Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kain flanel penjelasannya serta kelebihan dan kekurangannya

Kain flanel penjelasannya serta kelebihan dan kekurangannya

Mooteara.com || kain flanel penjelasannya serta kelebihan dan kekurangannya  - Flanel adalah salah satu jenis bahan kain yang sering dijumpai pada jenis pakaian sekarang ini, pria maupun pada pakaian yang di kenakan wanita.


Kain flanel penjelasannya serta kelebihan dan kekurangannya
Gambar "Kain flanel penjelasannya serta kelebihan dan kekurangannya" source aliexpress

Pada sebagian orang mungkin sudah mengenal pada jenis bahan kain ini dan ada juga yang belum dengan jenis bahan kain flanel. Kali ini kita akan sedikit membahas pada jenis bahan kain flanel

CEK SEKARANG Rp. 25.000 jadi Rp. 22.000 Sebelum habis masa PROMO  

Apakah kain flanel itu? mari kita lihat artikel lengkapnya dibawah ini tentang pengertian, kelebihan dan kekurangan dari bahan kain flanel, gambar kain flanel serta kegunaan dari jenis bahan kain flanel.

Karateristik jenis kain flanel ini berserat persis seperti kapas, dan bahan kain ini lebih tebal yang mempunyai dua jenis tebal antara 2 mm dan 5 mm sebabnya tidak menerawang ketika dikenakan.

Mengenal Kenis Bahan Kain Flanel

Karakteristik bahan kain flanel mempunyai tekstur yang agak kaku dan  pada bagian tepi kain tidak bertiras sehingga tidak mudah lepas jahitan, pada bagian kain akan sedikit lebih kasar. Bahan tepi kain ini  biarpun bekas potong gunting akan terlihat rapi.

Kain flanel sendiri mirip seperti dengan kapas berserabut,terlihat lebih tebal sehingga tidak menerawang.

Bahan kain flanel sekarang mudah dijumpai pada pakaian pria seperti kemeja dan wanita pada baju tunik ataupun kemeja wanita, bahan iki banyak dipakai dikarenakan lebih nyaman saat dikenakan

Jenis bahan kain flanel ini tergolong sangat baik pada kualitasnya, yang membuatnya awet dan cocok dikenakan sebagai bahan pakaian atau kerajinan.

Kamu bisa menjumpai bahan kain flanel ini di banyak marketplace besar seperti shopee atau di toko toko kain.

Jenis bahan flanel saat ini menjadi salah satu jenis bahan kain banyak dikenal sebagai bahan pakaian dan juga kerajinan.

Jenis Jenis Bahan Kain Flanel

Kain flanel memiliki ketebalan yang lebih baik dari pada dengan jenis kain katun. Selain ketebalan pada kain flanel, kain flanel juga lebih banyak warna dan menarik. Tapi bagi kamu yang kurang paham dengan bahan kain flanel, kamu mungkin lebih memilih jenis kain katun yang memang sudah banyak orang tau.

Kelebihan Bahan Kain Flanel

Jenis kain yang satu ini sudah banyak digunakan sebagai bahan pakaian pria ataupun wanita, khususnya untuk dijadikan kemeja flanel pria

Lalu, apa kelebihan bahan flanel yang membuatnya banyak dipilih saat ini? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Flannel adalah jenis kain yang terbuat dari wol atau sutra yang diproses dengan cara diketuk atau dicuci untuk menghasilkan tekstur yang lembut dan hangat. Beberapa kelebihan kain flanel adalah:

  1. Hangat: Kain flanel sangat cocok untuk digunakan pada musim dingin karena teksturnya yang lembut dan hangat.
  2. Nyaman: Kain flanel sangat nyaman digunakan untuk pakaian dalam maupun pakaian luar karena tidak menyebabkan iritasi kulit.
  3. Tahan lama: Kain flanel merupakan kain yang tahan lama dan tidak mudah rusak.
  4. Dapat dicuci: Kain flanel dapat dicuci dengan mesin atau tangan, sehingga mudah dalam pemeliharaannya.
  5. Hemat ruang: Kain flanel dapat dibungkus dengan sangat kompak sehingga dapat menghemat ruang.
  6. Bahannya Tebal: Karena tebal pada kain flanel sehingga tidak mudah menerawang. Kamu tidak perlu cemas saat ada kegiatan ourdor mengenakan pakaian dari kain jenis flanel ini. Pada bagian tepi kain ini rapi sehingga tidak mudah mbrudul. Tebalnya dari jenis kain flanel ini 2mm dan 5mm sehingga tidak akan membuat menerawang pada pakaian.

Kekurangan Kain Flanel

Beberapa kekurangan dari kain flanel adalah:

  1. Mudah kusut: kain flanel cenderung mudah kusut dan menjadi tidak rapi setelah digunakan beberapa kali.
  2. Mudah keringat: kain flanel cenderung mudah menyerap keringat, sehingga tidak cocok digunakan pada cuaca panas.
  3. Perlu dicuci dengan hati-hati: kain flanel perlu dicuci dengan hati-hati dan dikeringkan dengan cara yang tepat agar tidak mengecil atau rusak.
  4. Harga yang lebih mahal dibandingkan dengan kain lainnya.

Kain Flanel Multi Fungsi

Kain flanel digunakan untuk berbagai keperluan seperti pembuatan pakaian, selimut, bantal, dan lain-lain. Kain ini terasa lembut dan hangat di kulit, sehingga sering digunakan untuk pakaian kemeja atau pakaian tidur. Selain itu, kain flanel juga digunakan untuk membuat tas, topi, dan aksesoris lainnya. Kain ini juga sering digunakan untuk mencetak desain atau gambar yang lucu dan menarik.

Kerajinan Kain Flanel

Kerajinan dari kain flanel dapat meliputi berbagai jenis produk, seperti bantal, selimut, guling, topi, tas, dan lain-lain. Kain flanel khas karena teksturnya yang lembut dan hangat, sehingga cocok digunakan untuk produk-produk yang diperuntukkan untuk musim dingin. Selain itu, kain flanel juga dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis aksesoris seperti ikat kepala, ikat pinggang, dan lain-lain.

7 Manfaat dari kain flanel

  • Jaket Flanel: Jaket flanel adalah jaket yang terbuat dari bahan flanel yang hangat dan nyaman digunakan. Jaket ini cocok untuk cuaca dingin dan sering digunakan sebagai pakaian outdoor.
  • Kemeja Flanel: Kemeja flanel adalah kemeja yang terbuat dari bahan flanel yang nyaman digunakan dan cocok untuk digunakan sehari-hari. Kemeja ini sering digunakan sebagai pakaian kerja atau pakaian casual.
  • Celana Flanel: Celana flanel adalah celana yang terbuat dari bahan flanel yang nyaman digunakan dan cocok untuk digunakan sehari-hari. Celana ini sering digunakan sebagai pakaian kerja atau pakaian casual.
  • Kaus Flanel: Kaus flanel adalah kaus yang terbuat dari bahan flanel yang nyaman digunakan dan cocok untuk digunakan sehari-hari. Kaus ini sering digunakan sebagai pakaian kerja atau pakaian casual.
  • Sarung Flanel: Sarung flanel adalah sarung yang terbuat dari bahan flanel yang nyaman digunakan dan cocok untuk digunakan sehari-hari. Sarung ini sering digunakan sebagai pakaian kerja atau pakaian casual.
  • Topi Flanel: Topi flanel adalah topi yang terbuat dari bahan flanel yang nyaman digunakan dan cocok untuk digunakan sehari-hari. Topi ini sering digunakan sebagai pakaian kerja atau pakaian casual.
  • Rok Flanel: Rok flanel adalah rok yang terbuat dari bahan flanel yang nyaman digunakan dan cocok untuk digunakan sehari-hari. Rok ini sering digunakan sebagai pakaian kerja atau pakaian casual.

Sebagai tambahan pengetahuan tentang bahn kain, tau gak sih asal mula kain dan kapan adanya, berikut ulasan singkat semoga bermanfaat.

Asal Mula Kain

Kain adalah bahan yang digunakan untuk membuat pakaian, selimut, dan berbagai macam barang lainnya. Asal mula kain tidak diketahui dengan pasti, namun diduga telah digunakan oleh manusia sejak zaman prasejarah.

Penemuan arkeologi menunjukkan bahwa manusia sudah menggunakan kain sejak zaman Neolitik, yaitu sekitar 8.000 tahun yang lalu. Kain yang digunakan pada masa itu terbuat dari serat tanaman seperti gandum, rami, dan kapas. Serat ini ditenun menjadi kain yang digunakan untuk membuat pakaian dan peralatan rumah tangga.

Selain itu, kain juga digunakan dalam kegiatan perdagangan. Pada zaman Yunani dan Romawi, kain menjadi salah satu produk perdagangan yang penting. Kain yang dihasilkan di Mesir, India, dan China sangat dihargai di pasar Eropa pada masa itu.

Pada abad ke-15, mesin tenun ditemukan dan mulai digunakan dalam produksi kain. Inovasi ini memungkinkan produksi kain menjadi lebih cepat dan efisien. Pada abad ke-18, mesin tenun mekanis mulai digunakan, yang memungkinkan produksi kain menjadi lebih cepat dan efisien lagi.

Saat ini, kain diproduksi dengan berbagai macam cara, mulai dari tenunan manual hingga produksi massal menggunakan mesin. Kain yang digunakan untuk pakaian dan barang-barang rumah tangga juga sangat beragam, mulai dari katun, sutra, polyester, hingga spandek.

Secara keseluruhan, asal mula kain tidak dapat ditentukan dengan pasti, namun diduga telah digunakan oleh manusia sejak zaman prasejarah. Kain telah mengalami banyak perkembangan selama ribuan tahun, dari serat tanaman yang ditenun menjadi kain modern yang diproduksi dengan mesin. Saat ini kain merupakan salah satu bahan yang sangat penting dalam kehidupan manusia.

"Kain flanel penjelasannya serta kelebihan dan kekurangannya"

Posting Komentar untuk "Kain flanel penjelasannya serta kelebihan dan kekurangannya"

Untuk artikel lainya bisa kunjungi di Google News
)