Macam macam bahan kanvas dan kegunaanya

 Macam macam bahan kanvas dan kegunaanya

 

Jenis bahan kanvas ini memiliki serat tebal dan serta sifatnya yang sangat kuat. Pada mulanya, bahan kanvas ini paling digunakan untuk bahan media melukis. karena kenapa?..."yaitu karena di bagian bahan serat bahan kanvas ini sangat bagus ketika digunakan untuk melukis ,Namun akan tetapi seiring dengan perkembangan modern sekarang ini, Bahan kanvas ini semakin berkembang pesat .

Bahan kanvas menurut Wikipedia 

Kanvas adalah kain yang berlapis cat campur lem, merupakan kain kanvas terbuat dari yang kain tipis sampai kain tebal dan kuat. Bahan ini dipergunakan untuk membuat layar dan terutama dasar lukisan.Seorang seniman sebelum melukis membentang kain kanvas di atas kayu bentang (spanram).

Bahan kanvas ini menjadi bahan dasar untuk produk seperti tassepatudompet,jaket, dan berbagai macam aksesoris.

Bahan kanvas ini sendiri ketebalannya sempurna untuk dimodifikasi untuk berbagai macam jenis barang. Pada mulanya kegunaan bahan kanvas adalah terbuat dari jerami yang sehingga memiliki kwalitas yang kuat. 

Dewasa ini bahan dasar kain bahan kanvas ini sudah berganti menjadi kapas atau linen, Namun akan tetapi semua produsen bahan dasar kain kanvas pastinya tetap memperhatikan kualitas dan daya tahan kain, Sehingga tak perlu khawatir jika anda ingin menggunakan bahan kanvas dalam berbagai keperluan, Dan ada juga bahan kanvas berbahan sintetis seperti polyester.

Bahan kanvas memiliki serat yang tebal dan kuat serta motif benang terlihat jelas Dan bisa digunakan untuk berbagai macam busana ataupun aksesoris. Bahan kanvas beraneka ragam jenis seperti di bawah ini.

 

1. KANVAS BLACU

Macam macam bahan kanvas dan kegunaanya
Img Fitinline.com


Bahan kanvas jenis ini umumnya memiliki harga yang murah tidak terlalu mahal dan paling mudah didapatkan di toko-toko bahan kain. Bahan kanvas ini sering digunakan untuk produk tas sederhana seperti totebag dan tas serut maupun tas souvenir wanita .


2. KANVAS RIPSTOP

Macam macam bahan kanvas dan kegunaanya
Img fitinline.com


Jenis dari bahan kanvas ripstop ialah kain kanvas yang lebih baik daripada bahan kanvas blacu. Selain itu, jenis bahan kanvas ini memiliki sifat yang ringan karena dari bahannya tidak begitu tebal. Bahan kanvas ripstop ini memiliki ciri serat berbentuk kotak-kotak yang membuatnya mudah dibedakan dari jenis bahan kanvas lain, Dan bahan ini bisa digunakan untuk pakaian maupun aksesoris dengan harga jual yang lumayan tinggi.


3. KANVAS TERPAL

Macam macam bahan kanvas dan kegunaanya
Img tokopedia.com


Jenis bahan kanvas ini memiliki sifat yang paling tebal dan kuat dari semua jenis bahan kanvas serta kualitasnya bagus dan kedap air. Tetapi, orang-orang tidak menggunakan kain jenis ini untuk tas dan pakaian karena kainya terlalu tebal.Biasanya bahan kanvas ini di gunakan untuk penutup barang atau cover untuk mobil pick up serta untuk pembuatan tenda.


4. KANVAS MARSOTO

Macam macam bahan kanvas dan kegunaanya
Img shopee.co.id


Produk tas, pakaian, maupun aksesoris dengan bahan kanvas marsoto ini sangat pas sekali, Karena bahanya yang halus. Meskipun harganya sedikit lebih mahal tapi kualitas dari bahan kanvas marsoto sangat bagus dan bahan kanvas ini kuat sehingga tidak mudah robek. yang menonjol dari jenis  bahan kanvas marsoto ini adalah memiliki bintik-bintik pada permukaannya, ia menyerupai jenis kain cordura.


5. KANVAS PE

Macam macam bahan kanvas dan kegunaanya
Img shopee.co.id


Bahan kanvas PE adalah bahan kanvas kanvas yang bahan dasarnya adalah polyester yang dicampur dengan katun. Bahan ini kuat namun bahan kanvas ini lebih panas saat digunakan. Dari harga kain ini lebih murah di banding dengan jenis bahan kanvas lain.


6. BABY CANVAS

Macam macam bahan kanvas dan kegunaanya
Img lazada.co.id


Baby canvas ,Ini adalah jenis kain kanvas yang paling lembut dan lentur sehingga nyaman digunakan untuk membuat produk apa pun. Kain baby kanvas ini bagus buat produk tas, hasilnya akan terlihat lebih bagus. Walaupun lembut dan lentur, akan tetapi bahan ini cukup kuat dan tahan lama, serta kualitas yang bagus.


7. KANVAS SUEDING

Macam macam bahan kanvas dan kegunaanyaimg tokopedia.com


banvas sueding ini memiliki memiliki lapisan tipis yang agak berbulu Jika disentuh, kain ini akan terasa lebih lembut dari jenis lainnya. Di banding dengan bahan kanvas lain  ketebalan yang sama, kanvas sueding akan terasa lebih tipis dari pada yang lain. Produk pakaian yang terbuat dari kanvas sueding akan terlihat lebih trendi dan elegan daripada menggunakan bahan lain, sehingga cocok dikenakan pria dan wanita dari segala usia .Kain jenis ini tidak mudah pudar.bahan kanvas sueding biasanya digunakan sebagai bahan baku pembuatan jaket casual,tas dan berbagai produk fashion lain.

itulah macam macam bahan kanvas dan kegunaanya .

Posting Komentar untuk "Macam macam bahan kanvas dan kegunaanya"