fungsi kawat gigi atau behel serta bahan yang digunakan

Fungsi kawat gigi atau behel serta bahan yang digunakan

Pemakaian behel atau kawat gigi

mooteara.com || fungsi kawat gigi atau behel serta bahan yang digunakan - Guys all....kali ini aku sengaja mo membahas tentang kawat gigi atau behel istilah kerennya. Soalnya pengen banget nih punya gigi rapi, wanita kan harus perfect guys he..he…. Pada dasarnya kawat gigi di lakukan hanya untuk memperbaiki struktur gigi yang tidak bagus untuk alasan kesehatan.

fungsi kawat gigi atau behel serta bahan yang digunakan
Gambar kawat gigi atau behel || Source halodoc.com


Behel juga dimaksudkan untuk melancarkan makanan setelah dikunyah. Tapi seiring bertambahnya tahun, kebutuhannya tidak hanya untuk alasan medis tapi juga life style dan fashion. Apalagi kawat gigi sekarang bisa bermacam-macam bentuk dan warnanya. Hal ini dimaksudkan agar para pemakainya merasa nyaman, enak dilihat dan tidak terganggu, karena jaman dulu kawat gigi identik dengan hal yang tidak biasa dan aneh. 

Bahannya juga bisa dari kawat biasa, besi, sampai yang berbahan emas dan berlian, milihnya tergantung kondisi gigi dan kantong kita he..he..he... Hal ini dikarenakan kebutuhan akan fashion dan permintaan masyarakat sepanjang tahun dan munculnya ide-ide baru para ortodentist.

Dan pada saat apakah seseorang dapat memulai memasang kawat gigi ??.....Anak – anak yang pada tahap tanggalnya gigi susu menjadi gigi tetap, karena saat tersebut gigi mulai bisa dibentuk. Atau menunggu saat memasuki usia pubertas, karena saat ini pertumbuhan rahang telah maksimal.

Apa yang dilakukan orthodontist?? Sebelum dilakukan pemasangan kawat gigi biasanya dilakukan konsultasi dan penjelasan, dan biasanya orthodontist akan mengecek rekam medis kesehatan gigi. Apakah layak dipasang kawat gigi apa tidak. Karena jika ada riwayat sakit gigi dan gusi, maka permasalahan tersebut harus diselesaikan terlebih dahulu. Jika ada karang gigi maka harus dibersihkan dulu.

Karena gigi yang akan dipasang kawat harus sehat dan bersih. Setelah pemasangan behel biasanya efek yang ditimbulkan adalah rasa sakit pada gigi, ngilu, sariawan dan mungkin gara-gara behel berat badan kita jadi berkurang, saya rasa  hal tersebut dikarenakan adanya benda asing yang berada di mulut, wajar kalau ada efek seperti diatas. Rasa ngilu bisa diatasi dengan obat penahan sakit kepala. Pakailah floss / benang gigi selama anda memakai behel untuk membersihkan plak - plak.

Pada dasarnya kawat gigi dibagi 2 tipe, lepasan dan cekat ( straight wire ). Bedanya kalau lepasan, kawat gigi bisa anda lepas sendiri saat makan atau menyikat gigi. Sebaliknya tipe cekat hanya boleh dibuka pada jangka waktu tertentu dan hanya boleh dilakukan oleh dokter orthodontist.

Kawat gigi atau behel pada dasarnya terdiri :

1. Bracket : Sesuatu yang menempel pada gigi dan membentuk gigi dan bahannya bisa bermacam-macam diantaranya :

Stainless Steel : Bahan paling kuat dan sangat baik dalam pembentukan gigi

Kristal safir : Bahannya paling transparan dari bahan lainnya

Emas 24 karat : Khusus untuk yang alergi dan sensitive terhadap logam

Porselen : Untuk mendapat tampilan bracket transparan

2. Kawat : Pegas pengikat dan penarik berfungsi untuk meratakan gigi yang keluar dari garis

3. Pengikat : Karet yang berfungsi untuk mengikat bracket-bracket yang terdapat di gigi dan bisa diganti sesuai permintaan

4. Band : Cincin pada geraham belakang.

itulah ulasan singkat tentang fungsi kawat gigi atau behel serta bahan yang digunakan, kalau sekiranya tidak penting penting kali,sebaiknya jangan gunakan kawat gigi atau behel, namun jika akan memasang kawat gigi seharusnya konsultasikan ke ahlinya agar tidak menyesal atau malah membuat rusak gigi.


Semoga artikel ini bermanfaat , terima kasih


2 komentar untuk "fungsi kawat gigi atau behel serta bahan yang digunakan"

Comment Author Avatar
Baca ini jadi inget pengalaman merawat gigi dari 3 SD Ampe 1 SMU 🤣🤣. Perjuangan nahan sakitnya luar biasa yaaa 😅😄. Awalnya gigi yg saling nabrak harus di cabut dulu, trus baru deh pake behel yg bisa dilepas pasang dulu bbrp tahun. Trus baru yg permanent, beberapa tahun lagi. Baru balik ke lepas pasang, dan trakhir lepas beneran 🤣. Hasilnya memang ga sia2, gigiku yg tadinya maju, jarang, skr rapi. Cuma ya itu, tahan aja sakitnya, apalagi kalo behel baru dikencengin, kena sendok aja kayak mau nangis hahahahaha 🤣
Comment Author Avatar
Iya kalau di bagian milut itu rentan...tiap hari makan minum harus extra hati-hati

Terima kasih sudah berkomentar, komentar anda membantu kami bersemangat dalam memberi informasi.

Untuk artikel lainya bisa kunjungi di Google News