penjelasan bahan kain crepe itu seperti apa

penjelasan bahan kain crepe itu seperti apa


Mungkin banyak yang mempertanyakan tentang bahan kain crepe, bahan kain seperti apa? pasalnya bahan crep banyak di gunakan pada fashion atau busana yang banyak di kenakan pada perempuan. Bahan kain menjadi acuan utama terbentuknya fesyen berupa busana, apabila bahan kain yang digunakan dalam pakaian tidak sesuai dengan kebutuhan yang pastinya hasil gaun yang di buat akan kurang pas dipakai.


Sebenarnya apa itu bahan kain crepe sih? Bahan kain crepe adalah dari sebuah kata Crêpe , juga dieja krep menurut ensiklopedia wikipedia kain sutera yang dari bahasa Prancis yaitu ( crêpe ) adalah kain sutra , wol , atau serat sintetis yang bisa melar atau mulur dengan tampilan unik yang renyah dan berkerut. Istilah "crape" biasanya mengacu pada bentuk kain yang terhubung ala khusus. Crêp juga secara artian disebut "crespe" atau "renyah".


Bahan kain creepe terbuat dari bahan dasar kapas sutra, wol, polyester, atau katun. Jika dikategorikan atas jenis bahan dasarnya, bahan kain crepe terbagi menjadi beberapa jenis.


Macam macam bahan kain crepe


1. Bahan kain Bubble Crepe

penjelasan bahan kain crepe itu seperti apa
Bubble crepe source shopee

buble crepe ini adalah bahan kain yang tipis tapi tidak terlalu, ia hanya akan terlihat sedikit terawang hanya saat terkena cahaya. Bahan kain ini lembut, halus dan tidak mudah kusut. Dalam uji coba bahan kain ini memiliki sifat mulur atau elastis tapi tidak seelastis bahan kain spandek.


2. Bahan kain Wollycrepe

penjelasan bahan kain crepe itu seperti apa
Gambar kain wollycrepe source bukalapak

Wollycrepe ialah kombinasi serat kain wol dan kain crepe, yang memiliki karakteristik bahan yang stabil seperti wool namun memiliki tekstur berkerut seperti kain crepe. Dibandingkan dengan kain crepe lainnya, bahan wollycrepe memiliki tekstur bahan yang paling halus.


3. Bahan kain Crepe de chine

penjelasan bahan kain crepe itu seperti apa
Kain crepe de chine source shopee

Bahan kain yang satu ini  tergolong bahan kain mahal di antara jajaranya, dari namanya bisa kita lihat dari mana kain ini berasal, yaitu dari negeri tirai bambu. Bahan kain ini terbuat dari serat sutera seperti pada bahan lainya, bahan ini sering di gunakan sebagai gaun sebab bahannya tipis namun halus lembut dan warna tidak terlalu terang.


4. Bahan kain Crepe Marocain

Crepe maeocain adalah dari bahan dasar kain ini ialah dari sutra, walau sebagian ada yang di kombinasikan dengan bahan rayon. Kalau dilihat ciri ciri kain ini bergelombang dan bergaris.


5. Bahan kain Crepe Georgette

penjelasan bahan kain crepe itu seperti apa
Kain crepe georgette source indiamart

Untuk serat kain crep jeni ini umumnya terbentuk dari bahan sutra asli atau sutra buatan yang tidak kilau dan juga memiliki sifat mulur yang sangat baik sehingga elastis. Nama Georgette menurut wikipedia berawal dari dressmaker berasal dari perancis bernama Georgette de la Plant di sekitar awal abad ke 20an.


  1. Macam Macam Kegunaan Bahan Crepe


1.Sebagai Bahan Gamis


Gamis ity crepe source shopee

Banyak yang memanfaatkan kain krep ini sebagai bahan gamis, sebab bahan ini memiliki karakteristik yang lembut, adem, dan jatuh.


2. Dress Dari Kain Crep

Kain krep ini juga ada sebagian  manfaatkan untuk berbagai kebutuhan fasyen, contohnya pakaian dress ini, kain krep ini bisa di bentuk dengan berbagai macam model.


3. Tunik dari bahan krep

Tunik secara singkatnya adalah baju atasan wanita yang biasanya memiliki panjang antara hingga lutut dengan berbagai macam model dan warna, bahan krep ini masih menjadi pilihan selain dari bahan baloteli yang biasa buat bikin baju tunik. Karene kain ini mudah untuk di buat pola, berbeda dengan chifon yangbagak ribet untuk bikin polanya.


4. Blus terbuat dari kain crep

Blus atau dengan sebutan lain blouse masih sama seperti baju tunik, yaitu baju atasan namun biasanya lebih pendek dari baju tunik, karena bahan kain krep ini mudah menyerap keringat maka bahan krep ini cocok digunakan pada blus untuk aktifitas sehari hari.


5. Hijab adem dari kain krep

penjelasan bahan kain crepe itu seperti apa
Hijab dari bahan kain crepe source shopee

Sebagai penutup kepala pada wanita muslimah, menggunakan hijab sangatlah wajib bagi peeempuan, selembar kain untuk hijab segi empat dengan ukuran paling kecil untuk anak baru baligh sekitar 110x110 centi meter dan dengan ukuran jumbo 150x150 cm. Bahan kain krep ini kerap dijadikan sebagai hijab untuk type tertentu tidak terawang, bahan juga adem, lembut, dan berbagai pilihan warna. Tentunya dalam menggunakan kerudung seorang wanita memilki beberapa varian warna jilbab untuk menyesuaikan dengan pakaian yang dikenakan. Berikut tips simple beberapa contoh warna hijab yang bikin kamu tampil cantik.


Pilihan Warna Hijab


1. Hijab dengan warna hitam

penjelasan bahan kain crepe itu seperti apa
Source shopee

Hijab dengan warna ini akan serasi bila di kenakan dengan dipadukan tunik atau blus, dengan atasan  pink agar tidak terlalu mencolok, bagi yang menginginkan dengan balutan sederhana ini.


2. Hijab warna abu abu

penjelasan bahan kain crepe itu seperti apa
Source shopee

Warna abu abu cenderung memiliki sifat kalem namun bila dipadu padankan dengan baju berwarna putih ini akan terlihat cerah dan menarik.


3. Jilbab warna mocca 

penjelasan bahan kain crepe itu seperti apa
Source pinterest

Hijab dengan warna mocca cocok bila di kombinasikan dengan atasan berwarna putih serta di padukan rok pliasket dengan warna mocca atau dengan warna senada.


4. Hijab Dengan Warna Putih

penjelasan bahan kain crepe itu seperti apa
Source hipwee

Warna hitam ,putih dan abu abu termasuk dalam warna netral. Hijab dengan warna ini bisa di kreasikan dengan cardigan atau baju rajut ala korean style 


Karakter bahan kain crepe

Sifat bahan kain crep memiliki ciri ciri seperti pori pori kulit jeruk, ia lembut dan halus. Untuk mendapatkan bahan kain krep ini tidaklah susah, kalian bisa membelinya di online shop seperti shopee atau tokopedia dan jika ingin membeli di toko langsung juga bisa. Bahan kain crepe harga tidaklah sangat mahal masih di bawah kain sutra asli dengan memiliki kualitas yang bagus, inilah yang banyak orang cari.


Selain dari bahan di atas, bahan kain yang menyerupai juga banyak salah yaitu bahan kain diamond crepe, bahan kain moscrepe, dan lebih lengkapnya dibawah ini.

Keluarga Bahan Kain Krep

1. Diamond crepe

Pada umumnya bahan crepe memiliki sifat seperti kulit jeruk berpori, diamond crep juga memiliki ciri yang sama. Untuk cara membedakan dengan jenis lain. Kain diamond crepe ini memiliki tekstur yang lebih kasar daru bahan lain seperti moscrepe. Diamon memiliki tekstur unik berglombang seperti awan. Diamond ada dua jenisnya, yaitu diamond italiano dan diamond georgette.


2. Moscrepe

Bahan moscrep ini termasuk pada kelompok crep yaitu cri berpasir seperti luar kulit pada jeruk, nqmun lebih tebal dari kain lain misal wolfis.Walaupun tebal tapi banyak yang memanfaatkan kain moskrep ini untuk bahan kerudung dan gamis , karena walaupun tebal tapi tetap ringan.


3. Bahan kain Zara Crepe seperti apa

Kain lady zara merupakan bahan kain yang terbentuk dari 100 persen polyester, kain ini dari info searching yang saya dapat termasuk dalam goongan crep.


4. Bahan kain ity Crepe

Bahan ITY crepe adalah bahan yang lebih bagus dari wollycrepe.

Bahan ini biasa digunakan untuk gamis, kerudung atau juga khimar. Bahannya adem dan tidak nerawang .


5. Jenis kain como crepe

Kain komo krep tidak panas, bobotnya lebih berat berbanding dengan satin, karakteristik kain ini tidak jarang dan tidak mudah berkedut. Bahan kain ini jika di kenakan akan lebih kurus karena bahan ini berat.


Sebenarnya masih banyak lagi jenis keluarga kain krepp ini, tapi untuk artikel berikutnya saja. Selain dari pada jenis kain krep yang dijelaskan diatas, bahan kain krep di bawah ini juga banyak di gunakan untuk kebutuhan sandang. Berikut daftarnya sekaligus sebagai penutup ahir artikel. Terima kasih.

Bahan Kain Kebutuhan Sandang

1. Jenis kain cotton crepe

2. Jenis kain chiffon crepe

3. Bahan kain crepe fleece

4. Bahan kain crepe fabric

5. Bahan kain crepe fiesta

6. Bahan kain crepe fix

7. Bahan kain crepe furan

8. Bahan kain Crepe Premium

9. Bahan kain Almira Crepe

10. Bahan kain crepe flora

11. Bahan kain crepe fusan

12. Bahan kain crepe french

13. Bahan kain crepe fendi

14. Bahan kain crepe hq atau hqi seperti apa

15. Bahan kain crepe high quality

16. Bahan kain matt ity crepe

17. Bahan kain ice silk crepe

18. Jenis kain korean crepe

19. Jenis kain koshibo crepe

21. Bahan kain Beauty Crepe

22. Bahan kain Creamy Crepe




Posting Komentar untuk "penjelasan bahan kain crepe itu seperti apa"

Untuk artikel lainya bisa kunjungi di Google News