Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

jenis kain linen kegunaan dan cara setrika bahan linen

jenis kain linen kegunaan dan cara setrika bahan linen

Pengertian linen

Linen, kain ringan dan lapang yang populer di musim panas, terbuat dari serat tanaman rami. Dapat digunakan dalam berbagai cara, muncul di meja ruang makan dan di lemari pakaian. 


Kualitas linen tergantung pada proses retting, yang menentukan kehalusan serat dan kualitas kain yang dihasilkan.

jenis kain linen kegunaan dan cara setrika bahan linen
Gambar kain linen blibli.com

Pintal Kasar

Linen yang dipintal kasar terbuat dari serat yang lebih tebal dan memiliki tekstur yang lebih kasar. Jenis linen ini secara tradisional digunakan untuk pakaian kerja, seperti celemek tukang daging dan perlengkapan kerja lainnya. Lebih berat dari linen yang secara tradisional digunakan untuk pakaian, varietas pintal kasar sangat tahan lama dan dapat menahan banyak keausan. Jenis linen ini, karena beratnya, juga secara tradisional digunakan untuk sulaman atau renda.

Untuk Pakaian

Penggunaan linen sudah ada sejak 5.000 SM, ketika orang Mesir menenun linen menjadi kain untuk digunakan sebagai pakaian. Gaun, mantel, dan jubah untuk wanita dan pria terbuat dari linen.

Hari ini, linen digunakan untuk membuat berbagai pakaian lainnya, termasuk kemeja, celana, dan jas. Dihargai karena kemampuan bernapasnya yang ringan, yang membuat kain ini sangat cocok untuk cuaca hangat dan kondisi lembap.

Campuran Linen

Linen dapat dicampur dengan serat lain untuk membuat kain yang lebih kuat; bila dicampur dengan wol, itu disebut wincey. Penambahan wol meningkatkan kemampuan isolasi linen, menjadikannya kain yang dapat diterima untuk suhu yang lebih dingin.

Karena kekuatan wol dan linen, wincey menjadi pilihan populer para pekerja sekitar pergantian abad ke-20, memberikan kehangatan dan daya tahan. Saat ini, campuran katun-linen telah menjadi pilihan yang disukai, terutama untuk pakaian musim panas. Kapas lebih ringan dari wol dan membantu linen mempertahankan bentuknya dengan lebih baik, menambah sedikit kilau pada produk jadi.

Kelemahan Potensial

Ketebalan linen tergantung pada penggunaan akhirnya. Linen yang digunakan untuk gaun, celana, dan pakaian lainnya secara tradisional jauh lebih halus dan tipis daripada linen untuk barang-barang rumah tangga.

Salah satu kelemahan utama linen adalah betapa mudahnya kusut. Linen perlu disetrika setelah digunakan untuk menjaga penampilannya. Karena sifat halus linen, menyetrika bisa menjadi tantangan; perawatan yang tepat membutuhkan penguapan alih-alih pengepresan yang berat.

Kegunaan bahan kain linen

Linen adalah kain yang elegan dan tahan lama. Linen adalah serat yang diambil dari tanaman rami. Selain kuat, bahannya juga halus. Linen memang mudah kusut, namun kerutannya mudah lepas jika Anda menyetrikanya. Fakta bahwa linen tidak berbulu dan memiliki kilau halus membuatnya populer untuk digunakan dalam pakaian dan peralatan rumah tangga. Disarankan untuk pakaian di iklim hangat.

Taplak meja

Penggunaan linen yang populer adalah taplak meja. Linen digunakan oleh banyak orang karena lebih tahan lama dibandingkan kapas. Selain itu, tidak seperti kebanyakan kain lainnya, kain ini justru menjadi lebih awet saat basah. Karena sering ada tumpahan cairan di meja makan, kecil kemungkinannya untuk rusak.

Serbet

Serbet sering dibuat dari linen karena alasan yang sama seperti taplak meja. Mereka berkontribusi dengan baik ke meja formal dan tidak akan rusak oleh tumpahan atau basah, yang penting karena sering digunakan untuk membersihkan cairan yang tumpah di meja. Selain itu, mereka tidak menggumpal sebanyak kain lainnya.

Pakaian

Linen sering digunakan dalam pakaian, terutama di iklim hangat. Ini cenderung menjadi kain pendingin dalam cuaca panas. Karena ditenun dan ringan, memungkinkan udara melewatinya, yang memberikan efek pendinginan pada kain.

Linen sering terlihat pada kemeja, celana, dan gaun. Karena mudah kusut, Anda harus menyetrikanya lebih sering. Namun, jika Anda berkeringat di dalamnya, itu tidak akan rusak.

Dekorasi / hiasan

Gunakan linen untuk menggunakan kembali dan mendekorasi rumah Anda. Ini adalah ide yang sangat bagus jika Anda memiliki linen lama yang ingin Anda gunakan.

Salah satu cara untuk mendaur ulangnya adalah dengan memotongnya dan menggunakannya sebagai tatakan minuman. Ide lainnya adalah menggunakan sarung bantal lama dan mengubahnya menjadi taplak meja. Ide-ide ini ramah anggaran dan ramah lingkungan.

Cara setrika bahan kain linen

Linen adalah kain yang lembut, tahan lama, dan mudah kusut yang dibuat dari serat rami. Saat suhu naik, orang-orang dari segala usia dan ukuran mengenakan pakaian linen yang modis, bernapas, dan sejuk.

Saat pakaian linen Anda perlu disetrika, Anda dapat dengan mudah menekan serat halus berbahan dasar sayuran di rumah.

Apakah Anda sedang mempersiapkan pernikahan musim panas atau pertemuan bisnis santai, Anda dapat tampil terbaik dalam pakaian linen yang rapi dan rapi.

Langkah 1

Isi setrika dengan air. Tempatkan setrika pada pengaturan terpanas untuk menyetrika kain linen.

Langkah 2

Balikkan item dari dalam ke luar. Untuk mencegah kilau dan pemudaran kain berwarna gelap, setrika pakaian Anda di sisi sebaliknya.

Langkah 3

Tempatkan pakaian linen di atas papan setrika yang empuk. Semprotkan permukaan pakaian Anda dengan air dari botol semprot. Jika pakaian Anda lembap, setrika akan menekan serat dengan cepat dan menghilangkan kerutan membandel dengan lebih cepat. Selain itu, menyetrika pakaian linen yang lembap akan mencegah setrika membakar atau menguningkan kain.

Langkah 4

Setrika bagian pakaian yang paling tebal. Misalnya, jika Anda menyetrika baju, tekan bagian kerah, saku, dan lengan baju terlebih dahulu.

Langkah 5

Gerakkan setrika dengan kuat dan mantap di seluruh bagian pakaian yang tersisa. Ikuti garis dan jahitan garmen untuk menekan pakaian dengan halus dan lurus. Setrika di sekitar tombol apa pun; jangan menyetrikanya atau akan pecah. Keluarkan semburan uap dari setrika untuk menghilangkan kerutan di lengan baju atau di kaki celana linen Anda.

Langkah 6

Biarkan pakaian beristirahat dan dinginkan di papan setrika selama lima menit untuk mengatur pers; kain yang baru disetrika cepat kusut. Gantung pakaian linen Anda di gantungan empuk agar tetap halus dan bebas kerut.

Itulah artikel jenis kain linen kegunaan dan cara setrika bahan linen

Posting Komentar untuk "jenis kain linen kegunaan dan cara setrika bahan linen"

Untuk artikel lainya bisa kunjungi di Google News
)