sejarah kain brokat serta pemanfaatan dan model baju brokat

mooteara.com || Bagi perempuan penampilan dalam berbusana sangatlah penting, ia selalu mengutamakan bagaimana agar terlihat feminim dan anggun selayaknya kodrat seorang wanita.

Dalam berbusana yang terpenting adalah bagaimana cara memadukan fashion dari ujung kaki hingga ke atas kepala agar terlihat menarik di pandang mata serta mempunyai look kesopanan.

Berikut yang akan kita ulas tentang sebuah jenis bahan kain yang melegenda, bagi wanita untuk jenis kain ini mungkin semua sudah tau ya?

Apalagi kalau bukan kain brokat. Bahan brokat dikenal dalam sejarah bahan kain.

sejarah kain brokat serta pemanfaatan dan model baju brokat
Blouse brokat source shopee

Bahan brokat awal mula berasal dari negara dengan beribu kotakan roma yaitu Italia, dalam bahasa orang italia menyebutnya brokato yang dalam terjemahan bahasa indonesia adalah sulam. Akan tetapi dalam kasus lain dalam cerita sejarah kain brokat disebutnya brosarre yang dalam artian di tusuk sulam.

Bahan kain brokat umumnya yang sering dijumpai terbuat dari benang campuran antara dari kandungan benang sutra serta benang yang terbuat dari zat kandungan logam mulia emas dan perak.

Yang pada intinya keterangan singkat bahan brokat adalah jenis kain yang terbuat dari benang sutra, emas dan perak dengan cara di sulam cara tehnik tertentu dengan berpola unik.


Seperti contoh untuk jenis kain brokat yaitu

1. Brokat continuous

Brokat continuous atau bisa disebut dengan brokat yang menyambung. Ciri ciri adanya sebuah benang pakan dengan tidak terlalu kencang serta mengambang pada belakang kain tersebut.

2. Brokat discontinuous

Brokat discontinuos yaitu jenis kain brokat tidak menyambung merupakan jenis bahan kain brokat yang ada tambahan benang yang ditenun pada pola, yang membuat lebih rapi pada bagian belakang.

Dahulu pertama kali brukat di buat dengan cara tradisional menggunakan tangan, namun seiring perkembangan kini kain brokat dibuat dengan menggunakan mesin.

Kain brokat mempunyai motif yang yang rumit, ia biasanya bercorak gambar bunga bunga unik namun menerawang. Yang sehingga pada pengaplikasian pada fashion selalu menggunakan furing  pada bagian tertentu sebagai dobel agar tidak tembus pandang.

Untuk bahah brokat ini banyak di aplikasikan pada busana atau sandang yang biasanya dipakai oleh perempuan, berikut pemanfaatan bahan kain brokat.


Pemanfaatan Bahan Kain Brokat

Bahan kain brokat sering di kenakan pada wanita dan di jadikan sebagai sebuah pakaian atasan.


1. Baju Gamis Brokat

Kerap di temui baju gamis brokat pada pakaian, tak dapat di pungkiri brokat selalu menjadi pilihan dalam sebuah fashion, dulunya brokat hanya di kenal pada kebaya, namun kini banyak bermunculan model baju brokat dengan berbagai kombinasi bahan.


Jika digunakan bahan brokat digunakan sebagai gamis sebaiknya gunakan dalaman kain furing yang sesuai, mengingat baju gamis biasanya di pakai perempuan muslim, agar gamis yang dibuat tidak tembus pandang. Tips memilih gamis

Bahan furing sesuaikan dengan warna brokat agar gamis yang di buat terlihat mewah serta tidak mengurangi etika berpakaian gamis.


2. Dress Brokat

Era modern brokat tak hanya dibuat pakaian kebaya saja, brokat bisa di kembangkan dan dibuat apa saja seperti dress bahan brokat pun bisa.

Selain dari pada bahan brokat untuk dress, rekomendasi bahan dress selain kain brokat bisa lihat di bahan dress.


3. Tunik Brokat

Sama halnya dengan baju dress bahan brokat juga bisa dibikin baju tunik, karena baju tunik bisa dibikin dari apa saja misalnya dari bahan wolfis, satin, wolycrepe, maxmara, balotelli dan lainya.


4. Gaun Brokat

Nah bahan brokat ini bukan sering lagi, memang brokat di buru biasanya untuk dibuat gaun, hasil dari gaun brokat yang telah jadi akan terlihat mewah dan anggun terlebih dengan desain yang bagus, para desainer merancang gaun brokat dengan hati hati agar gaun yang dihasilkan sesuai rancangan.


Gaun yang biasanya di kenakan acara tertentu seperti pernikahan, harus semaksimal mungkin dalam membuat gaun brokat terlihat  anggun yang dapat menyita mata.


5. Kebaya Brokat

Dulunya memang bahan brokat dijadikan kebaya dan sampai sekarangpun masih banyak penggemarnya, apalagi dengan model kebaya modern.

Bahan brokat memiliki macam macam jenis, berikut daftarnya


Macam Macam Jenis Brokat

1. Brokat Varanasi

Brokat varanasi berasal dari india, orang india menyebutnya dengan sebutan kinkhab atau kamkhwab. Pada jenis brokat ini terdapat tenunan sutra dan emas yang telah dijadikan benang.

Untuk motif atau corak pada brokat varanasi biasanya desain flora, bahan brokat ini menerawang, jika menggunakan jenis brokat ini sebaiknya gunakan daleman furing.


2. Awan Nanking

Brokat nanking berasal dari negeri tirai bambu, bahan dan model yang dibuat jika di buat pakaian akan terlihat anggun, untuk corak pada brokat nanking ialah corak awan dengan warna warna indah. Pada tekstur brokat nanking ialah longgar dan terawang seperti brokat pada umumnya.


3. Brokat Syria

Brokat syria dibuat pada jaman dulu dengan cara manual atau di buat tradisional menggunakan sulaman tangan.


4. Brokat Prancis

Brokat ini berasal dari prancis sesuai dengan namanya pada tahun 1760-1770 an brokat prancis memiliki sulaman yang rapat dengan motif floral seperti bunga bunga.

Sebenarnya masih banyak lagi jenis brokat seperti brokat jepang dan lainnya.

Buat kamu yang mau ke acara formal bisa gunakan outer brokat , kamu bisa gunakan baju gamis brokat, dengan dress, tunik brokat.

Cari model brokat dengan outer brokat kekinian, kamu juga bisa menggunakan model brokat modern 


Berikut Model Baju Brokat 

1. Outer brokat untuk gamis

sejarah kain brokat serta pemanfaatan dan model baju brokat
Outer gamis brokat source shopee

Buat yang ingin mengenakan outer brokat biar tampil menawan kamu bisa kenakan gamis dengan warna salem atau warna sesuai dengan keinginan kamu dan senadakan warna antara gamis dengan hijab, kemudian gunakan outer brokat cardigan berwarna putih sebagai pelengkap.


2. Cardigan brokat

sejarah kain brokat serta pemanfaatan dan model baju brokat
Brokat cardigan source lazada

Kamu bisa pakai dalaman seperti dress panjang ataupun gamis warna putih di kombinasikan dengan cardigan warna coklat, mocca atau sesuai keinginan yang pas warna cardigan brukat sama seperti warna hijab.


3. Tunik brokat modern

sejarah kain brokat serta pemanfaatan dan model baju brokat
Brokat tunik modern source shopee

Tunik tidak hanya terbuat dari bahan kain polos biasa, bahan brukat pun bisa dijadikan tunik di kombinasikan dengan bawahan jarik atau rok batik. Bisa pakai busana brokat dengan dengan warna cream serta warna hijab yang sama.


4. Model kebaya brokat modern terbaru 2022

sejarah kain brokat serta pemanfaatan dan model baju brokat
Brokat kebaya modern source theasian parent

Seperti yang di kenakan artis depok ayu ting ting dengan menggunakan kebaya brukat yang dipadukan dengan bawahan jarik batik atau rok yang terlihat cantik.


5. Model gamis brokat cantik 2022

sejarah kain brokat serta pemanfaatan dan model baju brokat
Model gamis brokat cantik source shopee

Model gamis kombinasi bagian layer daleman polos dengan layer luar dari bahan kain brokat membuatnya cantik saat dikenakan, sangat cocok dengan hijab warna hitam.


6.  Model gamis brokat ibu ibu terbaru 2022

sejarah kain brokat serta pemanfaatan dan model baju brokat
Model gamis brokat ibu ibu source shopee

Dengan design 2 layer warna yang sama namun dengan bahan yang berbeda membuatnya desian ini menjadi pilihan ibu ibu. Warna coklat ataupun cream yang membuatnya tampilan makin menarik. Dengan warna hijab pink, ungu ataupun warna salem.


7.  Model gamis brokat pesta

sejarah kain brokat serta pemanfaatan dan model baju brokat
Model gamis brokat pesta source lazada

Dengan tampilan mewah memakai gamis full brokat serta daleman atau furing dengan warna sama membuatnya cocok buat di kenakan acara pesta. Di tambah lagi dengan aksesoris manik manik seperti bola bola kecil.


8. Model gamis brokat kombinasi polos modern

sejarah kain brokat serta pemanfaatan dan model baju brokat
Model brokat kombinasi polos modern source shopee

Brokat tille mutiara mix roberto cavali dengan pengaplikasian payet mutiara serta rok bawah lebar membuat anggun wanita ini kenakan.


9. Model gamis brokat kombinasi satin

sejarah kain brokat serta pemanfaatan dan model baju brokat
Model gamis brokat kombinasi polos source shopee

Gamis bahan satin selalu menjadi pilihan untuk dijadikan gamis, bahan satin yang kilau dan halus menjadi alternatif pengganti sutra. Yang dipadukan dengan bahan brokat hanya atasan saja dengan warna sama.


10. Model dress brokat pendek

sejarah kain brokat serta pemanfaatan dan model baju brokat
Model dress brokat pendek source blibli

Model dress brokat dengan warna kalem yang di desain dengan model lengan belah membuat wanita ini terlihat cantik.

Ingin tau jenis model lengan baju bisa lihat artikel sebelumnya.


11. Gaun brokat

sejarah kain brokat serta pemanfaatan dan model baju brokat
Model gaun brokat source shopee

Setiap wanita menginginkan penampilan yang cantik, dengan memakai gaun brokat dengan rancangan yang apik selalu menjadi perhatian bagi pemakainya.

Demikian artikel sejarah kain brokat serta pemanfaatan dan model baju brokat yang dapat kami rangkum, semoga bermanfaat. Terima kasih

Posting Komentar untuk "sejarah kain brokat serta pemanfaatan dan model baju brokat"

Untuk artikel lainya bisa kunjungi di Google News