Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Pakaian yang Sebaiknya tidak Menggunakan Mesin Cuci

 Jenis Pakaian yang Sebaiknya tidak Menggunakan Mesin Cuci


Mesin cuci memudahkan penggunanya untuk mencuci pakaian secara praktis dan meringkas waktu tanpa perlu mengucek dan membilas pakaian. Meski begitu tidak semua jenis pakaian cocok untuk mesin cuci.


Jenis Pakaian yang Sebaiknya tidak Menggunakan Mesin Cuci
Img liputan6.com

Pasalnya, jika tetap kekeh mencucinya maka pakaian-pakaian tersebut bisa rusak karena melar atau robek. Untuk mengetahui apakah pakaian bisa dicuci dengan mesin cuci atau tidak, coba lihat pada label perawatan, jika ada tanda tanda ember atau tangan yang sedang mengucek, maka lebih baik cuci manual alih-alih dikerjakan oleh mesin cuci.


Secara umum, berikut deretan Jenis Pakaian yang Sebaiknya tidak Menggunakan Mesin Cuci, dikutip dari Kompas.

    # Kasmir dan Wol
Memasukan pakaian yang berasal dari kasmir dan wol malah akan meringkas usia pakai pakaian tersebut karena mengalami penyusutan, sehingga lebih cocok dibersihkan menggunakan tangan kosong.


Cara mencucinya juga relatif gampang. Siapkan ember, air dan deterjen kemudian rendam pakaian tersebut dan kucek secara lembut sebentar saja, tunggu setengah jam lalu jemur. 


    # Bra

Pengait bra tidak hanya berisiko tersangkut dan merobek pakaian lain, tapi juga dapat meregang dan kehilangan bentuk kakunya saat berputar di mesin cuci. Cucilah bra secara manual dengan sabun deterjen, kemudian keringkan memanjang secara vertikal/horizontal dengan kuncupnya yang menghadap ke atas. 


    # Sutra

Pakaian jenis sutra biasanya disematkan label dengan tanda "Dry Clean Only" atau dicuci dengan cara dry cleaning. Cukupkanlah sedikit air dan deterjen kemudian rendam dan dikeringkan dengan tanpa terkena matahari langsung karena dapat menyebabkan warna memudar.


    # Pakaian Berstruktur
Sebaiknya pakaian jenis berstruktur favorit kamu dijauhkan dari mesin cuci. Pakaian-pakaian berstruktur yang dimaksud yaitu jaket, jas dengan bantalan bahu karena bisa rusak di mesin cuci.


    # Pakaian manik-manik
Pengolahan pakaian yang cukup rumit ini sebaiknya dicuci manual atau dibawa ke binatu dan dikerjakan oleh profesional. Jika dipaksakan, pakaian ini bisa merusak pakaian lainnya atau manik-maniknya lepas dan rusak.


# Pakaian berbahan kulit

Satu lagi pakaian yang sebaiknya tidak Menggunakan mesin cuci, yaitu berbahan kulit. Risiko yang bakal dialami adalah bahan yang menyusut sehingga tidak nyaman lagi digunakan.

Jika terdapat debu atau noda, bersihkanlah menggunakan tisu basah secara pelan dan perlahan atau bawalah di tempat profesional yang terbiasa mencuci pakaian bahan kulit.

Itulah Jenis Pakaian yang Sebaiknya tidak Menggunakan Mesin Cuci, pakaian-pakaian tersebut bisa dicuci manual dengan lembut atau dibawa ke jasa cuci profesional. Daripada rusak, lebih baik merawatnya dengan baik bukan?



Posting Komentar untuk "Jenis Pakaian yang Sebaiknya tidak Menggunakan Mesin Cuci"