Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis kain spandek yang di gunakan untuk pakaian


 Bermacan jenis bahan kain spandek yang di gunakan untuk pakaian

 

Bahan spandek merupakan sejenis bahan
kain yang biasa dibuat dari polimer sintetis
seperti bahan nilon atau bahan jenis polyester. Bahan kain spandek ini juga dikenal dengan nama lain elastane dan bahan spandek ini memiliki sifat elastis dan memiliki kemampuan merenggang sangat tinggi.

Jenis kain spandek yang di gunakan untuk pakaian

Sumber foto dari @saefu_kawzuki "bahan kain spandek yang di gunakan untuk keperluan pakaian dan fashion"

Bahan spandek ini biasanya di pakai sebagai bahan pakaian olahraga dan sebagai bahan pakaian pelengkap kebutuhan fashion seperti kaos kaki,deker dan kaos . Kain bahan spandek awalnya ditemukan pertama kali pada tahun 1947 oleh perusahaan DuPont dan diperkenalkan dengan sebutan "fiber K".
Serat temuan Du Pont tersebut kemudian
terus berkembang sebagai bahan pengganti karet yang diberi nama lain bahan "lycra".

Sebagai pengganti bahan karet, bahan spandek ini lebih baik kwalitasnya , kuat dan juga ringan serta lebih fleksibel. Walaupun pada dasarnya serat spandek ini tidak dapat berdiri sendiri menjadi sebuah bahan kain, akan tetapi harus dikombinasikan dengan serat lain seperti katun rayon maupun jenis serat lainnya. kain spandek ini di bagi menjadi beberapa jenis yaitu :

Jenis-Jenis Kain Spandek

1. Spandek Rayon
Spandek rayon adalah jenis bahan kain yang didapat dari campuran serat spandek dan rayon. Campuran antara spandek dan rayon menghasilkan jenis bahan kain yang lebih lembut, adem dipakai, menyerap keringat dan lebih fleksibel di badan serta nyaman saat di gunakan.

2. Spandek Katun
Spandek katun ialah bahan kain yang dibuat dari campuran serat spandek dan dari benang katun atau kapas dengan polyurethane. Kombinasi antara bahan kain serat spandek dan beneng katun ini akan menghasilkan bahan kain yang lebih elastis, kuat dan tahan lama dibanding kain katun.

3. Spandek Rayon Super
Spandek rayon super ialah jenis bahan kain yang diperoleh dari campuran benang rayon dengan campuran spandek Teksturnya seperti permukaan kain katun, tapi cenderung lebih halus dan mempunyai kemampuan merenggang yang baik serta elastis.

4. Spandek Semi Rayon
Spandek semi rayon memiliki sifat yang mirip dengan spandek rayon yaitu sama-sama memiliki sifat halus, lembut, dingin,nyaman dan bersifat menyerap keringat. Perbedanya hanya pada jumlah campuran spandeknya yang lebih banyak.

5. Spandek Korea
Spandek korea atauvITY (interlocked
twisted yarn) keseluruhan bahan terlihat sangat mirip dengan bahan jersey, meski dari segi beratnya spandek korea ini terbilang lebih berat dari pada spandek rayon atupun bahan spandek jersey.

6. Spandek Jersey
Benang spandek yang memiliki tingkat elastis atau lentur yang bagus, Serat rayon yang memiliki sifat menyerap panas, serta benang dari serat bambu yang ringan, membuat kain spandek rayon jersey sangat baik untuk dikenakan sebagai bahan baju harian ataupun baju olah raga.

7. Kain Spandek Balon
Jenis kain spandek balon adalah bahan kain dengan bahan spandek yang mempunyai sifat stretch dan dapat di printing atau di sublim. Kain jenis ini biasanya digunakan sebagai bahan pembuatan baselayer maupun innersuit untuk pakaian olahraga maupun jersey.

8. Spandek PE
Spandek PE dapat didefinisikan sebagai sebuah bahan kain yang dibuat dari bahan dasar PE (Polyester). Bentuknya sekilas tampak seperti bahan kaos tetapi lebih tipis.

9. Spandek Denim
Spandek denim atau denim spandek adalah sejenis bahan kain yang terbuat dari bahan denim dengan spandek hingga akhirnya menghasilkan sebuah bahan yang terlihat seperti denim tapi tetap bersifat elastis seperti jenis kain spandek.

10. Kain Hyget Spandex
Jenis kain hyget spandek termasuk dalam jenis kain jersey printing yang secara umum memiliki sifat sedikit elastis, daya serapnya lebih kecil dibanding dengan jenis bahan kain drifit , namun dalam proses pencuciannya lebih mudah atau tidak perlu perawatan khusus.

11. Spandek Sutra
Spandek sutra adalah bahan kain yang dibuat dengan menggunakan benang utama yaitu polyester dan dari serat spandek. Campuran kedua bahan ini mampu menghasilkan jenis kain yang dapat meregang dengan lebih baik, sangat lentur, mengkilap, ringan dan mudah melepas panas.

Nah itu adalah rangkuman penjelasan dari bahan kain spandek yang di gunakan untuk keperluan pakaian dan fashion.





 

 

 

 

Posting Komentar untuk "Jenis kain spandek yang di gunakan untuk pakaian"