pengenalan bahan scuba sampai kelebihan dan kekurangan serta pemanfaatannya

mooteara.com || Pada saat musim  pandemi tahun lalu mungkin banyak yang kerap mendengar tentang bahan scuba yang dijadikan sebagai masker.

Bahan kain scuba sempat di jadikan sebuah masker pada waktu itu sempat melambung masker bahan scuba ini, namun pernah ada larangan dari dinas kesehatan bersangkutan bahwa kain scuba untuk masker kurang baik.

pengenalan bahan scuba sampai kelebihan dan kekurangan serta pemanfaatannya
Gambar bahan kain scuba source shopee

Sebenarnya kain bahan scuba seperti apa sih?. Bahan scuba merupakan bahan kain yang memiliki tingkat elastis seperti bahan spandek.

Bahan scuba dalam proses pembuatan menggunakan mesin rajut datar dengan tehnologi canggih merajut lebih dari satu lembar rajutan kain.

Tehnologi mesin yang bisa merajut doubel  pada benang polyester untuk di jadikan kain scuba.

Ciri Pada Bahan Kain Scuba

1. Bahan Elastis 

Dalam perenggangan bahan scuba bisa mencapai di sekitar 40 persen, makan jangan heran kalau bahan scuba dijadikan pakaian olah raga , seperti baju renang ataupun scuba diving.

2. Bahan Scuba Tebal

Bahan scuba dari proses pembuatan yang menggunakan tehnik merajut menumpuk dua benang yang menjadikan bahan ini cukup tebal dalam sebuah kostum olahraga air pada umumnya.

pengenalan bahan scuba sampai kelebihan dan kekurangan serta pemanfaatannya
Gambar bahan bahan scuba source ali express

3. Bahan Scuba Halus

Pada biasanya yang kita tahu tentang bahan scuba itu di manfaatkan pada pakaian olahraga karena bahan ini cukup halus untuk sebuah pakaian renang ataupun celana renang misalnya, karena bahan ini dibuat elastis yang membuat mudah dalam pergerakan.

Kelebihan dan kekurangan bahan kain scuba

Kelebihan bahan scuba

1. Bahan Kuat

Bahan scuba kuat karena dia doubel dalam perajutan, berbeda dengan kain lain yang hanya memiliki satu rajutan.

2. Bahan Scuba Halus

Bahan scuba banyak digunakan sebagai celana olah raga seperti renang, karena bahan ini halus dan padat dalam perajutan yang membuatnya leluasa bergerak.

3. Bahan Scuba Stretch

Bahan scuba mempunyai sifat elastis seperti pada bahan spandek, maka dari itu bahan scuba juga di pakai pada baju selam.

4. Bahan Scuba Tebal

Karena dalam proses perajutan dengan teknik ganda yang menjadikan bahan ini tebal.

5. Cepat Kering

Bahan scuba terbuat dari bahan polyester yang terkenal dengan bahan kain yang mudah kering saat terkena air pada penjemuran.

Dari 5 kelebihan di atas bahan skuba juga terdapat kelemahannya, berikut beberapa rangkuman kekurangan bahan scuba.

kekurangan Bahan kain Scuba

1. Tidak Bisa Setrika

Bahan yang terbuat dari polyester memang mudah kering, tapi ia jika terkena panas setrika ia akan mudah mudah rapuh, sebaiknya hindari panas setrika berlebih.

2. Tidak Tahan Panas

Dalam penjemuran pakaian bahan scuba jangan di bawah matahari langsung, ini akan menyebabkan bahan mudah renyah dan cepat rusak.

Scuba kain banyak di buru oleh para penjahit untuk dijadikan sebuah pakaian, mereka menggunakan bahan scuba import ataupun menggunakan kain scuba premium.

Pada kain scuba tidak hanya terdapat satu warna, ia memiliki banyak pilihan warna dan ada juga kain scuba motif di pakai pada sebuah pakaian tertentu atau di buat baju selam agar terlihat unik.

Pemanfaatan Bahan Scuba

Pada awalnya bahan scuba hanya di manfaatkan pada baju olahraga seperti ranang ataupun menyelam, namun sekarang seiring perkembangan jaman bahan scuba dapat di pakai selain dari pada itu.

bahan scuba bisa dimanfaatkan pada sebuah celana, contohnya : celana kulot bahan scuba di banyak di cari karena mempunyai sifat elastis dan menyerap keringat.

pengenalan bahan scuba sampai kelebihan dan kekurangan serta pemanfaatannya
Gambar kulot bahan scuba source lazada

Kulot scuba ini selain dari pada menyerap keringat juga memiliki ketebalan yang pas untuk dijadikan celana. Kulot scuba premium merupakan celana bahan scuba yang banyak di pakai karena mempunyai kualitas yang bagus. Untuk harga celana kulot bahan scuba ini di marketplace bisa bervariasi, namun tidak terlalu beda jauh.

Pada celana scuba premium biasanya lebih kuat dan lebih tebal serta dengan rajutan yang lebih baik


pengenalan bahan scuba sampai kelebihan dan kekurangan serta pemanfaatannya
Gambar rok bahan scuba source shopee

Tak hanya dibikin celana kulot, bahan scuba juga bisa dijadikan rok, yang biasanya rok bahan scuba ini banyak diminati, karena mempunyai elastis serta ketebalan yang cukup membuat nyaman saat dijadikan rok scuba.

Rok scuba pendek ataupun rok scuba panjang  kain scuba ini pas dibuat pakaian bawahan wanita ini.

Rok span yang biasanya press pada lekuk tubuh dengan bahan scuba ini sesiapa yang menggunakan rok span scuba tidak takut tersandung saat berjalan, karena cukup nyaman elastis untuk scuba ini.

Selain dari celana kulot scuba atau rok bahan scuba bahan kain ini juga dijadikan pakaian atasan seperti dress, dress scuba bisa akan nyaman karena bisa di sesuaikan dengan leluk tubuh. Tidak takut pergerakan berlebih, bahan scuba bisa elastis di pakainya.


pengenalan bahan scuba sampai kelebihan dan kekurangan serta pemanfaatannya
Gambar dress bahan scuba source shopee

Pada penggunaan atasan dress juga para produsen pakaian atau penjual pakaian menggunakan dress scuba import dengan harga dan kualitas yang berbeda dari dress scuba premium. Semua tergantung kebutuhan mau dress scuba import ataupun dress scuba premium.

Pada era 80 an bahan scuba banyak dijadikan sebagai celana cutbray scuba, berarti bahan scuba sejak dulu sudah banyak di kenal di kalangan masarakat, celana cutbray scuba banyak di pilih karena memiliki kualitas yang baik.

Saat jaman tersebut orang wanita biasanya menggunakan outfit dengan celana scuba putih di padukan dengan dress scuba senada pada saat acara tertentu, itu trend pada zaman tersebut.

Untuk harga kain scuba setelah saya cek di marketplace seperti shopee harga kain scuba sekitar Rp. 26,750 / setengah meter berarti harga kain scuba permeter Rp. 53,500 pada saat artikel ini dibuat.

Demikian artikel "Pengenalan bahan scuba sampai kelebihan dan kekurangan serta pemanfaatannya" semoga jadi manfaat. Terima kasih


Posting Komentar untuk "pengenalan bahan scuba sampai kelebihan dan kekurangan serta pemanfaatannya"