Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

kenali bahan polyester untuk kebutuhan dan pemanfaatan

Kenali bahan polyester untuk kebutuhan dan pemanfaatan

Bahan polyester banyak sekali pemanfaatan untuk kebutuhan manusia, contohnya dalam industri tekstil bahan kain polyester dapat dijadikan sebagai benang polyester dan kemudian dijadikan sebagai kain yang di kenal dengan sebutan kain polyester.

Sebelum dijadikan lembaran kain awalnya bahan poliester berbentuk benang yang dalam kebutuhan bisa digunakan dalam garmen.

Selain dari pada di jadikan kain untuk kegunaannya, polyester juga menjadi pilihan para penjahit dalam memilih sebagai benang obras polyester.

kenali bahan polyester untuk kebutuhan dan pemanfaatan
Bahan polyester sumber wikipedia.org

Pengenalan

Lalu sebenarnya bahan polyester seperti apa? dan terbuat dari apa?

Dikutip dari artikel wikipedia bahan polyester adalah masuk pada golongan polimer yang di dalamnya terdapat gugus fungsional ester pada urutan primernya.

Meski terdapat banyak sekali polyester, istilah "poliester" atau polyester merupakan sebagai sebuah bahan yang spesifik lebih sering merujuk pada polietilena tereftalat (PET). Poliester termasuk zat kimia yang alami, seperti yang kutin dari kulit ari tumbuhan, maupun zat kimia sintetis seperti polikarbonat dan polibutirat.

Jadi kain polyester adalah jenis kain yang murni terbuat dari serat polyester 100 persen.

Bahan poliester ini banyak manfaatnya untuk kebutuhan manusia termasuk dalam kebutuhan sandang ataupun fashion, seperti tas, jaket dan lainya, Lihat manfaat dari bahan polyester dibawah.

Manfaat bahan polyester

1. Jaket polyester

Jaket bahan polyester ini sangat hangat saat digunakan, jika pada saat cuaca sedang dingin, cocok sekali mengenakan jaket bahan polyester dan ataupun saat sedang melakukan perjalanan malam menggunakan sepeda motor, ini dapat menghalau dari terpaan angin malam yang dapat menyebabkan penyakit masuk angin.

Pada saat gerimis kecil jaket bahan polyester ini akan berfungsi sebagai jas hujan karena padatnya dari kain polyester ini, terlebih biasanya pada pakaian seperti jaket terdapat kain furing yang terkadang menggunakan kain furing yang tahan terhadap air seperti furing asahi.

2. Kaos polyester

Kain polyester juga dapat dijadikan kaos meski tidak sebagus bahan spandek dan bahan jersey ataupun bahan katun.

Biasanya kaos polyester tidaklah sepenuhnya 100% menggunakan bahan polyester, namun di campur dengan bahan katun, atau bahan lain, contohnya :

3. Tas polyester

Bahan polyester ini bisa dijumpai pada produk seperti tas, untuk tas polyester ini aman dari hujan ringan, bahan polyester tahan terhadap air, biarpun sudah terkena air ia akan mudah kering.....

4. Kulot bahan polyester

Kain polyester juga dapat dijadikan celana kulot bahan polyester, untuk celana kulot bahan polyester biasanya di campur dengan serat spandek ataupun katun agar tidak terlalu panas saat dikenakan.

5. Benang obras polyester

Umumnya benang obras polyester ini cenderung kuat dan tahan lama saat digunakan serta untuk tepian jahitan pada kain seperti obras atau neci, benangnya tidak mudah putus sama seperti bahan nylon. Bahan polyester dan nylon hampir sama namun memiliki perbedaan.

Bahan kain polyester ini di pasaran dengan harga yang bervariasi..

Dalam artikel lain oureverydaylife  dijelaskan, poliester adalah kain sintetis yang populer. Sintetis berarti tidak ditanam secara alami atau tersedia secara bebas di alam, tidak seperti kapas dan kain lain yang terjadi secara alami.

Poliester, polimer yang terbuat dari minyak bumi, batu bara, udara dan air, adalah kain yang digunakan bersama tekstil lain untuk menambah kualitas tertentu, seperti ketahanan terhadap kerutan. Itu juga digunakan untuk mengeraskan bahan kain lain dan memberi mereka kekuatan.

Keuntungan utama yang ditawarkan poliester adalah kemampuannya untuk cepat kering, kembali ke bentuk aslinya meskipun kusut, dan kemampuannya untuk mengubah sifat kain lain yang digunakannya. Ini juga tahan terhadap jamur, sebagian besar bahan kimia dan abrasi. Namun, itu bukan kain yang sempurna.

Kerugian utama dari kain ini adalah tidak mudah dibersihkan dan bukan kain yang bisa bernapas. Ada beberapa jenis utama kain poliester digunakan.

Jenis utama kain polyester

1. PET

Etilena tereftalat, atau PET, adalah jenis poliester paling populer yang digunakan untuk kain. Ini adalah bahan yang sama dengan yang digunakan untuk membuat air sekali pakai dan botol minuman ringan.

Untuk membuat polister PET, etilen glikol dicampur dengan asam tereftalat atau metil ester bersama dengan katalis antimon. Katalis antimon adalah zat, diproduksi terutama di China, yang menyebabkan terjadinya reaksi kimia yang membentuk kain poliester.

Jika bahan yang digunakan sebagai kain harus memiliki berat molekul yang tinggi sehingga reaksi ini perlu terjadi pada suhu tinggi dalam ruang hampa.

Keuntungan utama dari bahan ini adalah dapat didaur ulang. Hal ini dapat menghemat waktu yang cukup besar dalam proses produksi.

2. Benang

Benang membentuk poliester jenis lain. Beberapa jenis bahan digunakan untuk membuat poliester jenis ini.

Benang filamen, benang pintal, dan benang bertekstur melalui proses khusus, yang disebut "memintalan benang", dan proses ini menghasilkan bahan poliester.

Kain poliester ini dapat terlihat lebih mirip dengan kain alami daripada jenis poliester lainnya, meskipun masih sintetis.

3. PCDT

Poliester PCDT menggunakan kombinasi kimia yang disebut poli-1, 4-sikloheksilen-dimetilena tereftalat. Jenis kain poliester ini tidak sepopuler PET, namun tetap digunakan sebagai jenis poliester karena memberikan ketahanan dan elastisitas kain yang lebih besar.

Poliester PCDT ideal untuk tekstil yang lebih berat seperti tirai dan penutup furnitur. Untuk membuat poliester PCDT, asam dicampur dengan kombinasi beberapa bahan kimia, termasuk poli-1, dan 4-sikloheksilen-dimetilena tereftalat. Ketika asam bercampur dengan bahan kimia, terjadi reaksi kimia yang disebut peleburan spin, di mana poliester diproduksi.

Posting Komentar untuk "kenali bahan polyester untuk kebutuhan dan pemanfaatan "

Untuk artikel lainya bisa kunjungi di Google News
)