkain berupa sutra dan pedagang dari timur tengan menjual barang berupa logam mulia emas dan perak.

Dari situlah pengrajin tenun tradisional palembang memadukan bahan sutra dan emas perak yang sudah di jadikan benang, yang kemudian di tenun menjadi sebuah kain songket.

Dalam hal ini sebuah kain songket terbagi menjadi beberapa macam songket lepus, songket tabur, songket rumpak, songket tretes songket limar.

Kain songket dapat di manfaatkan di berbagai pakaian tanjak songket, rok songket, kebaya songket ataupun model baju sonfket kekinian yang mengikuti mode sekarang ini yang sedang trend.

Dalam artikel lain yang lengkap kain songket  beserta gambar.


51. Bahan Kain Brokat

mengenal jenis bahan kain dan karakterisriknya serta kelebihan dan kekurangan
gamis brokat kombinasi satin polos source shopee

Bahan brokat dikenal banyak orang digunakan dalam busana pada umumnya seperti kebaya. Seiring berkembang makin meluas dalam pemanfaatan dam sekarang bisa di buat berbagai macam koleksi busana.

Berasal dari italia yaitu brokato yang artinya sulam, jadi dalam artian bahan brokat dapat di artikan jenis bahan kain yang dalam proses pembuatan menggunakan tehnik tusuk sulan menggunakan tehnik; tradisional ataupun menggunakan mesin sulam.

Kain brokat dapat di jadikan bahan baju gamis brokat yang cantik bahkan bahan brokat kombinasi kain polos pun bisa, seperti brokat kombinasi satin. Gamis yang dibuat dari brokat akan terlihat anggun saat dikenakan.

Bahan brukat bisa dibuat busana dress yang cantik seperti gamis, agar tampilannya lebih menarik bahan kain brokat di kombinasi bersama batik biar indonesia banget gitu.

Bahan tunik atau blues pun bisa, sudah dijelaskan dari awal bahwa bahan kain brokat bisa dijadikan segala jenis pakaian apa saja, tidak perlu khawatir tentang apa sih pemanfaatan bahan brokat , perbedaan tunik dan blouse hampir hampir mirip, perbedaan keduanya tidaklah banyak namun tetap ada beda.

Gaun dipakai biasanya disaat acara formal, gaun brokat ini cocok di gunakan pada busana gaun seperti Gaun brokat pesta.Itulah ulasan singkat sejarah kain brukat dan kegunaannya baca lengkapnya di artikel kain brokat.


PENUTUP

Itulah ulasan dari bahan kain untuk kebutuhan sandang, tak dapat di pungkiri sandang setiap orang memilikinya terlebih orang berduit yang mengutamakan mutu, Istilah bilah ada harga ada barang. Kenali dulu jenis kain sebelum membeli sandang ini akan berimbas pada pemakaian dan dan juga kualitas. Artikel di dapat dari berbagai sumber.


terima kasih banyak

4 komentar untuk "mengenal jenis bahan kain dan karakteristiknya"

  1. Jangan salah pilih.....sebelum membuat pakaian, ataupun akan membeli pakaian yuk kita sedikit kenali lebih dulu bahan kain apa yang di gunakan buat pakaian kita..

    #temukanidekamu

    BalasHapus
  2. Pilihlah jenis kain sesuai dengan kebutuhan

    BalasHapus
  3. Ketua DPW PAN Ahmad Rizki Sadig bakal mengadakan pasar murah pada awal AGUSTUS 2022 untuk seluruh warga JATIM tetap stay tune yaa kawan kawan

    https://rizkisadig.com/pan-klaim-pasar-murah-di-jatim-dirancang-sebelum-zulhas-jadi-mendag/

    BalasHapus
  4. Banyak yaaaa jenis kain itu 😄. Aku sendiri jujurnya ga terlalu tau juga bahan baju yg aku pakai apa, Krn kdg kalo beli offline, aku cukup pegang kainnya. Kalo nyaman di tangan, ya dibeli 😄.

    Tapi kdg kalo udh tau ttg kainnya, seperti kain model yg mengkilap, aku kurang suka tuh, Krn suka mengeluarkan bau ga enak saat dipake panas2. Begitu tau kalo bahan tsb ga nyaman, dan bau, ya ga pernah beli lagi jadinya

    BalasHapus
Untuk artikel lainya bisa kunjungi di Google News
)