ketahui jeans dan denim apakah beda

ketahui jeans dan denim apakah beda

Mooteara.com || dimulai dari sejarah awal mula adanya celana jean, celana jin di perkenalkan pertama kali sekitar tahun 1800an di genoa, italia dan nimes, prancis dari seorang toilor bernama jacob w. davis dan di peruntukan para pekerja tambang, karena bahan ini kuat, jins pada dasarnya ada dua warna iaitu blue indigo dan cotton duck. Itulah sejarah singkatnya. Selanjutnya perlu diketahui jeans dan denim apakah beda? mari kit lihat ulasanya.


Setelah kita ketahui sejarah celana jeans, lalu apakah ada yang sudah tahu apa itu jean dan denim apakah beda? bagi yang belum tahu mari kita belajar bersama untuk mengenal jeans dan denim tersebut.


Jean pada dasarnya adalah sebuah barang jadi yang berbentuk celana jeans, sedangakan denim adalah sebuah lembaran kain sebelum di jadikan celana jins.


Jadi bahan denim adalah sebuah bahan kain yang bisa di jadikan apa saja. Selain dari pada celana jin, bahan denim juga di jumpai di berbagai fashion meliputi jaket bahan denim, kemeja bahan denim, topi bahan denim, rok bahan denim, tas bahan denim dan aksesoris lainnya.


Dalam artikel yang di kutip dari wikipedia bahan denim berasal dari bahan dasar katun, denim yang populer merupakan denim dengan warna indigo, dengan benang lungsinya yang telah diberi pewarna lalu benang pakannya dibiarkan putih. Sebagai ahir kain yang ditenun dengan proses cara silang kepar, dan satu sisi kain didominasi dengan benang lungsin berwarna nila, dan sisi dalam benang pakan yang berwarna putih. Ini penyebab bahan denim yang membuat sisi dalam celana jins berwarna putih. Proses pencelupan warna nila yang mempertahankan inti benang lungsin tetap berwarna putih menciptakan kesan pudar yang menjadi karakteristik utama yang unik pada bahan denim ini.


Macam Macam Bahan Denim


Bahan denim pada penggunaanya sesuai dengan kebutuhan, ada kain denim yang tipis, ada yang Stretch atau mulur, ada yang tebal dan juga dengan rajutan yang jelas. Berikut untuk jenisnya yang di dapat dari berbagai sumber.


1. Dry Denim

ketahui jeans dan denim apakah beda
Gambar raw denim source jd.id

Ciri pada jenis kain dry ini boleh ditengok saat diraba akan terasa kasar pada kainnya dan ia juga mempunyai warna yang pekat dari type lain, karena dry denim ini dalam proses tidak ada pencucian setelah pencelupan pewarna sehingga warna akan lebih terang mencolok . raw denim adalah nama lain dari dry denim, dimana dimulai munculnya pertama kali bahan denim bermula.


2. Prewash Denim

ketahui jeans dan denim apakah beda
Gambar prewash denim source shopee indonesia

Untuk polpularitas dibahan denim jenis prewash ini termasuk tergolong banyak pengguna. Ciri pada bahan ini akan tidak terang di banding dengan type dry denim, pasalnya pada saat setelah proses pewarnaan bahan ini langsung dicuci, jadi warna akan sedikit memudar.


3. Colored Denim

ketahui jeans dan denim apakah beda
Gambar colored denim source thefashionspot.com

Disebut colored denim karena di produksi dalam dua cara pewarnaan, dari yang biasanya kita kenal pada bahan denim dengan warna biru pada cara tradisional, dan dengan cara yang lain iaitu dengan cara phur, cara ini yang menghasilkan warna selain biru. Untuk mengenali pada bahan denim ini cukup mudah iaitu warna kain ini ada banyak warna yaitu warna biru, merah dan kuning pada kebanyakan warna di celana jins.


4. Ramie Denim

ketahui jeans dan denim apakah beda
Gambar ramie denim source isseymiyake.com

Ramie denim atau denim rami adalah hasil dari percampuran serat tumbuhan rami dan bahan dasar denim. Ciri pada jenis ini di tandai dengan hasil kain yang halus serta tida mudah kumal, karena di buat dengan dua campuran tersebut keuntungan bahan ini sedikit lebih tidak berkerut dan juga ianya memiliki daya serap yang lebih baik.


5. Stretch Denim

ketahui jeans dan denim apakah beda
Gambar stretch denim source lazada.co.id

Bahan yang satu ini lebih kerap di jumpai pada celana jins wanita karena bahan ini elastis. kenapa bisa elastis? pada type ini terdapat setidaknya 2 sampai 3 persen pada campuran produksinya agar bisa mulur.


6. Black Coated Denim

ketahui jeans dan denim apakah beda
Gambar stretch denim source shopee.co.id

Black coated denun di hasilkan dari lapisan bahan akrilik warna hitam di campir dengan bahan dasar denim, Bahan ini sangat awet serta tahan lama, namun minus pada black coated denim salah satunya lebih mudahnya memudarnya, untuk warna denim ini biasanya bewarna hitam. 


7. Poly Denim

ketahui jeans dan denim apakah beda
Gambar poly denim source shopee indonesia

Ada yang tau nggak bahan polyester itu seperti apa? kalau belum tau bisa lihat artikel sebelumnya, poly denim ini adalah bahan denim di campur serat polyester pada proses produksinya, sehingga menghasilkan bahan kain yang ringan dan cepet kering pada saat terkena air, kain ini dapat di pakai pada pembuatan celana formal ataupun non formal.


8. Denim selvedge

ketahui jeans dan denim apakah beda
Gambar denim selvedge source shopee indonesia

Kata selvedge berasal dari kata “self-edge” yang artinya membentuk pinggir/tepi ujung sendiri. Selvedge denim ini dibuat untuk mengatasi kain denim biasa, yang tepi kainnya terurai berantakan dan tidak teratur.


Setelah jauh kita mengenal jenis jenis bahan denim, selanjutnya perlu di ketahui kelebihan dan kekuranganya apa saja sih pada bahan denim ini.


Kelebihan Bahan Denim


1. Kuat

Bahan denim ini lebih Kuat dari pada bahan lain, karena yang telah kita ketahui dari ulasan diatas bahan denim di buat dari bahan katun yang di proses dengan silang kapar. dan pada jaman permulaan munculnya bahan denim di buat celana jins, karena di anggap paling kuat.


2. Nyaman

Bahan ini nyaman bagi penggunanya, apalagi untuk yang tipe stretch denim, bahan ini mulur bisa membentuk sesuai dengan ukuran paha kaki sehingga tidak mengganggu pergerakan saat berjalan atau beraktifitas.


3. Tidak Mudah Koyak

Karena denim ini tebal dengan cara penenunan yang saling menyilang yang membuatnya tidak mudah koyak karena tergores.


Kekurangan Bahan Denim


1. Warna dan model monoton

Adapun pada model jenis denim ini cenderung pada satu model, sehingga tidak banyak pilihan, seperti warna yang terbatas yang bisa kita jumpai dimana ada celana jins atau bahan denim pasti bewarna biru, jadi bahan denim ini lebih dikatakan monoton.


2. Banyak Pemalsuan

Untuk bahan denim ini sudah sangat populer sekali sejak dulu, bahan ini dulu di jadikan celana jins untuk dipakai penambang, karena bahannya yang kokoh,  tebal ,dan tidak mudah sobek, maka dari itu banyak yang memalsukan bahan jins ini.


3. Harga

Untuk harga bahan denim sendiri harganya cukup mahal di banding dengan bahan  utama yaitu katun, harga untuk katun denim di shopee pada tanggal 31 july 2022 cek di harga sekitar Rp. 22,500 per setengah meter,

ketahui jeans dan denim apakah beda
Gambar ss selvedge denim source shopee

Merk yang biasanya memakai bahan denim 


1. Levis

ketahui jeans dan denim apakah beda
Gambar celana jeans levis 501 source lazada.com

Siapa si yang gak tau merek satu ini, LEVIS 501 , bahkan mungkin dari kalian yang lahir tahun 80an dan 90an ada yang masih suka mengatakan bahan denim yang di buat celana jeans atau jaket itu adalah levis, padahal bukan levis mereknya. Karena levis lebih banyak memproduksi produknya berbahan dasar bahan denim pada waktu itu. Karena terkenalnya merek ini hingga banyak sekali pemalsuan untuk produk levis.


2. Lea

ketahui jeans dan denim apakah beda
Gambar celana jeans lea 505 source bukalapak.com

Lea lahir pada era 70an tepatnya pertama kali berdiri sekitar tahun 1976 setelah 4 tahun berdirinya garmen yang di dirikan oleh gani sandjaja. Banyak yang mengira Lea ini adalah merek luar negri seperti amerika, pasalnya logo yang di gunakan mirip dengan bendera negri paman sam, padahal ini adalah merk dengan produk lokal. Perusahaannya sendiri berdiri di kawasan tanggerang dengan berkibar bendera dengan nama PT Lea Sanent. Produksi celana jin kini sudah banyak yang di eksport ke luar negri.


Sekian ulasan mengenai artikel dengan judul "ketahui jins dan denim apakah beda".



Posting Komentar untuk "ketahui jeans dan denim apakah beda"

Untuk artikel lainya bisa kunjungi di Google News