Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Bahan Kain Katun Jepang Untuk Fashion

 Mengenal Bahan Kain Katun Jepang Untuk Fashion


Katun merupakan salah satu bahan pakaian yang telah ada sejak zaman dulu. 

Khususnya kain katun Jepang, bahan katun ini umumnya terbuat dari kapas sehingga nyaman digunakan dan menyerap keringat karena terbuat dari 100 persen bahan organik tanpa ada bahan campuran sintetis lainnya.



Mengenal Bahan Kain Katun Jepang Untuk Fashion
Img Kaosyes.com


Secara garis besar, proses pembuatan katun Jepang sama seperti bahan katun sejenis, perbedaanya hanyalah terletak pada kapas yang digunakan. Kain katun Jepang menggunakan bahan kapas dengan kualitas lebih baik daripada katun biasa. Spesifikasi kapasnya pun harus terlihat bagus dan mengembang atau tidak menggumpal.


Kemudian kapas yang telah dikumpulkan tersebut diolah dengan metode spinning, yaitu serat kapas akan dipilah dan diubah menyerupai benang. Langkah selanjutnya soft winder, di tahap ini benang-benang tadi kemudian diolah dan dijadikan berbagai desain fashion. 


Di satu sisi, antara kain katun biasa, kain katun rayon dan kain katun Jepang dilihat oleh pandangan mata nyaris tidak ada perbedaan bahkan ketika disentuh sekalipun. 


Nah, supaya bisa membedakan Kain Katun Jepang dengan yang lainnya, berikut beberapa karakteristik Kain Katun Jepang Untuk Fashion yang diambil dari beberapa sumber. 


    # Memiliki permukaan yang halus

Karena dikelola menggunakan bahan serat alami, kain katun Jepang secara keseluruhan memiliki permukaan tekstur yang halus dan terasa nyaman ketika disentuh. Sesuai dengan kualitasnya, kain katun Jepang biasanya dihargai lebih mahal daripada kain katun biasa atau lokal. 


    # Tanda Watermark

Kualitas terbaik dengan bahan original biasanya ditandai dengan watermark bertuliskan “Japan Design” dan juga kode warna kain di sisi ujung kain. Sebab, setiap kain yang diproduksi memiliki karakteristik warna yang ditransformasi dengan kode. 


    # Warna yang lebih awet

Selain memiliki motif, kain katun Jepang dikenal awet termasuk warna-warnanya meskipun telah dicuci berkali-kali. 


    # Daya serap keringat yang baik 

Kain katun jepang biasanya diolah untuk pakaian yang cukup tebal seperti blouse dan jaket, hal ini dikarenakan bahan kain ini memiliki kemampuan daya serap keringat yang baik, sehingga tetap terasa nyaman dipakai saat beraktifitas sehari-hari.

 

# Kain yang versatile

Tidak seperti bahan tekstil pada umumnya yang hanya cocok dijadikan satu buah produk, kain katun Jepang bisa diolah untuk berbagai jenis fashion. Mulai dari Mukena, Baju wanita, hingga sprey karena memiliki kesan sensasi dingin, lembut dan nyaman. 


Itulah Bahan Kain Katun Jepang Untuk Fashion, meskipun dijual dengan harga yang di atas rata-rata, kain katun Jepang memiliki berbagai keunggulan yang tidak didapat di kain katun sejenis. Terlebih fungsinya versatile, yang cocok diolah untuk berbagai keperluan fashion yang menambah nilai tambah katun yang berasal dari negeri matahari itu. Lantas, tertarik mencobanya?





Posting Komentar untuk "Mengenal Bahan Kain Katun Jepang Untuk Fashion"