bahan kain sifon dan satin apakah sama

Bahan kain sifon (chiffon) dan satin apakah sama ?


Mooteara.com || bahan kain sifon dan satin apakah sama ? Apakah ada yang masih bingung untuk membedakan Bahan kain sifon (chiffon) dan satin ? bagi yang bekerja di garmen, tukang jahit, penjual kain atau yang kesehariannya berhubungan dengan bahan texstil mungkin tidak kesulitan membedakannya, namun bagi yang baru mengenal jenis kain ini atau bagi para remaja yang sedang mencari hijab dengan bahan sifon (chiffon) atau satin wajib baca artikel ini.

bahan kain sifon dan satin apakah sama
Bahan sifon source lazada.com


Bahan kain sifon (chiffon) dan satin mempunyai karakteristik yang hampir sama, yaitu mempunyai sifat lembut dan halus, untuk membedakannya sebagai berikut.

Membedakan bahan sifon (chiffon) dan satin

Bahan sifon (chiffon)

bahan kain sifon dan satin apakah sama
Bahan sifon Source shopee indonesia


Bahan kain sifon (chiffon) dibuat dari serat benang yang tipis kemudian ditenun polos dan tanpa motif pada tenunannya, serta ditenun renggang.

Pengolahan kain sifon dilakukan dengan cara ditenun menggunakan teknik balaced plain weave berpola criss cross, sehingga hasilnya seperti kotak-kotak.

Bahan kain sifon (chiffon) pada awalnya di tenun menggunakan benang sutera, namun di sekarang ini bahan kain sifon (chiffon) di buat dari berbagai campuran seperti katun, polyester, bahan nylon dan rayon. Artikel sebelumnya sudah membahas beda bahan polyester dan nylon. bahan sifon ini sangat halus, tembus cahaya

macam macam jenis bahan sifon yaitu silk chiffon, cotton chiffon, rayon chiffon , nylon chiffon, poly chiffon, blend chiffon, hycon chiffon, crepe chiffon, diamond chiffon dan ceruti chiffon. 


Kelebihan bahan sifon (Chiffon) ini ialah nyaman di pakai, mudah dicuci, tidak mudah kusut

Dan kekurangannya ialah sulit di bentuk dan tipis, namun masih bisa di gunakan untuk keperluan fashion. Setiap bahan kain memiliki kelebihan dan kekurangan, kembali pada pengguna tergantung sesuai dengan kebutuhan.

Bahan satin 

bahan kain sifon dan satin apakah sama
Bahan satin Source shopee indonesia


Hasil dari tenun bahan satin menghasilkan kesan halus pada luar kain dan sedikit kasar pada bagian dalam kain.

Kain dengan bahan satin adalah kain yang memiliki karakteristik mengkilap dan glossy. Permukaannya pun memiliki ciri khas yang halus dan lembut sehingga terasa ringan dan jatuh ketika digunakan.

Bahan satin ada banyak jenisnya yaitu velvet, sutra, kahatex, clarissa, bridal, faconne, slipper, delustered, cloth, roberto cavalli, damask dan sateen.

Menurut wikipedia "Satin adalah jenis kain satin sutera yang lembut yang ditenun dengan dengan menggunakan teknik serat filamen sehingga memiliki ciri khas permukaan yang mengkilap dan klinyir-klinyir. Bagian dalam atau belakang permukaan satin sebaliknya tidak licin dan tidak mengkilap."

bahan kain sifon dan satin apakah sama
Bahan satin source tokopedia.com


Sifat keduanya

Dari sifat keduanya jika bahan sifon (chiffon) dan satin terbuat dari serat alami seperti serat kapas atau katun jenis ini mudah menyerap keringat, tetapi jika  bahan sifon (Chiffon) ataupun satin di campur dengan serat nylon dan polyester tidak memiliki daya serap yang kuat.

Kegunaan bahan sifon (chiffon) dan satin

Selain hijab berbahan kain sifon (chiffon) dan satin, Banyak juga bahan ini di gunakan untuk berbagai macam fashion khususnya pakaian wanita pada gamis, dress ,blus, tunik serta kemeja cowok. Jika ada yang belum tau beda blus dan tunik bisa lihat artikel sebelumnya.

Banyak para desainer pakaian memanfaatkan bahan kain sifon (chiffon) ataupun satin untuk pembuatan gamis, jika serat dari sifon ( chiffon) dan satin terbuat dari sutera akan menambah gaya tersendiri khususnya wanita, karena di dalam agama islam di larang seorang laki laki mengenakan bahan sutera.

Jika di gunakan untuk blus dan tunik bahan ini cocok sekali karena bahannya yang lembut, sekalipun terbuat dari berbagai campuran seperti yang telah di jelaskan di atas.

Terima kasih, semoga menjadi manfaat artikel ini "bahan kain sifon dan satin apakah sama ? "

1 komentar untuk "bahan kain sifon dan satin apakah sama"

Comment Author Avatar
Bahan sifon itu bagus buat outer ,,saya pernah bikin hijab dari bahan siffon kemudin di ubah menjadi outer seperti cardigan

Terima kasih sudah berkomentar, komentar anda membantu kami bersemangat dalam memberi informasi.