Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

perbedaan bahan polyester dan bahan nylon kelebihan serta kekurangannya

Perbedaan bahan polyester dan bahan nylon kelebihan serta kekurangannya

Perbedaan bahan polyester dan bahan polyester - bahan nylon  sering di jadikan sebagai bahan pakaian pria maupun wanita seperti di buat untuk pakaian kemeja pada pria dan dress pada wanita.

Ada juga bahan polyester sering di jumpai dijadikan sebagai bahan sprei, penutup ranjang tidur atau tirai gorden ataupun aksesoris lain seperti dasi.

Bahan polyester ialah istilah umum untuk kain atau tekstil yang dibuat dengan menggunakan benang atau serat polyester. Serat atau kain polyester dibuat dari senyawa kimia, ethylene glycol, dan asam tereftalat, yang dikombinasikan dengan polyethylene terephathalate (PET) yang berasal dari minyak bumi (petroleum).

Bahan polyester dan bahan  nylon dari sekilas tampak hampir sama, sebenarnya bahan polyester dan bahan nylon itu mempunyai perbedaan di antaranya

Perbedaan bahan polyester dan bahan nylon

1. Bahan Polyester 

perbedaan bahan polyester dan bahan nylon kelebihan serta kekurangannya
Source : shopee.co.id


Polyester atau PE  menurut wikipedia ialah : suatu kategori polimer yang mengandung gugus fungsional ester dalam rantai utamanya. Meski terdapat banyak sekali poliester, istilah "poliester" merupakan sebagai sebuah bahan yang spesifik lebih sering merujuk pada polietilena tereftalat (PET). Poliester termasuk zat kimia yang alami, seperti yang kutin dari kulit ari tumbuhan, maupun zat kimia sintetis seperti polikarbonat dan polibutirat.

Kelebihan Bahan Polyester

Bahan polyester memiliki karakteristik tidak mudah kusut, sehingga bahan polyester sering dijadikan sebagai bahan pakaian seperti kemeja atau hijab pasmina untuk wanita muslim. Walau mudah terbakar di suhu tinggi, bahan polyester cenderung berkerut menjauhi api dan memadamkan diri sendiri saat diuji coba dibakar.

perbedaan bahan polyester dan bahan nylon kelebihan serta kekurangannya
Source shopee.co.id


Bahan polyester ini tahan lama di banding dengan bahan lain. kain ini lebih awet saat di buat untuk pakaian.

Polyester bersifat hidrofobik dan cepat kering. Meskipun terkena air atau hujan sekali pun, pakaian berbahan polyester akan mudah dikeringkan.

Bahan polyester ini sangat cocok di gunakan pada pakaian musim dingin karena dapat menyimpan hawa panas dari tubuh dan bahan polyester memiliki serat yang kuat.

Kekurangan Bahan Polyester 

Bahan polyester mempunyai daya serap yang rendah terhadap air

bahan polyester tidak cocok di gunakan pakaian musim panas, jika kamu memakainya kamu akan terasa gerah dengan bahan polyester ini.

Bahan polyester mudah terbakar, sehingga jika kamu menyetrika pakaian jenis bahan polyester gunakan panas yang sedang saja dan jangan terlalu panas.

Tidak memiliki tekstur yang lembut, sehingga bahan polyester ini akan mudah iritasi saat di pakai dalam jangka lama.

2. Bahan nylon 

perbedaan bahan polyester dan bahan nylon kelebihan serta kekurangannya
Source : shopee.co.id


Bahan nylon murni terbuat dari bahan sintetis, material pembuatan bahan nylon ini hampir mirip dengan bahan polyester, banyak yang beranggapan bahan nylon itu sama dengan bahan polyester, namun secara fisik bahan nylon ini lebih mengkilap di banding dengan bahan polyester.

Bahan nylon lebih banyak dijadikan sebagai tas , yang beda halnya dengan bahan polyester yang sering kita jumpai di setiap pakaian. Berikut kelebihan dan kekurangan bahan polyester dan bahan nylon yang di ambil dari berbagai sumber.

Kelebihan Bahan Nylon 

Kelebihan bahan nylon ialah tahan lama, karena bahan nylon yang awet maka tak heran banyak produsen membuat tas dari bahan nylon ini.

Bahan nylon ini tergolong ringan, jika di jadikan sebuah tas , bahan nylon yang ringan namun kuat.

perbedaan bahan polyester dan bahan nylon kelebihan serta kekurangannya
Source lazada.co.id


Elastis, bahan nylon ini memiliki sifat elastis sehingga para pengrajin tas tidak kesulitan dalam membuat tas karena bahannya elastis dan mudah di bentuk.

Mudah kering, Rendah terhadap daya serap air sehingga jika dijadikan tas saat terkena air tidak membutuhkan waktu lama untuk mengeringkannya, cukup di angin angin kan atau di jemur dengan matahari yang kurang sekalipun.

Perawatan bahan nylon sangat mudah di cuci, sehingga saat membersihkan bahan nylon ini cukup dengan membersihkan bagian noda kotor yang melekat cukup dengan mengelap dengan kain yang sedikit basah atau dengan menyikat dengan sikat yang berbahan halus.

Kekurangan Bahan Nylon

Tidak tahan terhadap panas yang berlebih, jangan menjemur bahan nylon ini di tempat atau terkena matahari langsung, agar mengindari memudarnya warna pada bahan nylon.

Bahan nylon ini memiliki kekurangan yang di antaranya ialah mudah terbakar, karena sifat dari bahan nylon ini terbuat dari serat sintetis.

Mempunyai sirkulasi udara yang buruk, sehingga jarang di temui pakaian dari bahan nylon ini di pasaran, hanya pada produk tas saja yang kita jumpai di pasaran karena bahan ini cocok untuk di buat tas.

walaupun bahan ini mudah kering saat terkena air, namun bahan nylon ini tidak tahan terhadap air.

Itulah beberapa perbedaan bahan polyester dan bahan nylon , mudah mudahan bisa di jadikan pedoman saat memilih bahan kain yang cocok.

Jika kamu ingin membuat pakaian maka pilihlah bahan polyester dan jika kamu ingin membuat tas maka gunakanlah bahan nylon yang ringan namun kuat.

Posting Komentar untuk "perbedaan bahan polyester dan bahan nylon kelebihan serta kekurangannya"

Untuk artikel lainya bisa kunjungi di Google News
)