mengenal bahan kain rayon dan karakteristik serta jenis jenisnya

mengenal bahan kain rayon dan karakteristik serta jenis jenisnya


Mooteara.com || Bahan kain rayon ialah salah satu tipe bahan kain yang terkenal di industri tekstil . Serat rayon memiliki faktor kimia karbon , hidrogen , serta oksigen . Bahan kain rayon mempunyai energi serap keringat yang besar semacam bahan kain katun . Tekstur serta permukaan bahannya yang halus serta lembut saat tersentuh kulit atau saat di raba.

mengenal bahan kain rayon dan karakteristik serta jenis jenisnya
Source shopee.co.id



Tidak cuma dimanfaatkan buat bahan baju kaos , bahan kain rayon pula kerap dipakai buat bahan baku, pembuatan jilbab ataupun pakaian muslim seperti gamis


Baca juga :





Popularitas bahan satu   ini memanglah bisa dikatakan tidak kalah apabila dibanding dengan bahan katun .

Memahami ciri ciri bahan kain rayon


Bahan kain rayon merupakan bahan yang berasal dari serat hasil re - generasi selulosa ataupun dari sel tanaman . Tidak hanya itu , terdapat pula bahan kain rayon yang dibuat dari pulp kayu yang sudah dihaluskan . Itu sebabnya , rayon dikelompokkan selaku dari bahan semi sintetis . Perihal tersebut sebab bahan asal dari kain ini tidak murni berasal dari bahan natural .

Ini merupakan ciri dari bahan kain rayon 


Tidak gampang kusut . Kilaunya nampak natural . Teksturnya licin , lembut , serta halus menyamai bahan kain sutra . Energi serap yang besar mirip seperti bahan kain katun . Bahannya gampang diwarnai , sehingga varian rupanya sangat bermacam - macam . Retensi ataupun energi tahan wujud serat bahan kain rayon cenderung rendah . Perihal ini membuat teksturnya kurang elastis . Lebih gampang dibakar dibanding bahan lain yang dibuat dari bahan serat tanaman .

Rayon adalah kain yang pertama kali dikembangkan di Prancis pada tahun 1884 untuk menawarkan alternatif yang lebih murah daripada tekstil sutra, jelas Textile Fabric Consultants, Inc. Produk awal ini memerlukan perbaikan, dan baru pada tahun 1924 secara resmi diberi nama "rayon". Rayon dibuat dengan mengolah selulosa dari pulp kayu atau bahan tanaman. Asal alami rayon memberikan beberapa kesamaan dengan kain lain yang terbuat dari tumbuhan, seperti katun dan linen.

Ciri ciri bahan kain rayon

1. Berpori


Karena serat rayon mudah menyerap, pewarna berwarna apa pun yang ditambahkan ke kain mudah meresap dan ditampilkan di atas kain sebagai warna yang sangat cerah. Rayon adalah bahan yang sangat lembut, sehingga menjadi pilihan kain yang disukai oleh mereka yang mencari pakaian yang nyaman. Bahannya menyerap kelembapan bahkan lebih efisien daripada kapas, menurut Swicofil. Hal ini memungkinkan keringat seseorang terserap ke dalam rayon pada hari musim panas dan menguap, membuat pemakainya merasa lebih sejuk daripada jika mengenakan jenis bahan pakaian lainnya.

2. Mempunyai rongga udara


Serat rayon yang tipis memiliki kemampuan untuk memungkinkan pakaian bernafas lebih dari kain lainnya, sehingga menjadi pilihan yang baik untuk desain pakaian olahraga dan sundress yang diharapkan dapat memberikan kesejukan dan kenyamanan. Ini adalah kain ringan yang tidak melekat pada tubuh, namun memungkinkan ruang nyaman yang memungkinkan udara sejuk masuk.

3. Jatuh


Rayon digunakan untuk kemeja, pakaian dalam, dan bahkan sprei dan gorden karena memiliki kualitas yang jatuh dan elegan di atas tubuh seseorang atau dari batang gorden. Wanita suka mengenakan gaun dan rok rayon karena kainnya tidak menimbulkan gangguan statis yang mengganggu.

4. Banyak manfaat


Sepotong pakaian tidak selalu terbuat dari 100 persen rayon. Serat sering digabungkan dengan jenis serat lain untuk membuat apa yang oleh industri disebut sebagai "campuran". Bahan yang biasanya dicampur dengan rayon antara lain katun, wol, sutra, poliester, dan akrilik. Saat digabungkan, produk akhir mengambil beberapa karakteristik dari kedua serat tersebut.

5. Mudah terbakar


Setelah contoh pakaian rayon mudah terbakar pada 1950-an, Departemen Perdagangan AS bereaksi dengan membuat Undang-Undang Kain yang Mudah Terbakar, jelas Swicofil. Ini mendorong perubahan dalam industri tekstil. Saat ini kebanyakan rayon jauh lebih aman untuk digunakan, karena bahan kimia tambahan dapat ditambahkan untuk membuatnya tahan api.

6. Halus


Pengguna harus menghindari lecet dengan rayon, dan memeriksa setiap label pakaian untuk instruksi pembersihan, karena sangat halus. Tag biasanya mengatakan hanya cuci kering, cuci tangan atau cuci mesin dengan air dingin dengan siklus halus, dan garis atau keringkan rata . Karena rayon dapat bernapas, ia dapat mengering dengan sendirinya dengan cukup cepat. Kainnya kusut, tapi bisa disetrika. Rayon tidak boleh ditempatkan di pengering. Ini kehilangan kekuatannya setelah dicuci dan dapat meregang atau menyusut setelah ditarik dan digulingkan. Jika pemutih digunakan saat membersihkan rayon, itu harus non-klorin, karena beberapa hasil akhir dapat dipengaruhi oleh pemutih biasa dan menghasilkan sedikit perubahan warna

berikut macam macam jenis bahan kain rayon

1 . Rayon Polyester ( PE )

mengenal bahan kain rayon dan karakteristik serta jenis jenisnya
Source wikipedia.org
(Gambar scanning electron microscope)


Bahan satu ini merupakan hasil campuran dari bahan polyester dan bahan rayon .  harga rayon PE lebih murah jika kandungan polyester lebih banyak . Akan mudah rusak atau sobek jika polyester lebih banyak di banding dengan serat rayon

2 . Rayon Jersey 

mengenal bahan kain rayon dan karakteristik serta jenis jenisnya
Source alibaba.com


Bahan rayon jersey dibuat dari kombinasi benang serat rayon serta benang serat jersey . Benang jersey sendiri terdiri dari kombinasi antara bahan sintetis , wol , serta katun .
Bahan kain rayon jersey yang dijual dalam gulungan besar umumnya diiringi data persentase benang jersey yang digunakan .

3 . Rayon Spandeks

mengenal bahan kain rayon dan karakteristik serta jenis jenisnya
Source tokopedia.com


Bahan kain rayon spandek satu ini terbilang unggul dibanding bahan rayon yang lain . Ini disebabkan teksturnya yang lebih elastis , lembut , serta aman dikala dipakai . Salah satu karakteristik khas bahan kain rayon spandeks ialah rupanya yang sangat bermacam - macam serta bernuansa terang . Tidak mengherankan apabila rayon tipe ini sering dijadikan bahan dasar pakaian pembuatan kaos , hijab , serta untuk baju olah raga .

4 . Rayon Crinkle

mengenal bahan kain rayon dan karakteristik serta jenis jenisnya
Source lazada.co.id


Bahan kain rayon crinkle Sesuai dengan namanya , rayon crinkle mempunyai keunikan berbentuk teksturnya yang tidak rata serta berkerut - kerut menyamai kulit jeruk . Meskipun demikian , teksturnya yang halus , lembut , serta tidak sangat tebal . Dress berbahan dasar dari rayon crinkle akan senantiasa terasa aman apabila digunakan pada waktu cuaca panas .terima kasih.

Artikel lainnya







Posting Komentar untuk "mengenal bahan kain rayon dan karakteristik serta jenis jenisnya"

Untuk artikel lainya bisa kunjungi di Google News