Cara Melipat Pakaian dengan Rapi dan Cepat

 Cara Melipat Pakaian dengan Rapi dan Cepat


Aktivitas dan mobilitas yang tinggi setiap harinya membuat kegiatan lipat-melipat terasa merepotkan. Belum lagi jika salah melipat kain, malah menjadikan pakaian tersebut menjadi kusut, rasanya ingin mendelegasikan kegiatan ini ke orang lain saja. 


Cara Melipat Pakaian dengan Rapi dan Cepat
img idntimes.com



Sebenarnya, melipat pakaian bisa dilalui dengan cara yang mudah, asal dilakukan dengan teknik yang pas. Hal ini juga disesuaikan dengan jenis kain yang akan dilipat.

Misalnya saja Sweater, T-shirt, Kemeja, Celana pendek, celana panjang, Pakaian dalam, Kaus kaki dan Rok. Jenis kain ini bisa dilipat dan disimpan di dalam lemari. Sedangkan jenis kain Sutra, Beludru, Kulit, Jas, Gaun, Kebaya, Pakaian musim dingin dan Batik sebaiknya tidak dilipat dan hanya digantung saja. 


Alasan melipat pakaian:

  1. Melipat pakaian adalah kegiatan yang sederhana yang tidak terlalu menyita waktu, asal dilakukan dengan teknik yang tepat.

  2. Beberapa pakaian didesain untuk tidak dilipat, bisa menghemat waktu.

  3. Pakaian jadi lebih mudah disimpan dan tidak menyita tempat. 

  4. Pakaian aman dan tidak mudah kusut. 

  5. Cocok bagi yang mengusung konsep gaya hidup minimalis.


Berikut Cara Melipat Pakaian dengan Rapi dan Cepat, yang di-breakingdown satu per satu sesuai kategori pakaian dikutip dari berbagai sumber. 


# Cara melipat pakaian kaos dan kemeja

Bentangkan pakaian di permukaan yang datar, lipat lengan kanan dan kiri ke arah dalam dengan masing-masing lipatan berada di jarak 50% (vertikal) di masing-masing sisi. Setelah itu lipas baju menjadi dua bagian.


    # Cara melipat pakaian sweater

Cari titik tengah baju secara vertikal, kemudian masukkan lengan sweater ke dalam sisi baju dengan lengannya yang panjang membentang ke arah bawah sweater. Setelah itu lipat sweater menjadi tiga bagian.


    # Cara melipat pakaian celana

Lipat ke dua sisi celana sehingga membentuk satu sisi yang memanjang vertikal, kemudian lipat lagi secara horizontal sebanyak dua sampai tiga kali. 


    # Cara melipat celana dengan gantungan

Ambil hanger dan masukkan celana ke dalam hanger dengan masing-masing sisi punya panjang 50%, kemudian rapikan dan gantung.

Itulah     Cara Melipat Pakaian dengan Rapi dan Cepat, meski sebenarnya melipat pakaian merupakan keterampilan yang tidak perlu latihan, tetapi bagi sebagian orang masih kesusahan mempraktikkannya. Semoga bermanfaat. 

Posting Komentar untuk "Cara Melipat Pakaian dengan Rapi dan Cepat"

Untuk artikel lainya bisa kunjungi di Google News