apa itu tunik lihat penjelasannya

Apa Itu Tunik Lihat Penjelasannya

Mungkin dalam beberapa orang belum tau Apa itu tunik lihat penjelasan berikut ini. Baju tunik yang di kenal sebahagian orang adalah sebuah baju atasan yang di kenakan perempuan yang pada dasarnya memiliki ukuran panjang dari bahu hingga di atas lutut, baju tunik sering di kenakan wanita karena mudahnya cara memakainya dan juga baju tunik ini memiliki banyak model serta corak motif.


Baju tunik kini udah jadi simbol fasyen muslim yang populer pada sekarang ini, lalu disukai oleh kaum hawa dan menjadi salah satu fashion favorit. Baju tunik juga cocok dikenakan dalam berbagai kesempatan, baik formal maupun santai. Kamu dapat dengan mudah menemukan baju tunik di toko pakaian. Seperti marketplace shopee maupun tokopedia , ada banyak model, corak dan berbagai macam warna, yang dapat disesuaikan dengan keinginan pemakainya.


Dalam ensiklopedia wikipedia dalam sejarah baju tunik pada roma kuno, tunik merupakan pakaian untuk pria dan anak laki-laki. Para pemuda dan tentara memakai baju tunik putih yang hanya sampai di atas lutut. Pria, bangsawan, dan hakim mengenakan tunik hingga mata kaki.


Di atas tunik dikenakan toga. Orang-orang biasa mengenakan tunik yang terbuat dari wol putih. Peraturan-peraturan ini juga ditegakkan secara disiplin. Pada acara formal, tunik diikat dengan menggunakan ikat pinggang di pinggang. 


Jika Anda berada di rumah, tunik dikenakan sebagai kemeja longgar tanpa ikat pinggang. Di Roma kuno, pakaian pria terdiri dari tunik dalam, tunik luar, dan toga. Sedangkan pakaian wanita terdiri dari tunik dalam, tunik luar dan palia. Tunik luar wanita Romawi disebut stola. Untuk jenis pakaian tunik bisa di golongkan dalam beberapa jenis


Macam Macam Jenis Baju Tunik


1. Tunik simple atau tunik sederhana

2. Tunik Busui

3.Tunek Vest

4. Tunik Kaos

5.Tunik Ruffle

6. Tunik asimetris

7. Tunik Peplum

8. Tunik Abaya


Sudah cukup jelas atau belum jelas apa itu tunik? terkadang masih ada yang masih bingung dengan pakaian tunik ini, terlebih saat di bandingkan dengan pakaian atasan wanita seperti blus, nah bingung gak tuh.


Sekilas memang tidak ada bedanya antara perbedaan blus dan tunik bagi yang baru pertama tau, padahal dari keduanya ada ada perbedaanya, untuk tunik ulasannya seperti yang sudah di jelaskan di atas dan untuk blouse adalah kata blus populernya menuju pada pakaian wanita. Blus pada biasanya dibuat dari bahan katun atau sutra dengan atau tanpa kerah dan lengan. 


Sebagian banyak lebih dijahit dari pada atasan sederhana, dan dapat memiliki detail lebih feminim seperti lipatan, dasi, ikat leher, kancing bordir atau dekoratif. Blus sederhana dengan rok plisket dan celana atau jins adalah pakaian standar untuk wanita di kantor.


Inilah yang membuat beda blus dan tunik, jenis pakaian yang serupa namun tak sama.


Setelah mengetahui perbedaan blus dan tunik, apa sih bahan baju tunik yang adem maupun bahan blouse wanita yang jatuh


Bahan Baju Tunik

1. Bahan Kain Wolfis Untuk Tunik

apa itu tunik lihat penjelasannya
 Gambar baju tunik dari bahan wolfis source shopee

Dari lembutnya kain wolfis ini banyak yang menggunakan untuk di jadikan pakaian seperti baju tunik. Baju tunik yang biasanya dipakai untuk harian ataupun dalam acara tertentu yang pastinya butuh kenyamanan untuk menunjang aktifitas, kalau bahan yang di pakai memiliki kualitas yang bagus tentunya jika di jadikan sebuah busana juga akan terlihat lebih baik dan memiliki daya harga.


2. Tunik Dari Bahan Kain Katun

apa itu tunik lihat penjelasannya
Gambar Tunik Bahan Katun Rayon Source Lazada

Hampir diberapa persen pasti mengenal jenis kain katun ini, siapa sih yang tidak tau dengan kain katun. Kain katun ada sejak dulu susah ada karena bahan katun ini terbuat dari bahan alami iaitu terbuat dari tumbuhan kapas, dan untuk sekarang ini bahan katun banyak di campur dengan serat lain seperti polyester yang dapat menghasilkan keunikan tersendiri. Kain katun untuk dijadikan baju tunik, jika menginginkan baju tunik dengan bahan kain katun yang mempunyai daya serap yang kuat, pakailah kain katun murni, dan jika menginginkan jenis yang lain yang mudah kering saat penjemuran pakailah katun yang di campur dengan serat polyester, dan menggunakan bahan katun dengan campuran spandek agar mempun memiliki karakteristik stretch atau mulur untuk menyesuaikan lekuk tubuh.


3. Baju Tunik Bahan Kain Linen

apa itu tunik lihat penjelasannya
Gambar tunik dari bahan linen source shopee

Bahan kain linen juga masih menjadi pilihan untuk dijadikan sebuah baju tunik, Banyak perancang busana saat ini menyuguhkan pakaian berbahan linen yang sangat disukai oleh masyarakat sekitar. Pakaian bermotif memiliki kilau alami. Pakaian dari bahan kain linen bisa bertahan lebih lama karena memiliki seperti kekuatan dan daya tahan yang cukup. Pakaian bertekstur terbuat dari serat rami yang kuat yang berarti tersedia dalam berbagai tekstur. Pakaian linen bisa dipakai dalam segala cuaca. Bahkan bisa dipakai di cuaca panas dan lembab, karena daya serapnya tinggi. Pakaian bermotif membuat Anda merasa segar karena tidak lengket dan menghilangkan keringat di kulit. Pakaian linen dapat disesuaikan tanpa kesulitan.


4. Baju Brokat Model Tunik

apa itu tunik lihat penjelasannya
Gambar tunik dengan bahan brokat source shopee

Tak jarang menjumpai baju tunik dengan bahan dari kain brokat, biasanya baju brokat ini di pakai perempuan pada acara acara tertentu seperti acara kondangan dan menghadiri acara udangan lainya yang biasanya sifatnya resmi. Dengan bawahan seperti jarik atau model rok batik untuk look yang cocok.


5. Tunik Dari Bahan Kain Sifon

apa itu tunik lihat penjelasannya
Gambar tunik bahan kain sifon source lazada

Meski bahan chiffon atau sifon ini tipis tapi tak jarang juga banyak yang memakai bahan ini untuk dijadikan baju tunik, agar tidak transparan bisa menggunakan furing untuk dalamnya .


6. Bahan Monalisa Untuk Baju Tunik

apa itu tunik lihat penjelasannya
Gambar tunik bahan monalisa source shopee

Walaupun agak mahal bahan monalisa banyak peminatnya, karena bahan kain monalisa memiliki kualitas yang bagus. Kelebihan bahan ini ialah lembut, halus, dingin dan jatuh, biasanya bahan ini banyak di jadikan pakaian muslim seperti gamis, namun tak jarang juga ada yang memanfaatkan bahan monalisa untuk di jadikan baju tunik uang meninginkan kain yang adem bahan monalisa sebagai solusinya.


7. Tunik Bahan Kain Maxmara

apa itu tunik lihat penjelasannya
Gambar tunik dari maxmara source shopee

Sebetulnya kain maxmara lebih tepat disebut kain satin yang diproduksi di rumah mode Italia. Karena kain maxmara merupakan kain satin dengan mutu premium, kain maxmara umumnya memiliki ciri-ciri yang sama dengan kain satin. Walaupun harnya mahal tapi banyak yang suka untuk yang senang menjadikanaya pakaian seperti gaun, dress dan juga baju tunik.


8. Baju Tunik Dari Kain Batik

apa itu tunik lihat penjelasannya
Gambar tunik batik source shopee

Baju tunik batik banyak mengenakannya. Batik disebutkan sebagai gambar titik-titik indah di atas lembaran kain. Jadi, wajar jika setiap batik memiliki corak yang begitu unik dan menarik. Batik juga dipergunakan untuk membuat pakaian wanita seperti baju tunik. Selain panjang sampai betis, tunik batik juga didesain dengan model lengan panjang, 3/4, atau lebih pendek. Setiap model baju tunik batik memiliki gaya tampilan masing-masing yang bisa Anda sesuaikan dengan selera.


9. B aju Tunik Kain Lurik Yang Unik 

apa itu tunik lihat penjelasannya
Gambar tunik lurik source bigGo

Kain lurik adalah salah satu jenis bahan  kain tradisional yang berasal dari pulau Jawa. Untuk daerah penghasil lurik di jawa adalah Yogyakarta contohnya. Lurik merupakan salah satu pakaian khas Yogyakarta selain kain batik. Kata lurik berasal dari bahasa Jawa yaitu “lorek” yang berarti garis-garis. Untuk sebagai kesan unik kamu bisa gunakan bahan lurik ini bisa di jadikan pakaian seperti baju tunik.


Bahan Baju Blus

1. Blus Dari Bahan Katun

apa itu tunik lihat penjelasannya
Gambar blus bahan katun source shopee

Seperti yang sudah kita ketahui banyak sekali pakaian yang menggunakan bahan katun sebagai dasar dalam proses produksinnya karena bahan katun mudah didapat, sehingga hampir kebanyakan pakaian berbahan katun seperti celana katun, dress, tunik dan blus atau blouse yang para wanita kenakan sebagai tampilan yang menarik dan nyaman ,terlebih bahan katun memiliki daya serap yang kuat, sehingga tak perlu kawatir untuk kegiatan sehari hari dengan memakai pakaian berbahan kain katun.


2. Kain Shantung Untuk blouse

apa itu tunik lihat penjelasannya
Gambar blouse bahan shantung source fitinline

Kain santung  disebut juga dengan nama lain santhung memiliki tekstur kain yang halus, lembut dan dingin. Kain ini juga tergolong dalam beberapa level, dari yang tipis hingga tebal. Kain shantung terbuat terbuat dari serat katun, dan terkadang dicampur dengan serat sintetis. Namun kain shantung tidak sekuat kain full serat katun, tetapi bahan ini masihjadi andalan untuk dijadikan blouse dengan tampilan yang menarik.


3. Bahan Rayon Untuk Tunik

apa itu tunik lihat penjelasannya
Gambar blus bahan rayon source shopee

Bahan rayon merupakan bahan yang terbuat dari serat hasil regenerasi selulosa atau dinding sel tumbuhan. Untuk yang lain, ada pula bahan kain rayon yang berasal dari sebuah pulp kayu yang sedah dilembutkan. Oleh karenanya, bahan rayon masuk dalam kategori sebagai bahan semi sintetis. dikarenakan bahan dasar kain rayon tidak seutuhnya terbuat dari bahan alami. Untuk pakaian dari bahan rayon seperti blus banyak yang menggunakannya.


4. Tunik Dari Bahan Denim Jersey

apa itu tunik lihat penjelasannya
Gambar denim jersey source h&m

Sebelunya sudah tau belum apa itu kain denim? kamu bisa baca artikel sebelumya untuk bahan denim, kemudian untuk jersey juga pada artikel sebelumnya. Denim jersey adala dua nama dan termasuk dua bahan yang di jadikan satu hingga menjadikan bahan yang unik. Dengan tampilan khas bahan denim namun tetap stretch karena ada serat bahan jersey pada pembuatanya. Blouse dari bahan ini akan lebih nyaman di banding dengan bahan denim murni.


5. Kain Thaisilk Cocok Untuk Baju Tunik

apa itu tunik lihat penjelasannya
Gambar blouse thaisilk source shopee

Thaisilk ialah jenis kain yang mempunyai sifat mengkilat, tidak tebal dan lembut serta bahan ini tidak kaku. Sehingga cocok untuk di kenakan sebagai blouse dengan look mewah serta nyaman di tubuh dan mempunyai banyak pilihan warna.


6. Kain Sifon Diaplikasikan Pada Blouse

apa itu tunik lihat penjelasannya
Gambar blouse bahan sifon source zalora

Seperti halnya pakaian yang lain biarpun tipis namun memiliki banyak motif sehingga banyak corak untuk dijadikan sebagai blouse/blus untuk di kenakan sehari hari. Terlebih karena tipis jadi bahan sifon ini akan mudah angin untuk meniup, sehingga tidak terlalu panas saat dikenakan.


7. Kain Satin Yang alus Untuk Blus

apa itu tunik lihat penjelasannya
Gambar blouse bahan satin source h&m indonesia

Dengan ciri khas yang mengkilat untuk kesan mewah , bahan kain satin di jadikan blouse pada atasan wanita agar terlihat mempesona. Hampir sam dengan bahan makmara namun harga bahan sarin lebih murah dibandingnya.


itulah rangkuman dari penjelasan baju tunik, semoga bermanfaat, terima kasih.

Posting Komentar untuk "apa itu tunik lihat penjelasannya"

Untuk artikel lainya bisa kunjungi di Google News