Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

apa itu kain kanvas dan jenis kain kanvas

Apa itu kain kanvas dan jenis kain kanvas


Apa itu kain kanvas? Kanvas adalah kain yang sangat tahan lama dengan banyak manfaat. Kain kanvas itu sendiri berasal dari abad ketiga belas dan tetap menjadi bagian integral dari dunia mode dan seni.

apa itu kain kanvas dan jenis kain kanvas
Gambar kain kanvas source tokopedia.com

Sejarah kain kanvas singkat

Kanvas adalah kain tenun polos yang dikenal dan digunakan karena kekokohannya. Asal kata kanvas sebenarnya berasal dari kata Latin dan Yunani untuk bahan sejenis rami. Masarakat Prancis abad ketiga belas "canevas" dan "canevaz" adalah turunan dari bahasa Latin yaitu "cannapaceus".

Kualitas kain kanvas

Kanvas awalnya terbuat dari rami tetapi sekarang sebagian besar kain kanvas banyak terbuat dari kapas atau katun. Ada dua jenis kanvas, kanvas duck dan kanvas polos.

Kanvas duck ditenun lebih rapat dari kanvas biasa. Kanvas dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan beratnya, diukur dalam ons per yard persegi.

Kanvas dan Kerajinan atau dalam seni

Kanvas mulai digunakan untuk lukisan cat minyak pada awal abad ke lima belas di Jerman, abad ke enam belas di Italia, dan abad ke tujuh belas di seluruh Eropa. Kanvas saat ini terbuat dari linen dan direntangkan di atas bingkai kayu dan dipoles sebelum dicat. Primer mencegah kanvas memburuk. Kanvas katun menjadi populer belakangan, tetapi linen masih menjadi kanvas pilihan di kalangan seniman profesional.

Kanvas sebagai layar kapal

Kanvas tahan air dibentangkan di atas badan kano kayu untuk membuat perahu yang lebih tahan lama. Metode konstruksi ini menjadi populer pada akhir abad ke sembilan belas. Maine adalah negara bagian pertama yang memproduksi kanvas untuk layar kapal kano dan kayu secara komersial.

Penggunaan kain kanvas lainnya

Selain membantu seniman dan pelaut, kain kanvas digunakan di hampir setiap bidang kehidupan. Kanvas digunakan untuk membuat tenda, ransel, layar, sepatu, dompet, trampolin, dan bahkan tanda. Kanvas juga merupakan bagian utama dari kerajinan tangan, sering digunakan dalam scrapbooking, sulaman, dan decoupage.

Kata "kanvas" berarti semua jenis kain tenun sederhana yang tahan lama yang terbuat dari serat alami.

Kanvas modern biasanya terbuat dari linen atau katun. Ini hanya ditenun, berbeda dengan tenunan kepar seperti denim.

Kanvas dasar

Tenunan sederhana berarti setiap senar berada di bawah, lalu di atas senar tegak lurus berikutnya itu adalah tenunan yang paling sederhana dan seketat mungkin. Tenunan sederhana tidak hanya membuat kanvas murah dan mudah dibuat, tetapi juga cepat kering, yang penting untuk kain yang sering digunakan dan disimpan di luar ruangan. Juga mudah untuk meminyaki (untuk membuatnya tahan air sementara), dan mudah untuk menghilangkan minyak saat tidak digunakan lagi.

Perbandingan kanvas, katun dan linen

Linen terbuat dari serat tanaman rami, dan mempertahankan minyak alami tanaman rami setelah bertahun-tahun dicuci atau bertahun-tahun ditutup dengan cat. Linen lebih sulit untuk dikerjakan daripada katun - lebih sulit untuk ukuran pakaian, dan lebih sulit untuk direntangkan di atas bingkai - tetapi produk jadi bertahan lebih lama. Kapas cenderung mengering selama bertahun-tahun dan menjadi kaku atau tipis, tergantung pada lingkungannya.

Linen juga bisa diolah menjadi benang yang lebih beragam dari pada kapas. Ini berarti ada lebih banyak pilihan kanvas linen — dalam hal kehalusan dan kekasaran — daripada kanvas katun. Keuntungan besar katun dibandingkan linen adalah katun jauh lebih murah.

Kanvas duck

Kanvas duck adalah kelas terberat dari kanvas kapas atau katun. Namanya berasal dari kata Belanda untuk kanvas: doek. Ini biasanya dibuat dengan serat dua kali lebih banyak ke satu arah daripada ke arah lainnya. Itu dinilai dengan angka yang berjalan dari 1 sampai 12 angka yang lebih tinggi adalah untuk nilai yang lebih ringan (ons per yard persegi). Nilai ditentukan oleh jumlah ons dalam tambalan berukuran 36 kali 22 inci. Grade 1 (18 ons) adalah grade terberat, dan digunakan untuk dipan dan tempat tidur gantung. Grade 5 (14 ons) digunakan untuk pakaian kerja berat, dan Grade 12 (7 ons) digunakan untuk pakaian ringan seperti windbreaker.

Peran kanvas dalam seni

Sebelum melukis di atas kanvas menjadi populer, seniman melukis di atas kayu. Contoh lukisan kanvas paling awal ditemukan pada abad ke-14, namun baru benar-benar menjadi populer pada abad ke-15. Kanvas biasanya dibentangkan di atas bingkai kayu dan dilapisi dengan glesso, campuran kapur dan gipsum.

Lapisan digunakan untuk mencegah cat sampai ke kanvas, yang mengurangi umur kanvas. Beberapa pelukis modern—terutama Jackson Pollock—Telah bereksperimen melukis langsung di atas kanvas tanpa gesso.

1 komentar untuk "apa itu kain kanvas dan jenis kain kanvas"

Untuk artikel lainya bisa kunjungi di Google News
)