Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

penjelasan bahan ripstop serta kelebihan dan kekurangannya

penjelasan bahan ripstop serta kelebihan dan kekurangannya


Bahan kain memang selalu menjadi acuan dalam membuat pakaian, dalam memilih bahan kain perhatikan mutu dari kain yang akan dijadikan sebuah pakaian.

Agar saat pakaian yang di kenakan akan terasa nyaman serta pas, pilihlah bahan sesuai dengan kebutuhan.

Berikut perkenalkan bahan ripstop untuk jenis pakaian apa saja yang cocok.

Perkenalan Bahan Ripstop


Bahan ripstop merupakan kain yang mempunyai permukaan dengan serat terlihat kotak-kotak. Kain ini masuk kategori kain tenun yang umumnya dari benang nilon yang diolah dengan cara hatchback stich (silang balik), dengan hasil finis menghasilkan kotak-kotak.

Dari cara inilah yang menjadikan kain ripstop menjadi lebih kuat serta tahan terhadap goresan tak disengaja . Dengan kotak kotak kecil yang memiliki ukuran antara 5mm sampai dengan 8mm.

Selanjutnya apa saja karakteristik dari bahan kain ripstop, mari simak ulasan sifat bahan ripstop di bawah ini.
penjelasan bahan ripstop serta kelebihan dan kekurangannya
Gambar bahan ripstop source bukalapak


Karakteristik Bahan Ripstop


1. Motif kotak kotak


Pada bahan ripstop yaitu terdapat kotak-kotak pada permukaan kain ripstop, ciri khusus pada pada bahan ini adalah kotak kotak tersebut yang membuat bahan ini kalau tanpa kotak kotak tidak di sebut bahan ripstop.

2. Bahan Ripstop Memiliki Serat Rapat


Ripstop memiliki serat rapat serta kuat
walau pada jenis ripstop lain ada yang relatif tipis, akan tetapi termasuk dalam golongan kain yang kuat. Dari cara tenunan silang balik menjadikan hasil ahir rajutan benang yang rapat dan tidak gampang koyak. 

3. Daya Tahan Terhadap Air


Bahan ripstop bersifat menolak air karena pada rajutan yang rapat membuat ia kuat, tapi tidak sekuat bahan kanvas polyester yang tahan terhadap rembesan air, kain ripstop masih bisa tembus.

4. Ringan Dan Cepat Kering


Dikarenakan mempunyai sifat yang ringan kain ini banyak gemari pelanggan. Bisa bergerak bebas dengan bahan ini saat dijadikan sebuah pakaian karena ia tidak berat.

Dalam pemilihan penggunaan bahan ripstop ini, beda jenis pakaian akan berbeda pula jenis bahan yang akan di gunakan, berikut jenis jenis bahan ripstop yang biasa digunakan.
penjelasan bahan ripstop serta kelebihan dan kekurangannya
Gambar bahan ripstop moka source shopee


Jenis jenis bahan ripstop


1. Bahan Kain Ripstop TR 


Ripstop TR ini dibuat dari campuran antara serat tetoron dan serat rayon yang kemudian menghasilkan jenis kain ini.

Nama ini (ripstop TR) diambil dari jenis campuran tersebut tetoron (T) dan rayon adalah (R). Kain jenis ini terdapat kegunaan yang sama dengan kain drill.

Tidak hanya bahan drill saja, untuk jenis bahan ripstop TR ini juga kerap dijadikan seperti Totebag, celana cargo, PDL ( pakaian dinas lapangan)  dan pakaian dinas harian (PDH).

2. Ripstop Parasut 


Dari campuran serat nilon dan polypropylene yang kemudian di beri lapisan coating untuk mencegah rembesan air atau untuk merapatkan serat yang tujuanya untuk water repallent seperti yang terjadi pada alam seperti daun talas yang kemudian menghasilkan ripstop parasut.

Kegunaan bahan ripstop parasut ini cocok digunakan pada tenda, jaket anti air, cover atau penutup pelindung mobil serta tas ransel .

3. Ripstop Polyester 


Hampir serupa dengan ripstop TR namun perbedaanya pada ripstop polyester ialah hasil campuran dari serat katun (Cotton) dengan serat polyester.

Untuk selain di gunakan pada kanopi banyak di buat bahan ini dijadikan celana dan seragam seperti halnya bahan ripstop TR, tapi ripstop poliester dengan kualitas yang kurang.

4. Ripstop Nilon  


Bahan dasarnya dari benang nilon. Memiliki sifat menolak air dan air tidak mudah meresap. Kelebihan lainnya adalah kain ini cukup lentur sehingga bisa dipakai untuk membuat kanopi dan bean bag. 

5. Ripstop Poplin 


Diciptakan pada dulunya untuk kebutuhan wearpack militer dan juga digunakan sebagai bahan tas prajurit karena memiliki daya kuat terhadap goresan.

Terlebih untuk sebuah pakaian prajurit yang menginginkan bahan yang kuat dan mudah menyerap keringat serta tidak gerah, bahan ini cocok karena bahan dari jenis ripstop poplin dibuat dari 100 persen serat katun.

seiring berkembangnya waktu bahan poplin di gunakan untuk selain dari pada itu, kini menjadi lebih maju dan bisa dijadikan apa saja sesuai dengan kebutuhan.

6. Ripstop Canvas


Ripsrop kanvas mempunyai kemiripan dengan bahan canvas lain akan tetapi spesifik jenis ripstop ini mempunyai karakteriatik pemukaan kain kotak-kotak

Digunakan pada jenis tas untuk umumnya karena bahan ini cukup tebal di tambah lagi bahan ini sangat kuat.

Jarang di temui bahan ripstop di gunakan pada sebuah pakaian, karena ia tidak tipis.

Setelah kita mengulas semua bahan ripstop, yang tentunya di setiap bahan kain memiliki kelebihan dan kekurangan.

Apakah bahan ripstop memiliki kelebihan dan kekurangan? tentu saja ada, berikut kelebihan dan kekurangan bahan ripstop.

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Ripstop


Kelebihan dari bahan ripsrop 


Bahan ripstop yaitu kuat dan tidak mudah koyak, dalam hal motif di kain ini juga sangat unik yang terdapatnya tekstur kotak kotak yang tidak dimiliki semua jenis kain.

Kain ripstop ini pada sebagian jenis mempunyai lapisan yang air sulit untuk menembusnya, karena itu bahan ini akan mudah cepat kering saat penjemuran jika setelah ada proses pencucian.

Kekurangan Bahan Ripstop


Karena bahan ini cukup rapat dalam proses penenunan, bahan ini juga tidak memiliki sirkulasi udara yang cukup, terkecuali pada jenis lain seperti rifstop poplin yang memang terbuat dari bahan katun.

Karena kekuatan yang di miliki bahan ripstop , jadi ia tidak mudah terurai saat sudak tidak dipakai lagi yang menyebabkan bahan ini dinilai kurang ramah dalam lingkungan.

Pada bahan riptop yang memiliki kecenderungan mirip dengan bahan drill bagi sebagian orang sulit untuk membedakan, berikut sedikit kutipan perbedaan bahan rifstop dan bahan drill. Oh ia untuk ulasan lengkap tentang bahan drill bisa lihat di artikel sbelumnya.

Perbedaan Bahan Ripstop Dan Bahan Drill


Dari bahan kedunya sebagian memiliki kegunaan yang sama yaitu bisa digunakan untuk jenis pakaian, namun pada bahan drill memiliki keterbatasan dalam pemanfaatan.

Yang berbeza dengan bahan ripstop yang mempuanyai manfaat dan kegunaan yang lumayan banyak.

Kain ripstop dimanfaatkan bahan tas, kanopi, beanbag, dan perlengkapan outdoor lain.

Sedangkan bahan drill kurang cocok dijadikan perlengkapan outdoor seperti kanopi, karena tidak sekuat bahan ripstop. 

Keduanya mempunyai perbedaan pada pada motif serat yaitu adanya kotak kotak yang terdapat pada bahan ripstop dan bergaris diagonal pada bahan drill.

Bahan ripatop memiliki versi dari berbagai campuran sepeti polyester, cotton, tetoron dan rayon, kain drill juga diproduksi sama dengan beraneka serat bahan seperti ripstop.

Daftar harga


Soal harga untuk bahan ripstop dan drill kalau di lihat dari harga di marketplace shopee sekitar Rp.30.000 an per meter.
Harga ripstop TR kisaran 40.000/yard  
Harga ripstop parasut sekitar 22.500- 24.500/yard ( 1 yard 90cm)

Harga di atas tidak dapat jadikan patokan penuh, mungkin di beda tempat beda harga juga, kalau ada yang lebih murah atau beda harga bisa tulis di komentar.

Itulah ulasan penjelasan bahan ripstop setrta kelebihan dan kekurangannya. Terima kasih

Posting Komentar untuk "penjelasan bahan ripstop serta kelebihan dan kekurangannya"

Untuk artikel lainya bisa kunjungi di Google News
)