Perbedaan Kain batik asli dan batik print

Perbedaan kain batik asli dan kain batik print
 

Jenis kain  batik banyak di pakai untuk pembuatan pakaian seperti kemeja,atasan wanita seperti blouse,tunik dan bahkan untuk pakaian wanita seperti gamis pun banyak menggunakan dari jenis kain batik ini.Kain batik biasanya banyak di gunakan untuk jenis pakainan formal , Seperti untuk acara kondangan , Kantoran dan acara undangan resmi lainya, Jenis kain batik paling banyak di pakai oleh orang tua saja.

Perbedaan Kain batik asli dan batik print
Sumber gambar Wikipedia.org

Namun sekarang ini kain batik bukan hanya di gunakan untuk pakaian formal saja dan untuk orang tua saja. Akan tetapi sekarang ini generasi muda sudah mulai menggunakan bahan batik untuk di jadikan pakaian sebagai mode masa kini.Untuk menunjang penampilan biar terlihat menarik dan unik, Anak muda jaman sekarang banyak menggadrungi bahan kain batik ini.

Jenis kain batik sendiri banyak sekali macam jenis dan coraknya, Hampir di seluruh daerah kain batik banyak di produksi dengan corak khas daerah masing masing. Untuk daerah yang mungkin sudah terkenal dengan batiknya di salah satunya yaitu  kota yang berletak di provinsi jawa tengah yaitu kota Pekalongan, Sampai sampai sebutan kota ini  di juluki kota batik, Di karenakan di kota ini banyak sekali di produksi batik tulis .


Untuk mendapatkan kain batik di sekarang ini tidaklah sulit, Hampir di semua toko toko bahan pakaian ataupun toko toko pakaian banyak yang menjual kain batik ini. Namun akan tetapi seiring perkembangan jaman kain batik tidak hanya di produksi dengan cara tradisional atau dengan cara di tulis, Sekarang banyak kain batik print atau kain batik hasil dari mesin print yang mencetak corak batik sesuai dengan yang di inginkan.

Dari segi perbedaan antara kain batik tulis dan kain batik print di antaranya ialah :

     1.KAIN BATIK ASLI / TULIS 

Corak dari kain batik ini cenderung tidak sama atau coraknya tidak sama persis, Karena prosesnya tradisional yang menggunakan tangan untuk menggambar coraknya sehingga hasil dari kain batik tulis ini sedikit tidak rapi atau halus di tepian tiap coraknya.

Untuk bahan yang di gunakan untuk menulis kain batik ini adalah "Malam"

Sekilas tantang malam menurut Wikipedia 

"Malam (bahasa Inggriswax) adalah suatu zat padat yang diproduksi secara alami. Dalam istilah sehari-hari orang menamakannya "lilin". Lilin (kandil) sendiri memang dapat menggunakan malam sebagai bahan bakarnya.

Kebanyakan malam diperoleh dari ekskresi tumbuh-tumbuhan, berupa damar atau resin. Pada tumbuhan, malam adalah hasil metabolisme sekunder yang dikeluarkan oleh pembuluh resin. Sumber hewani untuk malam berasal dari sarang tawon dan lebah (sumber wikipedia.org)"

 Karena menggunakan malam, Kain batik ini cenderung nimbul saat di raba karena tidak menggunakan tinta print yang dapat menghasilkan cetakan  yang lebih halus.

2. KAIN BATIK PRINT

Corak kain batik print di hasilkan dari hasil mesin print,hasilnya lebih bagus dari segi warna lebih merata karena di cetak . Dari hasil produksi pun kain batik print ini bisa lebih cepat di banding dengan kain batik tradisional yang menggunakan manual tulisan tangan dan jenis kain batik print ini sendiri jika di raba akan terasa lebih halus.


Perbedaan dari keduanya memiliki khas nya masing masing, Dari kain batik tulis yang menggunakan malam untuk menggambar dan dengan cara tradisional menulis dengan tangan, Dari segi seni kain batik tulis mempunyai nilai seni tinggi .Unik  dan yang tentunya tidak semua orang bisa untuk mengerjakanya, Karena harus mempunyai ke ahlian khusus untuk membuatnya. Untuk harga kain batik tulis sedikit lebih mahal dengan kwalitas yang lebih bagus.

Sedangkan corak  kain batik print yang di dapat dari hasil cetak mesin print karena prosesnya yang menggunakan mesin dan tidak butuh waktu lama , Maka dari segi harga kain batik print akan lebih murah di banding dengan kain batik tulis.

 Itulah sedikit tentang pengetahuan perbedaan kain batik tulis dan kain batik print menurut mooteara.com ,terima kasih.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Kain batik asli dan batik print"

Untuk artikel lainya bisa kunjungi di Google News