Bahan fleece kenali dari karakteristik serta kelebihan dan kekurangannya

Bahan fleece, dalam hal busana atau berpakaian, bahan kain menjadi faktor penting selain dari pada desain dan kerapian dalam menjahit.


Banyak sekali bahan kain yang sering di temui di pasaran seperti bahan katun, bahan crepe, bahan voxy, bahan crinkle, bahan woll, bahan moscrepe bahan viscose dan juga bahan fleece yang akan kita ulas lebih dalam tentang bahan fleece. Bahan fleece karakteristik serta kelebihan dan kekurangannya.

Bahan fleece kenali dari karakteristik serta kelebihan dan kekurangannya
Gambar "Bahan fleece kenali dari karakteristik serta kelebihan dan kekurangannya" source shopee.co.id


Bahan fleece adalah bahan kain yang mempunyai karakteristik hangat, lembut serta halus dan ia memiliki sedikit berbulu saat tersentuh diraba pada permukaan kain.


Bahan fleece memiliki kemiripan persis dengan bahan wol, yaitu sama sama memiliki kesan berbulu pada lembar kain.


Bahan fleece berasal dari bahan baku yang terbuat dari proses kimiawi yang bersatukan dengan bahan serat polyester yaitu polyester jenis PET atau polyethylene terephthalate.


Dari proses kimiawi dengan berbagai kombinasi seperti poliester, lycra, nylon ataupun menggunakan bahan yang terbuat dari serat sintetis lain.


Apa itu bahan fleece?

Adapun terkadang masih banyak yang belum tau apa itu bahan fleece, secara gampangnya begini biar mudah di ingat.


Bahan fleece adalah bahan kain yang dibuat dari cara kimia dengan bahan campuran dari berbagai serat seperti serat polyester, nylon, lycra dan seperti yang disebutkan di atas.


Dengan hasil lembut dan halus yang memiliki sedikit berbulu permukaan kainnya, dalam kegunaannya dapat dijumpai seperti pembuatan pakaian Jaket, sweater, hoodie, selimut, bad cover, ataupun bed sheet.


Ada pun dari jenis bahan fleece yang produksinya dari kombinasi bahan cotton, CVC merupakan sejenis katun korea, dan sedikit proporsi serat wol pada campuran tersebut.


Bahan Fleece lebih banyak dikreasikan untuk membuat pakaian-pakaian hangat dan tebal seperti hoodie, jaket, dan sweater.


Selain dipakai dalam bahan baku membuat pakaian, bahan fleece juga berperan dalam pembuatan selimut dan bed cover atau bed sheet.


Pemanfaatan bahan fleece

Dalam pemanfaatan bahan fleece banyak sekali manfaatnya, yaitu paling banyak dalam pembuatan pakaian hangat, seperti


1. Jaket bahan fleece

Jaket yang terbuat dari bahan fleece ini sangat hangat dan nyaman karena bahan fleece ini tebal, dapat melindungi tubuh saat musim dingin di setiap perjalanan.


Dengan gaya desain sporty membuat terasa percaya diri jadi lebih bergaya dan keren, yang pastinya nyaman, lembut, dan tidak kedinginan lagi.


2. Hoodie bahan fleece

Hoodie bahan fleece ini selain dari ciri khas mempunyai tutup kepala yang menyatu dengan pakaian.


Bahan hoodie yang terbuat dari bahan fleece ini sangat pas dan terlebih dengan model yang kekinian membuatnya tampil beda dan menjadi pilihan hoodie terbaik sebagai gaya terkeren anak muda.

Bahan fleece kenali dari karakteristik serta kelebihan dan kekurangannya
Gambar "Bahan fleece kenali dari karakteristik serta kelebihan dan kekurangannya" source shopee.co.id


3. Sweater bahan fleece

Sweater ini tak jauh beda dengan hoodie, sweater selain dari warna dan model juga bahan kain yang digunakan penting untuk diperhatikan.


Sweater harusnya memiliki Bahan kain yang lebih tebal namun lembut serta halus itu yang menjadikan sweater terasa nyaman.


Bahan fleece ini cocok untu dijadikan sweater karena memenuhi standart tersebut, serta jangan khawatir bahan fleece juga menjadikan badan lebih hangat.


4. Selimut bahan fleece

Bahan fleece cotton sering dipakai dalam pembuatan selimut. Karena pada karakteristik bahan katun sendiri memang lembut dan halus, sebab bahan katun kan bahan baku dari bahan alami seperti pohon kapas.


Bahan fleece katun pas buat selimut, bahan yang lembut, halus serta memiliki sifat hangat  dan jangan khawatir soal kenyamanannya yang pastinya oke.


5. Bad cover bahan fleece

Selain digunakan untuk selimut bahan fleece cotton ini paling banyak sering dimanfaatkan untuk bad cover dan bad sheet, bahan cotton yang lembut dan halus, mesk tebal namun lembut dipakai.


7. Keset bahan fleece

Pada pembuatan keset bahan fleece ini di kombinasikan dengan bahan flanel demi mempertebal keset. Sedangkan bahan fleece berguna untuk daya serapnya, biasanya keset bahan fleece di jual dengan harga lebih tinggi dari yang biasa.


8. Handuk bahan fleece

Bahan fleece pas sekali dipakai pada perlengkapan mandi seperti handuk dengan serat microfiber yang dengan takaran 80% polyester dan 20% nylon.


Untuk harga jenis handuk bahan fleece umumnya lebih mahal, namun jangan kawatir soal kualitas, yang pastinya puas.


Bahan fleece yang terbuat dari campuran katun banyak digemari karena memiliki sifat hampir sama seperti bahan katun lembut dan halus.


Bahan fleece campuran katun dengan perbandingan serat wol 20 persen dan serat katun 80 persen di jumpai dalam ensiklopedia wikipedia.


Alasan kenapa bahan fleece hangat, ada yang tau? bahan fleece sejatinya terkenal hangat karena terdapat bulu bulu lembut dan tebal, dan kabar baiknya bahan fleece meski berbulu tidak membuat iritasi pada kulit dan bahan ini aman.


Bahan fleece tebal apa tipis ?

Meskipun salah satu karakteristik dari bahan Fleece adalah tebal, akan tetapi ketebalan yang dimiliki bahan fleece tidak tidak kaku.


Tau gak sebabnya kenapa ? dikarenakan dalam proses produksi mengkombinasikan bahan wol yang tercampur dengan bahan katun.


Itulah yang kemudian bahan fleece elastis, maka dari itu banyak produk seperti hoodie dan sweater di buat dari bahan fleece.


Bahan kain fleece apakah bagus ?

Bahan kain fleece memiliki rongga udara yang baik ketika digunakan, hal ini disebut sebagai breathability.


Rongga udara yang baik berarti memiliki perputaran udara yang menjadikan nyaman pakaian saat dikenakan.


Dengan seperti ini pakaian dengan bahan fleece terasa nyaman sesiapapun pemakainya walau dalam kondisi terik.


Bahan fleece bagus digunakan untuk pakaian jenis penghangat, dalam fungsi untuk melindungi tubuh dari dingin seperti jaket atupun hoodie. Dan sedangkan untuk penghangat pada saat tidur dapat digunakan untuk selimut.


Bahan fleece itu seperti apa ?

Bahan fleece adalah bahan dengan design yang unik karena memiliki 2 lapisan luar dalam yang beda.


Luar dalam kain berbeda, pada bagian dalam pakaian berbulu dan sedangkan bagian luarnya kelihatan seperti bahan knit kaos.


Karakteristik bahan fleece

Yuk mari kenali bahan fleece lebih banyak lagi sebelum menggunakan bahan fleece yang kedepannya jadi tau apa kelebihan bahan fleece dan kekurangan bahan fleece


Ketahui karakteristik bahan fleece agar dapat membedakan bahan fleece dengan bahan kain tekstil lainnya, seperti perbedaan dengan wol misalnya. Berikut beberapa karakteristik bahan fleece :


1. Halus, lembut dan hangat

Bahan fleece yang mempunyai karakteristik halus, lembut dan hangat ini menjadikan bahan fleece cocok dan pas sekali buat di jadikan pakaian penghangat.


Jaket, sweater, hoodie yang biasanya terbuat dari bahan fleece cenderung hangat lembut dan halus ini yang menjadikan nyaman saat di kenakan.


Pakaian atau selimut ketika dikenakan akan memberikan kesan nyaman dan hangat. Tetapi jangan khawatir bahwa bahan Fleece akan berat ketika digunakan karena bahannya yang bersifat lumayan tebal.


2. Permukaan kain glow

Keunikan lain dari bahan Fleece adalah permukaan bahannya terlihat bercahaya meskipun dari kejauhan. 


Permukaan kain yang bercahaya ini tidak akan membuat kalian berkeringat ketika memakainya.


Karena bahan Fleece tidak menyerap panas atau cahaya namun dapat memantulkannya.


3. Memiliki bulu-bulu lembut 

Keunikan dan ciri khas yang lain dari bahan fleece adalah terdapat bulu-bulu halus dibagian dalam kain


Fungsi dari bulu-bulu halus tersebut adalah untuk menghangatkan badan si pemakai.


4. Bahan fleece ramah lingkungan

Tahukah anda ada jenis katun yang terbuat dari serat bambu? Ya, ini disebut bahan fleece katun bamboo yang terbuat dari serat kapas dan serat fleece.


Fakta menarik lainnya, bahan bekas atau limbah daur ulang, seperti plastik bekas, dapat didaur ulang dan menjadi bahan baku pembuatan bahan fleece. Cukup keren, bukan?


Kelebihan bahan fleece

Bahan fleece memiliki beberapa keunggulan yang membedakannya dengan bahan lainnya. Selain itu, keunggulan bahan bahan fleece merupakan salah satu nilai tambah yang memiliki daya tarik tersendiri di mata para pengusaha tekstil atau perancang busana yang memilihnya sebagai bahan baku pembuatan pakaian.


Sudah penasaran apa saja kelebihan dari Fleece? Simak penjelasannya di bawah ini!


1. Elastis dan tidak kaku

Walaupun salah satu ciri dari bahan fleece adalah tebal, namun ketebalan dari bahan fleece tidak membuat orang merasa tidak nyaman dengan kehawatiran kaku pada kain dan gerah saat dipakai.


Karena pembuatan bahan ini menggunakan campuran katun dan fleece, bahan ini elastis dan sangat nyaman digunakan.


Elastisitas ini membuat pakaian yang terbuat dari fleece tidak mudah melar jika digunakan berulang kali.


Karena pada dasarnya pakaian berbahan fleece bisa menyesuaikan dengan bentuk tubuh pemakainya.


2. Cepat kering

Andalan dari bahan fleece adalah meskipun tebal dan hangat tetapi sangat mudah kering.


Sedikit tips dan trik untuk kalian yang memiliki pakaian dari bahan fleece, usahakan jangan menjemurnya di bawah sinar matahari langsung.


3. Adem dan nyaman

Pakaian yang nyaman adalah idaman bagi semua orang, karena pakaian merupakan kebutuhan primer yang digunakan terus menerus untuk beraktivitas bahkan tidak jarang digunakan selama satu hari penuh.


Oleh karena itu, apabila pakaian yang digunakan terasa panas dan tidak nyaman di kulit, akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.


4. Rongga udara

Kelebihan lain dari bahan fleece adalah “breathability”. Yaitu permukaan bahan fleece mampu mengalirkan udara dengan baik walaupun dalam keadaan kain sedang basah sekalipun. 


Alasan kenapa bahan fleece juga sering disebut sebagai “isolator tubuh” karena sirkulasi udara yang baik pada permukaan kainnya dapat membuat tubuh menjadi hangat ketika udara di luar dingin begitu pula sebaliknya.


5. Memiliki daya serap yang baik

Meskipun bahan fleece sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan jaket, hoodie, sweater, ataupun pakaian hangat lainnya, tetapi pakaian dari bahan fleece juga sangat cocok untuk digunakan pada cuaca panas sekalipun. 


Karena sejatinya bahan ini memiliki daya serap yang baik terhadap keringat.


6. Memiliki durabilitas yang lama

Durabilitas artinya daya tahan. Sehingga pakaian dari bahan fleece cenderung tahan lama dan tidak mudah robek serta rusak meskipun telah digunakan dalam jangka waktu yang sangat lama sekalipun.


7. Harga tidak menguras kantong

Jangan salah meskipun bahan ini cukup tebal dan lembut dibandingkan bahan kain lainnya, tetapi harga yang ditawarkan tergolong terjangkau dan sangat murah.


Harga per meter dari bahan Fleece adalah Rp25.000,00 hingga Rp80.000,00. Cukup murah bukan dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan? 


Kekurangan bahan fleece

Di setiap kelebihan, di situ pasti ada kekurangan. Begitu pula dengan bahan fleece yang memiliki banyak keunggulan, tetap saja tak sempurna.


Kekurangan-kekurangan yang dimiliki oleh bahan fleece akan diulas habis pada artikel berikut


1. Proses perawatan

Salah satu kelebihan dari jenis bahan kain leece adalah mudah kering karena memiliki sirkulasi udara yang baik. 


Namun kelebihan tersebut akan cepat hilang apabila pakaian dari bahan fleece dicuci sembarangan dengan menggunakan pemutih maupun pewangi. 


Bahan ini juga sebaiknya dicuci manual dengan tangan tanpa menggunakan mesin cuci karena akan merusak serat kain yang longgar.


Begitu pula ketika akan menjemur pakaian bahan fleece, m dijemur pada tempat yang teduh tanpa terkena sinar matahari langsung agar warna dari pakaian tidak mudah luntur atau pudar.


Sangat rumit bukan perawatan yang dibutuhkan agar menjamin pakaian bahan fleece tetap bagus? sebabnya, sebaiknya kita lebih jauh menggali pengetahuan dan wawasan kita terhadap busana agar busana kita tetap awet terawat dengan tepat.


2. Mudah tertusuk rambut

Bagi kalian yang tak berhijab dan memiliki rambut panjang, mengenakan pakaian dari bahan fleece akan menjadi kesulitan tersendiri.


Pasalnya permukaan bahan fleece yang berbulu membuatnya mudah untuk menarik rambut hingga tertempel.


Tak cuma pada rambut, tak jarang pula debu dan berbagai partikel halus lainnya di udara mudah melekat pada permukaaan pakaian bahan kain fleece. 


Masalah ini dapat mengakibatkan bahan fleece rentan terhadap noda.


3. Hindari cuaca ektrim

Apakah kalian pernah mendengar istilah “warmth to weight ratio”? Istilah tersebut digunakan sebagai pengukuran untuk mengevaluasi efektivitas sebuah produk terhadap keadaan tertentu cuaca dan kondisi sekitar.


Semakin rendah warmth to weight ratio dari suatu produk, maka akan semakin bagus.


Bahan fleece memiliki warmth to weight ratio yang cukup tinggi yang menyebabkan kurang ideal dipakai pada saat keadaan cuaca tertentu seperti cuaca ekstrim.


Selain itu, warmth to weight ratio yang besar juga membuat pakaian cenderung akan terasa berat apabila digunakan untuk aktivitas tertentu seperti berolahraga.


4. Luar kain mudah rusak

Selain permukaan luar bahan fleece yang mudah tertempel debu dan rambut, ternyata kekurangan lainnya adalah mudah terkelupas.


Sehingga pakaian dengan bahan fleece ini harus dipakai dengan hati-hati.


Jenis bahan fleece

Bahan fleece hadir dalam berbagai pilihan jenis. Mulai dari yang terjangkau dan ideal digunakan untuk segala kondisi, hingga high-end dengan mutu lebih premium yang menjadi andalan oleh merek terkenal.


Ayo lihat artikel berikut penjelasan bahan kain fleece dari jenis jenis bahan kain flece.


1. Embossed fleece

Bahan fleece jenis ini adalah yang paling beda karena permukaan bahannya yang bertekstur dan tampak glow atau berkilau jika dilihat dari jauh.


Permukaan bagian luar dari jenis ini juga lebih tampak berbulu dari jenis lainnya.


2. Tidak mudah rusak

Bahan fleece jenis ini merupakan inovasi teranyar karena menambah kelebihan anti-pilling, yaitu tidak mudah rusak dan tahan lama. 


Karakteristik dari jenis ini adalah lembut saat tersentuh serta halus yang menjadikan serasi untuk dikenakan dengan beraktivitas tiap hari di luar ruang.


3. Polar fleece

Ditemukan pada tahun 1979 , nama “Polar” dari jenis bahan fleece ini diambil dari nama sebuah produk andalan dari perusahaan ternama malden mills, yaitu “polartec”. polar fleece pertama kali .


Polar Fleece dibedakan lagi menjadi dua macam, yaitu pil dan non Pil. pil polar fleece memiliki kualitas yang lebih rendah daripada jenis non pil polar fleece.


4. Quilted Fleece

Bahan fleece jenis quilted ini cocok digunakan sebagai bahan dasar pembuatan pakaian baik untuk manusia ataupun hewan peliharaan.


Jenis quilted fleece menggunakan tiga lapis bahan fleece sehingga memiliki ketebalan yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis lainnya.


karakteristik dari quilted fleece adalah pada permukaan luar kainnya terdapat bordir yang unik.


5. Micro Fleece

Micro fleece terbuat dari serat bulu domba yang ringan dengan dengan design penghangat.


Jenis bahan micro fleece ini kerap dipakai untuk membuat pakaian berlapis-lapis sebagai penghangat tubuh pada cuaca dingin.


Fleece juga tersedia dalam berbagai pilihan warna yang sangat cocok dipadukan sebagai salah satu pilihan gaya berbusana kalian.


6. Polyethylene (PE) Fleece

PE fleece cenderung memiliki susunan lebih keras kaku jika dibandingkan dengan jenis yang lainnya. 


Ini yang menjadi dasar lebih sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan outer.


Bagian permukaan luar jenis ini terlihat mengilap karena mengandung kadar Polyester yang tinggi.


7. Dimple Fleece

Bahan dimple fleece ini sangat cocok digunakan dalam pembuatan selimut karena memiliki kelembutan yang paling bagus dibandingkan dengan jenis lainnya.


Desain timbul berbentuk bulatan pada permukaan atas jenis ini juga begitu unik sehingga sangat fashionable dan cocok pula digunakan sebagai bahan bathrobe.


8. Textured Fleece

Textured fleece memiliki ketebalan rata-rata untuk bahan kain fleece namun datang pada kondisi permukaan yang sangat lembut.


Jenis ini juga sangat fashionable karena memiliki tekstur yang unik pada permukaan luar kain. 


9. Plain organic fleece

Terbuat dari susunan katun yang sangat dominan dijejerkan bersama jenis bahan fleece lain membuat plain organic fleece terasa persis dengan kain organik (alami) ketika diraba dan dikenakan.


10. Cotton Fleece

Cotton Fleece terbuat dari campuran serat fleece dengan bahan cotton atau katun.


Karakteristik dari jenis cotton fleece ini adalah bagian luar dan dalam permukaan kain memiliki kelembutan dan kehalusan yang sama, sehingga sandang dengan jenis bahan katun fleece akan sangat nyaman ketika digunakan.


11. CVC Fleece

CVC atau cotton viscose atau sebutan katun viscose , jenis ini mempunyai tekstur permukaan yang paling kasar dibandingkan dengan jenis lainnya.


Tetapi jenis ini yang paling ekonomis karena biaya tidaklah menguras kocek. CVC Fleece pas digunakan untuk pembuatan jaket.


Itulah artikel mengenai "Bahan fleece kenali dari karakteristik serta kelebihan dan kekurangannya"


Kalian telah mengetahui secara detail Bahan fleece kenali dari karakteristik serta kelebihan dan kekurangannya.


Baca artikel lainnya di mooteara.com tentang bahan kain apa saja yang cocok dengan pakaian yang anda kenakan. Teruma kasih

Posting Komentar untuk "Bahan fleece kenali dari karakteristik serta kelebihan dan kekurangannya"