Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Dompet Kulit Biar Awet

 Cara Merawat Dompet Kulit Biar Awet


Merawat dompet kulit bisa jadi aktivitas yang membingungkan untuk sebagian orang. Terlebih kalau dompet kulit saat ini adalah dompet kulit pertama untuk Anda.

Harga dan daya tahan dompet kulit jadi pertimbangan utama untuk tetap merawat dompet ini. Nominal harga dompet kulit di pasaran tentu tidak murah, cukup tinggi dibanding produk dompet bahan lain. Serta daya tahannya yang juga cukup baik membuat dompet ini terkadang punya nilai historis sendiri.

Cara Merawat Dompet Kulit Biar Awet
@saefu_kawzuki


Tentu Anda tidak boleh membiarkan dompet kulit Anda rusak dan menjadi tidak layak pakai.  Untuk merwat dompet kulit Anda, kami punya beberapa rekomendasi cara yang sederhana dan cukup mudah dilakukan. 

Cara Merawat Dompet Kulit

Beberapa tips ini bisa Anda gunakan supaya dompet kulit bisa lebih awet. Lansung saja simak yang pertama!

Menggunakan Bahan Pembersih Khusus

Perawatan pertama diberikan untuk menjaga kualitas material kulit dompet. Anda perlu rutin menghilangkan noda dan debu yang menempel pada permukaan dompet.

Nah, untuk aktivitas membersihkan permukaan dompet ini Anda perlu bahan khusus. Tapi tenang, bahan ini tetap bisa ditemukan dengan mudah. Anda bisa membersihkan dompet cukup dengan bahan seperti cuka, baking soda, atau minyak zaitun.

Menggunakan Kain Microfiber

Kain microfiber yang ditambahkan cairan sabun bisa digunakan untuk membersihkan noda dan kotoran yang tampak pada dompet kulit Anda. Caranya dengan menggosokkan kain microfiber secara perlahan pada dompet. Gerakkan kain secara memutar dan lembut agar tidak merusak tekstur kulit.

Dalam prosesnya, akan ada sedikit busa yang dihasilkan dari sabun. Usahakan agar bagian luar kulit tidak menjadi terlalu basah. Setelahnya bersihkan dengan kain microfiber kering untuk menghilangkan sisa sabun.

Menggunakan Alkohol

Jika Anda mendapati dompet kulit Anda terkena noda makanan atau beberapa noda jenis lainnya, usahakan untuk segera membersihkannya. Supaya mencegah noda terlanjut mengering.

Anda bisa membersihkan noda makanan dengan cairan alkohol dan air pada bagian yang terdampak. Sesuai yang disebutkan sebelumnya, Anda bisa mengkombinasikan pembersihan dengan bahan lain. Misalnya dengan mencampur alkohol dengan baking soda.

Menggunakan Cuka & Minyak Zaitun

Dalam penggunaan yang cukup lama, permukaan dompet kulit akan mulai terasa kasar dan berkerut. Tentnunya Anda juga ingin tekstur dompet kulit ini tetap terasa lembut. Kelembutan deompet kulit bisa membuat tampilannya lebih elegan.

Untuk menjaga kelembutan permukaan dompet kulit, Anda bisa menggunakan campuran cuka dan dua sendok minyak zaitun. Hasil campurannya dioleskan ke permukaan dompet.

Lebih baik lagi kalau ternyata Anda punya kondisioner khusus untuk dompet kulit. Anda bisa mendapatkan bahan pelembut ini dengan harga mulai dari puluhan ribu saja di toko-toko online.

Gunakan beberapa tetes kondisioner yang dicampur dengan minyak zaitun. Usapkan campuran tersebut dengan kain microfiber pada permukaan dompet kulit Anda. 

Penutup

Untuk menjaga dompet kulit Anda tetap awet, ada beberapa bahan yang perlu disiapkan dalam kotak perkakas. Seperti baking soda, minyak zaitun, kondisioner, cuka, alkohol, dan tentu kain microfiber.

Kombinasi perawatan dengan bahan-bahan dan perkakas tersebut bisa membuat dompet kulit Anda jadi lebih awet dan tampil tetap seperti kondisi baru.

Posting Komentar untuk "Cara Merawat Dompet Kulit Biar Awet"